Spider-Man adalah salah satu karakter Marvel yang mempunyai basis penggemar paling besar di seluruh dunia. Hal tersebut karena sejarah panjang Spider-Man dari tahun 1963 sampai sekarang telah berhasil menyentuh hati penggemar, baik dengan kisah serunya, maupun kisah sedihnya. Meskipun banyak kisah seru Spider-Man di Marvel Comics, tetapi sebagian besar penggemar justru tidak bisa “move on” dari berbagai kisah tragisnya, khususnya ketika Spider-Man mati. Untuk mengetahui kematian tragis seperti apa yang menimpa superhero periang ini, simak daftarnya di bawah ini, Geeks.

Menjadi Symbiote Poison

Di semesta alternatif yang disebut¬†Earth-70134, Spider-Man diceritakan kalah oleh Morlun dan ditinggalkan di bawah Jembatan Brooklyn. Pada saat itu symbiote Venom datang dan mulai mengambil alih tubuh Spider-Man, meninggalkan Mac Gargan yang merupakan inang lamanya. Sejak saat itu tubuh Spider-Man mengalami metamorfosis yang mengerikan, mengubahnya menjadi symbiote Poison yang sering menyebut dirinya dengan sebutan “saya” bukan “kami” seperti symbiote lain. Hal tersebut mengindikasikan bahwa Poison telah menguasai tubuh Spider-Man seutuhnya.

Dipukuli Menggunakan Infinity Gauntlet

Dalam kisah Infinity Gauntlet Saga di Marvel Comics, Spider-Man diceritakan terlibat pertarungan bersama superhero lain untuk mengalahkan Thanos. Merasa kalah jumlah, Thanos kemudian menyuruh kekasihnya yang bernama Terraxia untuk mengurus Spider-Man. Dalam pertempuran tersebut, Spider-Man dipukuli sampai mati oleh Terraxia, sementara superhero lain berhadapan dengan Thanos. Bukan hanya pembaca komiknya saja yang merasa nasib Spider-Man sangat tragis, para superhero lain juga merasa begitu. Akhirnya mereka menggunakan Infinity Gauntlet untuk menghidupkan Spider-Man kembali.

Menjadi Zombie dan Membunuh Keluarganya

Di komik Marvel Zombies, saat Bumi diceritakan terserang wabah zombie, yang ada di pikiran Spider-Man hanyalah keselamatan MJ dan Bibi May di rumahnya. Namun, ketika Spider-Man berayun dan sampai di rumahnya, ternyata virus zombie mengubahnya menjadi zombie lapar yang langsung memakan MJ dan Bibi May. Yang membuatnya lebih tragis adalah kenyataan bahwa kesadaran Spider-Man masih ada di dalam tubuh zombie laba-laba tersebut. Sampai akhirnya hayatnya zombie Spider-Man meratapi nasib dan penyesalannya karena telah memakan dua orang yang paling disayanginya.

Mati Karena Racun

Di komik Spider-Man #17, diceritakan setelah Spider-Man menyelamatkan seorang gadis muda, dia terkena racun yang mematikan. Seketika dia kemudian terjebak di dimensi limbo bersama Thanos yang sudah mati, yang membuatnya sadar bahwa dirinya juga telah mati. Thanos mengejek Spider-Man dengan mengatakan bahwa gadis yang dia selamatkan juga pada akhirnya akan segera bergabung dengan mereka di limbo. Dan benar saja, gadis tersebut muncul limbo menandakan bahwa dia sudah mati. Syukurnya, Death datang untuk menghidupkan Spider-Man dan gadis tersebut, meninggalkan Thanos yang kecewa.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2