Menjadi film Marvel yang paling diantisipasi pada tahun 2022, Doctor Strange in the Multiverse Madness merupakan film solo kedua Doctor Strange yang digadang-gadang akan memperlihatkan betapa mengerikannya Multiverse Marvel Cinematic Universe. Berdasarkan teaser yang sudah dirilis beberapa waktu lalu, terungkap bahwa kejadian di Multiverse of Madness nanti akan mempertemukan Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) dengan beberapa karakter yang berpotensi menjadi supervillain berbahaya di filmnya.

Sejauh yang sudah terlihat di teasernya, karakter seperti Karl Mordo (Chiwetel Ejiofor) dan Evil Strange adalah kandidat kuat yang berpotensi akan menjadi lawan Doctor Strange. Syukurnya, Strange juga tidak sendirian, karena dia akan ditemani oleh sahabatnya Wong (Benedict Wong), superhero muda America Chavez (Xochitl Gomez), dan koleganya di Avengers yaitu Wanda Maximoff alias Scarlet Witch (Elizabeth Olsen). Namun, beberapa petunjuk penting mengindikasikan bahwa Scarlet Witch juga berpotensi menjadi secret-villain yang harus dihadapi oleh Strange. Mengapa bisa seperti itu? Mari kita bahas, Geeks.

Lebih dari Satu Scarlet Witch

Sejauh ini spekulasi yang bergulir di kalangan penggemar mengatakan bahwa akan ada tiga Doctor Strange di film solo keduanya nanti. Hal tersebut dibuktikan dengan kehadiran Evil Strange, yang dipercaya sebagai Strange Supreme dari serial What If…?, di akhir teaser Multiverse of Madness. Selain Strange asli dan Evil Strange, sekilas di teasernya juga terlihat sosok Doctor Strange yang bergaya rambut ponytail, seakan mengonfirmasi keterlibatan Defender Strange yang sebelumnya terungkap di beberapa merchandise filmnya.

Scarlet Witch Jadi “Secret Villain” di Doctor Strange 2?, Greenscene

Menariknya, jika Doctor Strange benar-benar akan ada tiga, hal tersebut sebenarnya sudah diisyaratkan oleh Marvel melalui poster resmi Multiverse of Madness seperti yang terlihat di atas. Poster bergaya Mirror Dimension tersebut memperlihatkan Doctor Strange dan Scarlet Witch dengan beberapa pantulan dirinya di samping. Kemungkinan tiga Doctor Strange di poster tersebut adalah Doctor Strange utama (tengah), Evil Strange yang berjanggut panjang (kanan), dan Defender Strange (kiri). Itu artinya Scarlet Witch kemungkinan akan ada dua seperti yang terlihat di posternya.

Yang pertama adalah Scarlet Witch utama yang memiliki tone warna lebih cerah (kiri), dan yang kedua adalah varian jahat Scarlet Witch yang terlihat lebih kelam (kanan). Jika benar seperti itu, artinya Strange harus berhati-hati karena akan sangat sulit membedakan mana yang asli dan mana yang bukan, karena pada dasarnya kedua Scarlet Witch tersebut merupakan sosok asli di semestanya masing-masing. Sama seperti Evil Strange dan Defender Strange yang merupakan Doctor Strange asli di semestanya.

Tanda-tanda Jahat

Mungkin salah satu cara untuk membedakan Scarlet Witch utama dengan varian jahatnya adalah dengan memperhatikan “tanda-tanda” jahat yang sebenarnya cukup jelas bagi para penggemar bermata elang. Di salah satu cuplikan teaser Multiverse of Madness, ada adegan yang memperlihatkan Scarlet Witch sedang duduk bersila dan mengapung, tanda-tanda jahat tersebut terlihat jelas di ujung jari-jari tangannya yang menghitam.

Scarlet Witch Jadi “Secret Villain” di Doctor Strange 2?, Greenscene

Meskipun ujung jari Scarlet Witch baru pertama kali diperlihatkan seperti itu, tetapi sebelumnya di serial WandaVision, villain Agatha Harkness juga terlihat mempunyai jari-jari yang menghitam. Tidak dijelaskan secara gamblang bagaimana jari-jari Agatha menghitam, tetapi kemungkinan besar hal tersebut terjadi kerena dia menggunakan sihir kegelapan. Selain jari hitam yang mengindikasikan bahwa varian Scarlet Witch juga menggunakan sihir kegelapan, ada kemungkinan buku Darkhold telah merusak jiwanya dan menjadikannya jahat.

Villain yang Sebenarnya

Sejauh apa yang sudah diperlihatkan di teaser Multiverse of Madness, sepertinya Marvel ingin menegaskan bahwa villain utama di filmnya nanti adalah Evil Strange. Namun, apakah benar Evil Strange adalah penjahat utama di filmnya? Atau Marvel sengaja membuatnya terlihat seperti itu agar secret villain sesungguhnya bisa menjadi kejutan? Ada kemungkinan Marvel sengaja menggambarkan Evil Strange sebagai penjahat untuk mengalihkan perhatian penonton dari varian jahat Scarlet Witch.

Scarlet Witch Jadi “Secret Villain” di Doctor Strange 2?, Greenscene

Jika teori ini benar, artinya Marvel telah melakukan suatu langkah yang cukup cerdas. Dengan adanya dua Scarlet Witch, Marvel bisa memperlihatkan betapa mengerikannya Scarlet Witch ketika menjadi penjahat yang menguasai ilmu Darkhold dan Chaos Magic, sekaligus mereka juga tidak perlu repot-repot mengorbankan karakter Scarlet Witch utama untuk memperlihatkan betapa hebatnya dia, karena mungkin dia masih sangat dibutuhkan sebagai superhero wanita pada masa depan MCU.

Berdasarkan beberapa petunjuk yang kita bahas kali ini, ide tentang varian Scarlet Witch jahat menjadi cukup masuk akal. Mungkin kehadiran dia di MCU nanti adalah karena varian Scarlet Witch jahat sangat percaya dengan ramalan Darkhold yang mengatakan bahwa Scarlet Witch adalah sosok yang ditakdirkan untuk menghancurkan dunia. Sepertinya akan sangat menarik melihat bagaimana Doctor Strange dan Scarlet Witch utama bertarung melawan varian yang jahat. Kita lihat saja nanti kebenarannya, saat film Doctor Strange in the Multiverse Madness tayang di bioskop pada 6 Mei 2022.