Avengers adalah tim superhero terkuat di Marvel Universe dan tim yang paling banyak disukai oleh para penggemar setia Marvel. Dalam sejarahnya, tim super yang pertama kali diceritakan pada tahun 1963 ini terdiri dari banyak superhero kuat yang berasal dari seluruh alam semesta, termasuk Thor, Captain America, Iron Man, dan masih banyak lagi. Untuk mewujudkan keadilan, tim Avengers menggunakan sistem rotasi untuk pemimpin mereka. Dari banyaknya karakter yang pernah menjadi pemimpin, berikut adalah 9 karakter yang pernah memimpin Avengers, sebelum akhirnya posisi mereka digantikan.

Black Panther

Marvel: 9 Mantan Ketua Avengers!, Greenscene

Sejak pertama kali melakukan debutnya di Marvel Comics, T’Challa alias Black Panther langsung menjadi anggota Avengers paling berpengaruh di tim super terbaik Bumi ini, prestasinya terlihat ketika dirinya membantu para Avengers mengalahkan villain berbahaya bernama Egghead. Baru-baru ini, Black Panther memperlihatkan potensi terbaiknya sebagai pemimpin Avengers dengan membawa para superhero pindah ke markas baru di dalam jasad Celestial Progenitor yang disebut Avengers Mountain. Dengan aksesnya pada vibranium, dia menjadikan markas tersebut sebagai markas terkuat dan tercanggih di Bumi.

Black Widow

Marvel: 9 Mantan Ketua Avengers!, Greenscene

Natasha Romanoff alias Black Widow adalah salah satu anggota wanita di Avengers yang paling berpengaruh bagi tim. Dan ketika Captain America meninggalkan Avengers karena merasa tidak setuju dengan keputusan Avengers membunuh Kree Supreme Intelligence, kepemimpinan Avengers jatuh pada tangan Black Widow. Selama menjadi pemimpin, Black Widow telah berhasil membawa Avengers melalui lebih dari 50 misi berbahaya, salah satunya adalah mengalahkan MODOK dan Red Skull sekaligus.

Iron Man

Marvel: 9 Mantan Ketua Avengers!, Greenscene Tony Stark alias Iron Man adalah salah satu anggota Avengers yang beberapa kali diceritakan menjadi pemimpin Avengers. Setelah para anggota menyadari betapa geniusnya Iron Man, para superhero memercayakan kepemimpinan Avengers padanya. Dan hal tersebut terbukti efektif ketika Iron Man memimpin para Avengers untuk menahan invasi dari Atlantis, menghadapi Lethal Legion, dan memimpin Avengers selama “Korvac Saga”. Dengan kegeniusannya juga, dia pernah berhasil menggabungkan Avengers dan Guardians of the Galaxy.

Thor

Marvel: 9 Mantan Ketua Avengers!, Greenscene

Sebagai salah satu pendiri Avengers, Thor pernah diceritakan menjadi salah satu pemimpin Avengers paling berpengaruh. Menariknya, tugas pertamanya sebagai pemimpin Avengers terjadi saat villain Kang the Conqueror menyerang timeline utama. Setelah terbukti berhasil mengalahkan Kang, Thor juga memimpin kemenangan besar Avengers saat tim superhero ini bertarung melawan Immortus, Legion of the Unliving, Ultron, dan Squadron Sinister. Selama kepemipimpinan Thor, anggota Avengers bertambah makin besar dengan masuknya beberapa anggota baru, termasuk di antaranya beberapa Asgardian seperti Valkyrie.

Hawkeye

Marvel: 9 Mantan Ketua Avengers!, Greenscene

Clint Barton alias Hawkeye adalah salah satu pendiri Avengers yang diceritakan mendirikan tim super kedua di California. Sebagai cabang divisi resmi Avengers, tim super kedua tersebut dia beri nama West Coast Avengers. Walaupun kepemimpinannya tidak berlangsung lama, tetapi petualangannya West Coast Avengers yang dipimpin Hawkeye berhasil menjadikan tim ini menjadi tim yang cukup populer di kalangan penggemar, khususnya ketika melawan Namor the Submariner dan villain tangguh bernama Mole Man.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2