The Lord of the Rings adalah trilogi film populer yang paling sukses sepanjang masa. Diadaptasi dari novel berjudul sama karya J. R. R. Tolkien, TLOTR berfokus pada sebuah dunia fiktif yang disebut Middle-Earth, rumah bagi orang-orang dan banyak makhluk ajaib. Meskipun di dalamnya terdapat banyak tempat yang indah, tetapi Middle-Earth bukan tempat ternyaman untuk hidup, karena banyak sekali karakter berbahaya yang mengintai dan bersiap untuk menyerang kapan saja. Dari banyaknya karakter menarik di TLOTR, ada lima karakter yang sebaiknya dihindari. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini, Geeks

King of the Dead

King of the Dead adalah raja dari para arwah yang terjebak di Middle-Earth karena telah melanggar perjanjian perang. Awalnya mereka adalah pasukan yang disewa oleh Isildur untuk berperang, tetapi dalam prosesnya mereka malah tidak pernah muncul dan pada akhirnya membuat diri mereka sendiri dikutuk. Di film Return of the King, King of the Dead bersama pasukannya diceritakan direkrut oleh Aragorn untuk Pertempuran Minas Tirith.

Setelah sempat berdebat, pada akhirnya King of the Dead setuju karena Aragorn dipercaya sebagai keturunan Isildur yang dapat membuat mereka terlepas dari kutukan. Di Minas Tirith, King of the Dead memperlihatkan kekuatannya dengan meratakan semua pasukan Sauron yang hampir meruntuhkan Minas Tirith, melepas mereka dari kutukan sekaligus membuktikan bahwa King of the Dead adalah karakter berbahaya di TLOTR.

Balrog

Saat para Hobbit dan Gandalf mendapatkan misi untuk menghancurkan One Ring, mereka terpaksa harus melewati Mines of Moria. Sialnya, di bekas tambang tersebut terdapat sesosok iblis kuno bernama Balrog of Morgoth. Mempunyai wujud yang mengerikan, Barlog adalah monster raksasa yang konon adalah salah satu makhluk terkuat di Middle-Earth. Tubuhnya terbuat dari api dan kegelapan, membuatnya tidak bisa dilukai oleh senjata nyata, seperti pedang, tombak, dan sebagainya. Selain itu, Barlog juga terkenal bisa meyemburkan api dan mempunyai cambuk api yang mematikan.

Saruman the White

Seharusnya Saruman the White adalah sosok yang tidak berbahaya, mengingat dia adalah salah satu penyihir di Middle-Earth yang merupakan anggota White Council. Namun, pada akhirnya Saruman yang merasa bahwa Sauron tidak bisa dikalahkan, memilih untuk bersekutu dengan Sauron. Di bawah perintah Sauron, Saruman mendapatkan tugas untuk menyihir orang-orang Middle-Earth menjadi pasukan monster yang mempunyai satu tujuan, yaitu menghancurkan Kerajaan Rohan. Sebagai penyihir, dia menjadi karakter berbahaya di Middle-Earth yang bisa menembakan api dan meracuni pikiran orang-orang.

Witch King

Di awal-awal trilogi TLOTR, Witch King adalah sosok mengerikan yang diperlihatkan sangat brutal dan jahat. Zaman dahulu, semasa hidupnya Witch King adalah Nazgul yang pernah menguasai wilayah Angmar dan memusnahkan orang-orang Arnor. Saat War of the Ring, dia dihidupkan kembali oleh Sauron yang menjadikannya sebagai jenderal perang yang berbahaya. Mempunyai kesaktian sihir kegelapan dari Minas Morgul, Witch King diperlihatkan dapat menghancurkan tongkat Gandalf dan membunuh King Theodon dengan mudah. Meskipun awalnya dia terlihat mengedarai kuda hitam, di akhir trilogi dia diperlihatkan mengendarai seekor naga berbahaya yang disebut Fellbeast.

Sauron

Karakter paling berbahaya yang terakhir adalah Sauron sendiri, raja sekaligus iblis yang telah membawa kehancuran di banyak tempat di Middle-Earth. Bahkan setelah wujud fisiknya diceritakan berhasil dikalahkan, dia tetap mempunyai kekuatan untuk menciptakan mata raksasa di atas menara Barad Dur. Dengan mata raksasa tersebut, Sauron bisa melihat semua yang terjadi di Middle-Earth dan merasakan keberadaan One Ring.

Saat menjadi mata api raksasa di Barad Dur, meskipun kekuatannya tidak semaksimal saat mempunyai wujud fisik, Sauron tetap menjadi ancaman paling berbahaya di Middle-Earth, karena dia mempunyai banyak pasukan monster yang setia dan siap untuk melakukan semua perintahnya kapan pun.

Itulah 5 karakter paling berbahaya yang mempunyai potensi untuk mengancam orang-orang Middle-Earth. Bisa dibilang, dari mulai King of the Dead sampai Dark Lord Sauron, mereka hanya membawa ketakutan di Middle-Earth sendiri. Belum lagi kekuatan mereka bisa dibilang di atas rata-rata para makhluk di dunianya, menjadikan mereka sosok yang lebih baik dihindari jika ingin tetap bertahan hidup. Bagaimana, Geeks, apakah menurut kalian ada yang lebih kuat dan lebih berbahaya dari kelima sosok ini?

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.