Star Wars adalah waralaba multi-media yang menceritakan peperangan antar galaksi di sebuah semesta yang sangat luas. Di dalam semestanya sendiri tersebar beberapa planet unik, dari yang sudah dijelajahi sampai yang sama sekali tidak bisa ditinggali. Dan di dalam masing-masing planet tersebut terdapat banyak makhluk hidup yang sangat beragam, dan beberapa di antaranya adalah monster alfa yang akan memangsa apa pun tanpa pandang bulu. Bahkan sering diceritakan juga bahwa teknologi canggih tidak bisa membunuh mereka. Monster apa saja itu? Berikut lima monster paling kuat di Star Wars!

Sarlacc

Pertama kali diceritakan di film Star Wars Episode 6: Return of the Jedi, Sarlacc adalah semacam monster pasir yang menetap dalam suatu gua dan akan memangsa apa pun yang masuk ke dalam mulutnya. Meskipun terlihat berada di Planet Tatooine, konon Sarlacc ada juga di planet tandus lain. Yang membuatnya mengerikan adalah pencernaannya yang akan melumat mangsanya dengan sangat lambat, yaitu selama 1.000 tahun. Itulah mengapa banyak yang sudah masuk ke dalam mulutnya tidak akan bisa keluar lagi, karena sistem di dalam perutnya akan menahan mangsanya dan akan membunuh secara perlahan.

Krayt Dragon

Krayt Dragon sebenarnya ada berbagai jenis, dari yang biasa sampai yang legendary. Namun, jenisnya yang biasa saja mempunyai ukuran yang sangat besar, dan serial The Mandalorian “Chapter 9: The Marshal”, Krayt Dragon diceritakan bisa menggetarkan suatu kota kecil di Planet Tatooine hanya dengan lewat di dalam tanah. Selain bisa menggali pasir sampai sangat dalam, Krayt Dragon juga bisa menyemburkan semacam zat asam yang sangat korosif. Dan yang lebih berbahayanya lagi, Krayt Dragon tidak bisa diserang dari luar, karena kulitnya yang sangat tebal dan keras, satu-satunya cara untuk membunuh Krayt Dragon adalah dengan meledakannya dari dalam perut.

Zillo Beast

Sebagai makhluk Planet Malastare yang sudah punah, Zillo Beast dibangkitkan kembali saat era Clone War sebagai salah satu senjata Palpatine. Namun, karena ukurannya yang sangat besar, sekitar 900 meter, dan sifatnya yang sangat buas, Palpatine tidak bisa mengendalikan Zillo Beast dan lebih memilih untuk kabur. Tidak ada senjata tradisional yang bisa menebus kulit tebal Zillo, bahkan lightsaber juga terbukti tidak bisa menembus kulit luarnya. Satu-satunya cara untuk mengalahkan Zillo Beast adalah dengan melemparkan gas beracun dengan dosis yang sangat tinggi, itupun hanya mampu membuat Zillo Beast tertidur untuk sementara waktu.

Exogorth

Berbeda dengan spesies monster lain di daftar ini, Exogorth tidak hidup di suatu planet, melainkan sering terlihat muncul dari sebuah asteroid yang mengapung di ruang angkasa. Tidak diketahui bagaimana Exogorth yang sering disebut Space Slug ini bisa tiba-tiba muncul dari sebuat asteroid. Di film The Empire Strikes Back, Exogorth diperlihatkan mempunyai ukuran yang sangat besar, konon ukurannya yang terbesar bisa mencapai panjang 900 km. Selain bisa hidup di ruang angkasa, Exogorth juga mampu mengunyah logam-logam dari pesawat ruang angkasa yang tidak sengaja masuk ke wilayahnya.

Sando

Dari daratan dan ruang angkasa, sekarang kita beralih ke monster bawah air yang sangat legendaris, yaitu Sando. Di film Star Wars Episode 1: The Phantom Menace, diceritakan bahwa Qui-Gon, Obi-Wan, dan Jar-Jar mengarungi lautan Planet Naboo sampai sangat dalam. Ketika berada di kedalaman yang cukup gelap, kapal selam mereka diserang oleh gooberfish raksasa, sebelum gooberfish tersebut diserang dan dimakan oleh Sando yang ukurannya berkali-kali lipat lebih besar. Dengan giginya yang banyak dan tajam, Sando bisa memakan semua yang dia mau, apalagi dia adalah makhluk paling besar di Naboo.

Itulah lima monster paling kuat di semesta Star Wars. Dan bukan hanya kuat saja, kelima monster ini juga telah membuktikan keganasan mereka dengan gigi-gigi yang sangat tajam dan juga ukuran yang sangat besar. Jika melihat dari daftar ini, ada dua monster yang berhabitat di Planet Tatooine, yaitu Sarlacc dan Krayt Dragon, hal tersebut cukup masuk akal karena Tatooine adalah salah satu planet tandus yang paling “tidak ramah” di Star Wars. Sedangkan sisanya, seperti Sando, Exogorth, dan Zillo, tetap menjadi monster alfa di habitatnya sendiri.