Ben Affleck adalah salah satu bintang besar Hollywood yang wajahnya cukup familier di kalangan penggemar tayangan superhero. Sebelum era Marvel Cinematic Universe, Affleck pernah berperan sebagai superhero Marvel paling pemberani, yaitu Matt Murdock alias Daredevil di film solo sendiri yang dirilis pada tahun 2003 silam. Kemudian pada tahun 2016, Affleck pindah dari Marvel ke DC dengan menjadi superhero populer Batman di film Batman v. Superman: Dawn of Justiceyang merupakan bagian dari DC Extended Universe.

Walaupun perannya sebagai Batman terbilang singkat, tetapi Affleck telah meninggalkan kesan yang sangat baik ketika kembali di film DCEU lainnya, termasuk Suicide Squad (2016) dan Joss Whedon’ Justice League (2017). Karakter Affleck sebagai Batman makin dicintai ketika Warner Bros. dengan berat hati membuat ulang dan merilis Zack Snyder’s Justice League (2021) setelah para penggemar meramaikan internet dengan hastag #releasethesnydercut. Setelah film solonya gagal dibuat, Batman versi Affleck dipastikan akan kembali muncul di film The Flash mendatang yang bercerita tentang Multiverse DC.

Baru-baru ini, dalam sesi wawancaranya dengan Herald Sun, Ben Affleck mengungkapkan bahwa muncul kembali di film Zack Snyder’s Justice League dan terlibat dalam film The Flash telah mengakhiri perannya sebagai Batman dengan cukup baik. Dia juga menambahkan bahwa film The Flash adalah salah satu film yang sudah tidak sabar ingin dia lihat, karena menurutnya selama berperan sebagai Batman, adegannya di film The Flash adalah favoritnya di DCEU.

“Saya belum pernah mengatakan ini sebelumnya, menurut saya mungkin adegan favorit saya selama berperan sebagai Batman, dan juga interpretasi terbaik Batman, ada di film The Flash,” tambah Affleck. “Saya berharap mereka tetap menjaga integritas dari apa yang selama ini dilakukan, karena saya pikir itu sangat hebat dan juga menarik, sekaligus berbeda tetapi tetap mempertahankan karakternya. Itu benar-benar menyenangkan dan sangat memuaskan, saya berpikir bahwa pada akhirnya saya menemukan jawaban [siapa Batman sebenarnya].”

Mendengar pernyataan Affleck yang pensiun sebagai Batman ini pasti sebagian besar penggemar Snyderverse tidak akan senang mendengarnya, dan mungkin akan sangat bersedih, mengingat bagi mereka Affleck sangat cocok sebagai Batman yang usianya sudah tidak lagi muda dan terlihat lebih “matang” dari versi Batman mana pun. Kita nantikan saja aksi terakhir Ben Affleck sebagai Batman di film The Flash yang rencananya akan dirilis di bioskop pada 4 November 2022.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.