Usopp dikenal sebagai salah satu kru bajak laut Topi Jerami dalam cerita One Piece yang memiliki kemampuan dalam hal menembak dengan tepat. Kemampuannya tersebut sangatlah krusial, karena tidak jarang kemampuannya tersebut justru bisa menyelamatkan nyawa orang lain. Usopp sendiri selama petualangannya bersama Luffy sudah banyak mengalami perubahan, khususnya dalam hal kekuatan.

Berbeda dengan sebagian besar kru Topi Jerami lainnya, Usopp bukanlah sosok yang dekat akan kekerasan. Seperti yang diketahui, hampir semua kru Topi Jerami memiliki masa lalu yang cukup sulit. Misalnya, Luffy yang harus menjalani masa lalu berat bersama Ace dan Sabo. Kemudian Nami yang harus berjuang keras demi desanya.

Meskipun begitu, saat Usopp bersama dengan Luffy, dia mengalami berbagai perubahan besar dalam hidupnya. Contohnya adalah ketika time-skip terjadi, dia memiliki pengetahuan banyak tentang Pop Green, kekuatan fisiknya meningkat, dan kemampuan menembaknya pun semakin baik. Usopp sering kali mengatakan bahwa dia ingin menjadi sosok paling berani di lautan. Tetapi, pada faktanya, dia lebih sering berada dalam posisi taktikal atau peran pendukung.

Pertanyaan yang banyak muncul di kalangan para fans adalah apakah Usopp akan membangkitkan kekuatan Haki seperti yang lain? Dari apa yang dihadirkan dalam ceritanya, Usopp sudah berhasil membangkitkan salah satu jenis Haki yaitu Observation Haki. Hal ini terjadi saat di arc Dressrosa. Namun, banyak spekulasi yang menyebutkan bahwa Usopp mungkin akan membangkitkan Conqueror Haki miliknya.

Terdapat beberapa hal yang mungkin bisa menjadi bukti nyata dari hal tersebut. Seperti yang kita ketahui, Conqueror Haki sangat erat kaitannya dengan tekad dan juga semangat dari seseorang. Selain itu, kemampuan untuk mempengaruhi semangat orang lain (mengintimidasi orang lain) juga menjadi salah satu hal yang berkaitan dengan Conqueror Haki. Dan disadari atau tidak kemampuan mengintimidasi tersebut ada di dalam diri Usopp

Rayleigh pernah mengatakan kepada Luffy bahwa dia memiliki keahlian dalam memahami makhluk hidup terutama emosi mereka, yang mana hal itu membuat Luffy mampu menggunakan Observation Haki. Usopp juga diketahui memiliki kemampuan yang sama untuk mampu memanipulasi emosi orang lain. Contoh dari hal ini adalah bagaimana orang-orang yang dibohongi oleh Usopp dengan semua kata-katanya, justru mulai percaya dengan ucapan Usopp tersebut.

Berdasarkan hal tersebut, rasanya masuk akal jika kemudian Usopp setidaknya mampu menggunakan Conqueror Haki, meskipun hanya dalam form dasarnya saja. Karena hal tersebut merupakan bentuk manipulasi semangat dan emosi dari orang lain. Terdapat juga bukti lainnya bahwa Usopp mungkin sudah pernah menggunakan Conqueror Haki dalam ceritanya.

Dalam ceritanya, setiap kali ada seseorang yang menggunakan Conqueror Haki maka korbannya akan mengeluarkan busa dari mulutnya. Misalnya ketika Shanks datang ke kapal Whitebeard, kita melihat sebagian kru pingsan sambil mengeluarkan buih di mulutnya. Ketika Usopp bertarung menghadapi Perona, dan melancarkan serangan terakhirnya, Perona pun mengeluarkan busa dari mulutnya.

Usopp juga melakukan hal yang sama ketika bertarung menghadapi Sugar. Dua kali Usopp bertarung melawan Sugar, dua kali juga dia berhasil mengalahkannya, dan dua kali juga Sugar mengeluarkan busa dari mulutnya saat dikalahkan oleh Usopp. Dari kedua contoh ini, Usopp menggunakan emosi musuhnya untuk menjadi senjata melawan mereka.

Kemudian Usopp melakukan manipulasi dengan secerdik mungkin yang kemudian memaksa mereka untuk tidak sadarkan diri. Dibandingkan dengan membuat orang tidak sadarkan diri dengan kehadirannya, Usopp mungkin menggunakan Conqueror Haki dengan cara yang lain yaitu memanipulasi emosi dan kepercayaan musuhnya.

Ini menjadi bukti bahwa mungkin Usopp memiliki cara yang berbeda dalam mengaplikasikan Conqueror Hakinya. Usopp mungkin bisa menjadikan dirinya sebagai penembak jitu hebat dengan membuat dirinya tidak terlihat di hadapan musuh, membuat emosi dan mental musuhnya hancur. Usopp tidak perlu untuk benar-benar menghilang, dia hanya perlu tidak terlihat oleh musuhnya. Dan Usopp juga bisa memadukan keunikan pengaplikasian Conqueror Haki ini dengan Observation Haki miliknya.

Jadi, kesimpulannya, dengan seluruh kru Topi Jerami mengalami peningkatan kekuatan yang drastis, Usopp juga mungkin akan mengalami hal yang sama. Peningkatan kekuatan Usopp sendiri kemungkinan adalah bangkitnya Conqueror Haki dalam dirinya. Sudah ada beberapa hal yang dianggap sebagai petunjuk bahwa Usopp mungkin akan membangkitkan Conqueror Haki.

Oda Sensei sendiri tidak pernah menghadirkan sesuatu tanpa maksud, yang mana artinya pasti ada tujuan mengapa Oda memperlihatkan berbagai petunjuk tersebut. Usopp juga akan menghadirkan sesuatu yang berbeda dalam mengaplikasikan Conqueror Haki miliknya tersebut.

Usopp selama ini selalu menjadi salah satu sosok yang tidak terlalu diperhitungkan, karena kurangnya kemampuan bertarung yang dia miliki. Namun, dengan bangkitnya Conqueror Haki dalam diri Usopp mungkinkan membuatnya menjadi sosok yang luar biasa pada masa yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.