James Gunn adalah sutradara Hollywood yang namanya makin terkenal setelah menggarap berbagai tayangan superhero yang diadaptasi dari komik DC dan Marvel. Sepertinya untuk saat ini Gunn merupakan satu-satunya sutradara yang aktif di “dua” semesta, DC Extended Universe dan Marvel Cinematic Universe. Setelah sukses dengan Guardians of the Galaxy, GOTG Vol. 2, dan The Suicide Squad, saat ini Gunn baru saja merilis serial DCEU Peacemaker, dan juga tengah mengembangkan film Guardians of the Galaxy Vol. 3.

Meskipun film GOTG 3 masuk ke dalam jajaran film yang akan dirilis pada tahun 2023, tetapi antusiasmenya bisa dibilang sudah sangat besar. Hal tersebut disebabkan karena para penggemar sudah lama sekali tidak melihat Star-Lord dan kawan-kawannya. Terakhir kali mereka terlihat di ending Avengers: Endgame, saat mereka diceritakan pergi kembali ke ruang angkasa bersama Thor setelah berhasil mengalahkan Thanos dan pasukannya di Bumi. Sejauh ini masih belum diketahui akan seperti apa plot GOTG 3, yang jelas filmnya nanti akan kembali mengekplorasi kosmik Marvel yang sangat indah dan juga luas.

Meskipun informasi mengenai GOTG 3 sangat minim, baru-bari ini, sutradara James Gunn berbicara kepada Collider mengenai kendalanya dalam menggarap film ketiga para Guardians tersebut. Salah satunya yang sempat James Gunn singgung adalah kendala anggaran yang sangat besar untuk mewujudkan apa yang ada di dalam benaknya. “Saya selalu memikirkan anggaran ketika menulis. Bahkan untuk film sebesar [GOTG] Volume 3 masih saya perjuangkan,” ungkap Gunn. “Sebenarnya jika saya memiliki setengah miliar dolar (sekitar 7 triliun rupiah), saya bisa melakukan hampir semua yang saya inginkan.”

Dalam sesi wawancara yang sama, Gunn juga menambahkan bahwa biasanya kesulitan dalam mengatur anggaran tidak jarang membuatnya lebih kreatif dan pada akhirnya menghasilkan sesuatu yang baik. “Begitulah kesulitan dalam menggarap film. Saya selalu harus memikirkan anggaran dan membuat beberapa penyesuaian karena anggaran,” tambah Gunn. “Tetapi seringkali itu juga mengarah pada hal-hal yang baik. Saya seringkali dipaksa untuk memikirkan kembali dan harus menemukan solusi yang kreatif.”  

Dengan pernyataan baru Gunn ini, bisa disimpulkan bahwa anggaran GOTG 3 tidak sampai 500 juta dolar. Sebagai perbandingan, film GOTG pertama telah menghabiskan anggaran sekitar 196 juta dolar, kemudian GOTG 2 menghabiskan 200 juta dolar, dan terakhir The Suicide Squad menghabiskan 185 juta dolar. Kemungkinan besar film ketiga para Guardians nanti akan menghabiskan anggaran sekitar 200 juta dollar, sama seperti film ketiga Spider-Man: No Way Home yang baru saja dirilis pada akhir tahun 2021. Jika tidak ada halangan, film Guardians of the Galaxy Vol. 3 akan tayang di bioskop pada 5 Mei 2023.