Lightsaber adalah salah satu elemen paling penting sekalgus ikonik di semesta Star Wars. Digunakan oleh para pengguna Force, Jedi dan Sith, lightsaber sering digambarkan sebagai pedang laser yang mempunyai kekuatan sakti. Bahkan beberapa literatur Star Wars memperlihatkannya sebagai benda suci yang tidak bisa digunakan oleh orang umum. Dibuat dengan penuh kehati-hatian oleh pengguna Force, serta ditenagai oleh krystal kyber yang legendaris, ada beberapa rahasia sekaligus fakta menarik lightsaber yang jarang diketahui oleh banyak orang. Berikut 5 rahasia besar lightsaber di Star Wars!

Lightsaber Pertama

Hampir semua pengguna Force di Star Wars pasti mempunyai lightsabernya sendiri, dan dari sekian banyak lightsaber yang tersebar di galaksi, jarang orang yang tahu bagaimana dan kapan lightsaber pertama dibuat. Di Star Wars: Rebels, diceritakan bahwa pertempuran Jedi melawan Sith di The Great Scourge adalah pertempuran paling lampau dari para pengguna lightsaber yang terjadi pada 4.000 tahun yang lalu. Berdasarkan apa yang diceritakan di Star Wars: The Old Republic, lightsaber pertama diciptakan oleh seorang Je’daii (leluhur jedi) yang disebut Weapon Master. Sejak saat itu, para Je’daii lainnya mulai melakukan hal yang sama dan mewariskannya kepada para Jedi.

Banyak Jenisnya

Pada tahun-tahun awal perilisan Star Wars, banyak penggemar yang mengira bahwa lightsaber hanyalah pedang laser yang bentuknya hampir sama semua. Namun, ketika Darth Maul muncul dengan lightsaber berbilah dua, terungkap bahwa selama ini ada banyak jenis lightsaber. Sejak saat banyak variasi lightsaber yang muncul, selain pedang salib Kylo Ren, penggemar juga bisa melihat lightsaber unik lainnya di buku The Star Wars Lightsabers, yang memperlihatkan bahwa ada juga lightsaber berbentuk pecut yang bisa memanjang sampai beberapa meter, kemudian ada juga lightsaber yang bilahnya melengkung, dan masih banyak lagi.

Lebih Kuat dari Blaster

Meskipun lightsaber adalah senjata di film sci-fi, begitu juga dengan pistol blaster, tetapi keduanya telah diteliti dan dilakukan perbandingan. Situs FatWallet secara spesifik menyebutkan bahwa blaster ikonik yang sering dipakai oleh Han Solo mempunyai kekuatan energi sekitar 342 juta joule, sedangkan lightsaber mempunyai kekuatan energi empat kali lebih besar dari blaster, yaitu 1,6 miliar joule. Itulah mengapa lightsaber bisa menangkis tembakan blaster, sekaligus bisa membelah android dan bahkan tubuh manusia menjadi dua bagian.

Tidak Bisa Menembus Semuanya

Sebagai pedang laser, banyak yang mengira bahwa salah satu keunggulan lightsaber adalah pedang tersebut bisa menembus apa pun. Namun, pada kenyataannya ada beberapa hal yang terbukti kebal terhadap lightsaber. Saat Obi-Wan Kenobi dan Qui-Gon Jinn bertarung melawan Darth Maul, cukup jelas bahwa lightsaber tidak bisa menembus perisai pelindung yang sangat canggih. Kemudian ada juga logam beskar yang sering digunakan oleh Mandalorian untuk menciptakan armor dan senjata yang tidak bisa ditembus lightsaber. Selain itu, ada juga beberapa makhluk yang kulitnya terlalu keras untuk ditembus oleh lightsaber, salah satunya adalah Zillo Beast.

Harganya Sangat Mahal

Meskipun pada dasarnya lightsaber diciptakan langsung oleh penggunanya, tetapi ada juga lightsaber yang ditinggalkan oleh pemiliknya dan berakhir di pasar gelap yang tersebar di galaksi. Lightsaber yang dijual di pasar gelap, biasanya hasil jarahan perang atau diambil dari pengguna Force yang telah mati. Menariknya, berdasarkan yang tertulis di buku Rise of the Separatists, sebuah lightsaber paling murah di pasar gelap dijual dengan harga 8.000 credit (1 credit = 1 dolar) atau setara dengan 115 juta rupiah. Dan yang termahal bisa terjual seharga 500.000 credit atau sekitar 7 miliar rupiah.

Itulah 5 rahasia besar lightsaber di semesta Star Wars yang jarang diketahui oleh banyak orang. Dengan terungkapnya kelima rahasia ini, sekarang keunikan dan kekuatan lightsaber menjadi lebih jelas. Meskipun kekuatan energinya lebih besar dari blaster Han Solo, tetapi pada beberapa kesempatan, lightsaber juga tidak sepenuhnya kuat karena ada beberapa benda dan makhluk yang tidak bisa ditembus oleh lasernya. Kemudian dari segi harga juga, bisa dibilang lightsaber adalah barang mewah yang tidak bisa dimiliki apalagi digunakan oleh orang biasa.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.