Jougan

Jougan menjadi satu-satunya Doujutsu di seri Boruto yang bisa dibilang “eksklusif” karena tidak ada lagi orang lain yang memiliki doujutsu tersebut selain Boruto. Sampai sekarang, Doujutsu ini masih menjadi pertanyaan besar di kalangan para fans, termasuk dengan berbagai kemampuannya.  Banyak fans percaya bahwa Doujutsu tersebut memiliki kekuatan dahsyat.

Sebenarnya, dalam beberapa kesempatan kita sudah melihat bagaimana kedahsyatan dari Doujutsu Jougan, misalnya saat Boruto menghadapi Urashiki dan juga Momoshiki. Salah satu kemampuan Jougan adalah mampu melacak Jutsu ruang dan waktu yang digunakan oleh musuhnya. Jougan juga mampu melihat titik lemah musuh dan juga aliran chakra.

Karma

Untuk saat ini, di seri Boruto, Karma adalah Jutsu yang paling kuat yang dihadirkan dalam ceritanya. Segel Karma sendiri diperlihatkan ada di tubuh Kawaki dan Boruto, yang dilakukan oleh Momoshiki dan Isshiki Otsutsuki. Segel Karma, seperti yang dijelaskan oleh Code, mampu meningkatkan kekuatan dan kemampuan bertarung dari orang tersebut.

Hal ini dikarenakan di dalam Karma terdapat data pertarungan yang sudah terjadi selama ribuan tahun dari Otsutsuki tersebut. Dan memang benar, ketika Boruto diambil alih tubuhnya oleh Momoshiki, sosok Boro sekali pun mampu dikalahkan dengan mudah. Bahkan, Naruto pun nampak tidak berdaya. Selain itu, Karma juga mampu menyerap serangan ninjutsu.

Seri Boruto sempat terseok-seok di awal kemunculannya karena berbagai faktor, yang membuat serinya banyak dikritik. Namun, dalam beberapa tahun belakangan serinya mulai memperlihatkan peningkatan. Ada banyak kejutan dan twist yang dihadirkan di serinya, yang selalu dinantikan oleh para fans.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.