Setelah menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk pengembangan, akhirnya serial prekuel The Lord of the Rings: The Rings of Power merilis teaser pertamanya yang memperlihatkan logo dan judul resmi The Rings of Power. Diadaptasi dari novel legendaris berjudul sama karya klasik J.R.R. Tolkien, serialnya akan berlangsung sekitar 3.000 tahun sebelum kejadian trilogi filmnya, tepatnya pada Zaman Kedua Middle Earth. Sejauh ini sudah ada beberapa kisah penting dan juga menarik yang dipastikan akan muncul di serialnya. Kisah apa saja itu? Simak di bawah ini, Geeks!

Penempaan Rings of Power

Karena serial berjudul The Rings of Power, cukup masuk akal jika kisah penempaan menjadi salah satu kisah penting yang akan muncul di serialnya. Di Middle-Earth diceritakan ada dua puluh cincin sihir yang ditempa oleh para pandai besi elf Eregion pada tahun 1500, tiga milik elf, tujuh milik dwarf, sembilan milik manusia, dan satu milik Dark Lord Sauron. Serial The Rings of Power kemungkinan akan memperlihatkan bagaimana proses penempaan cincin di awal serial sampai akhirnya dibagikan kepada para raja-raja di masing-masing ras, termasuk pada Sauron yang pada saat itu menyamar sebagai sesosok entitas bernama Annatar, yang memberi tahu cara membuat cincin pada elf Eregion.

Kebangkitan Dark Lord Sauron

Pada Zaman Kedua, Sauron belum muncul kembali sebagai sosok Dark Lord yang ditakuti, karena pada Zaman Pertama dia diceritakan kalah secara memalukan dari para makhluk Middle-Earth. Setelah dia berhasil menghimpun kekuatan di Zaman Kedua, baru Saurono akan muncul sebagai penguasa yang mengawasi semua bayangan di Middle-Earth.

Menariknya, proses bagaimana Dark Lord Sauron bisa bangkit, kemudian mulai menebar teror pada Zaman Kedua dengan menguasai Mordor dan membangun benteng Barad-dûr, akan diceritakan di serialnya nanti. Dan yang tidak kalah penting adalah bagaimana akhirnya terungkap bahwa 20 cincin yang ditempa oleh elf Eregion adalah bagian dari rencana jahat Sauron, hal tersebut terbukti dengan sembilan cincin manusia yang mengubah penggunanya menjadi kaki tangan kegelapan yang disebut Black Rider alias Ringwraiths alias Nazgûl.

Kisah Epik Númenor

Selain bangkitnya Sauron, serialnya nanti juga dipastikan akan mengangkat kisah epik bangkitnya Númenor, kerajaan manusia yang berada di sebuah pulau di Great Sea. Kerajaan ini makin berjaya pada masa kepemimpinan Elros dan keturunannya yang konon diberkahi umur panjang. Kemungkinan akan ada banyak Raja Númenor yang diceritakan diserialnya, termasuk raja Tar-Amandil, raja Tar-Elendil, sampai Ratu Tar-Telperiën yang akan menghadapi keganasan pasukan Sauron.

Bukan hanya kebangkitannya saja yang akan diceritakan, serialnya juga dipastikan akan membahas bagaimana akhirnya Kerajaan Númenor runtuh dan “tenggelam”. Setelah elf dan bangsa Númenor berhasil mengalahkan Sauron dan para Nazgûl, Dark Lord kemudian dijadikan tahanan oleh Númenor. Sayangnya, mereka justru malah terhasut oleh Sauron yang menyuruhnya menyerang para dewa Valar. Karena sejatinya Valar adalah entitas yang membentuk dunia, dalam sekejap Númenor dibuat tenggelam oleh ombak besar yang membunuh semua bangsanya.

Pertempuran Elf bersama Manusia Melawan Sauron

Sebelum Kerajaan Númenor runtuh, perang besar antara elf dan Sauron terjadi pada Zaman Kedua, tepatnya tahun 1701. Konon pertempuran yang terjadi selama delapan tahun ini adalah salah satu perang paling epik dalam sejarah Middle-Earth. Saat Sauron menyerang elf Eregion, King of the High Elves Gil-galad mengirim Elrond untuk menghadapi Sauron dan pasukannya.

Sayangnya mereka terlambat, karena Sauron telah meratakan Eregion dan membunuh Raja Celebrimbor. Kemenangan diraih oleh Elf setelah mereka mendapatkan bantuan dari Tar-Minastir yang mengirim banyak pasukan Númenor. Pada akhirnya elf dan manusia berhasil mengalahkan Sauron, meskipun kerugian yang dialami oleh mereka juga sangat besar.

Aliansi Terakhir Elf dan Manusia

Setelah rencana Sauron untuk menghancurkan Kerajaan Númenor berhasil, dia makin bertambah kuat dengan pasukannya yang makin banyak. Butuh waktu ribuan tahun, sampai akhirnya pada tahun 3434, manusia dan elf kembali mebentuk aliasi terakhir untuk menggempur Mordor di sebuah pertempuran yang disebut “Siege of Barad-dûr”. Setelah menghabiskan waktu selama tiga tahun untuk pelatihan di Rivendell, kemudian tujuh tahun di pertempuran Barad-dûr, manusia dan elf tetap kalah setelah Sauron muncul dan membunuh Raja Elf Gil-galad dan Raja Manusia Elendil.

Itulah lima kisah penting yang dipastikan akan muncul di serial The Lord of the Rings: The Rings of Power. Dilihat dari cerita aslinya yang kompleks, kemungkinan semua cerita ini tidak akan selesai hanya dengan satu season saja. Untungnya, Amazon sudah berencana untuk menggarap serialnya sebanyak lima season, dengan cerita yang terbentang dari penempaan dua puluh cincin, sampai kemenangan Sauron melawan aliansi terbesar elf dan manusia. Dan jika beruntung, pada momen terakhir tersebut kita akan bisa melihat Isildur yang berhasil memotong jari Sauron dan memutus kekuasaan One Ring, yang mengakhiri Zaman Kedua dan mengarah pada cerita di trilogi film The Lord of the Rings.