Wasp

Jika Captain America adalah pemimpin pria terlama di Avengers, Janet Van Dyne alias Wasp adalah pemimpin wanita terlama di Avengers. Setelah berpisah dari Hank Pym yang berkhianat pada tim, Wasp mempimpin tim Avengers dalam beberapa misi yang sangat sulit, termasuk mengalahkan villain kosmik Thanos, Annihilus, dan beberapa misi berbahaya lainnya. Selama kejadian Secret Wars pertama, Wasp juga memimpin tim Avengers dan menambahkan beberapa anggota wanita, termasuk She-Hulk dan Captain Marvel.

Sam Wilson

Saat beberapa anggota utama Avengers diceritakan kembali sebagai superhero solo, Sam Wilson yang baru saja menjadi All-New Captain America mendirikan kembali tim super ini untuk melindungi Bumi. Dengan kepemimpinannya yang matang, berkat pengalamannya sebagai sidekick Steve Rogers yang dikenal sebagai Falcon, Sam berhasil menjaga keutuhan tim yang terdiri dari para superhero baru, termasuk Mighty Thor dari Jane Foster, Kamala Khan alias Ms. Marvel, dan juga Spider-Man Miles Morales. Prestasinya yang paling menonjol adalah dengan mengalahkan Kang yang ingin menghapus Avengers dari sejarah.

Vision

Sebagai seorang android, Ultron adalah superhero yang sering dianggap tidak mempunyai emosi. Dan dengan karakternya tersebut, Vision menjadi salah satu pemimpin yang berhasil membawa Avengers lebih maju, khususnya ketika tim Avengers kesulitan untuk memutuskan sesuatu yang berhubungan dengan emosi para karakternya. Meskipun pada saat itu dia sedang dikendalikan oleh Ultron, dia berhasil menjadi salah satu pemimpin Avengers yang menguasai seluruh teknologi di Bumi, membuat Avengers pada akhirnya berhasil mengalahkan villain yang disebut Maelstorm.

Ant-Man

Dalam sejarahnya di Marvel Comics, Hank Pym adalah karakter yang paling banyak memegang identitas superhero, termasuk Ant-Man, Yellow Jacket, dan Goliath. Ketika menjadi Goliath, Hank pernah memimpin Avengers untuk melawan beberapa villain kuat, seperti Living Laser. Saat para Avengers berkonflik dengan para Mutan, Hank juga berhasil memimpin tim untuk mengalahkan Magneto, yang merupakan mutan level omega. Diceritakan juga bahwa Hank Pym menjadi pendiri dan pemimpin cabang Avengers seperti Mighty Avengers dan Avengers Academy yang terdiri dari para superhero muda.

Itulah 9 mantan ketua atau pemimpin Avengers yang pernah memimpin tim menuju keberhasilan, khususnya dengan mengalahkan beberapa villain kuat. Kesepuluh superhero Avengers ini membuktikan bahwa untuk menjadi pemimpin, seorang superhero butuh lebih dari sekadar kekuatan super, mereka hari mempunyai jiwa pemimpin dan kemampuan untuk mengambil berbagai keputusan sulit yang melibatkan banyak orang dan karakter. Dari kesepuluh mantan pemimpin Avengers ini, mana yang merupakan favorit kalian, Geeks?

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.