Hanagaki Takemichi sekarang harus menanggung beban berat di mana dia berusaha untuk menyelamatkan Mikey dari lubang hitam sendirian. Takemichi menyadari bahwa apa yang dia lakukan selama ini, di mana dia melibatkan banyak orang untuk membantunya, justru membawa petaka bagi orang lain. Hal inilah yang membuat Takemichi akhirnya bertekad untuk tidak lagi bergantung kepada orang lain.

Dalam chapter sebelumnya, kita melihat bagaimana Takemichi terbangun di rumah sakit setelah apa yang terjadi sebelumnya, di mana Mikey menghajar habis-habisan Takemichi. Kokonoi bercerita kepada Mikey bahwa pertarungan tiga geng terbesar diakhiri dengan Senju yang memutuskan untuk membubarkan Brahman, demi menyelamatkan nyawa Takemichi dari Mikey yang mengamuk.

Takemichi memahami bahwa tanpa campur tangan Senju, Mikey mungkin akan benar-benar menghabisi nyawanya. Kemudian, Chifuyu datang untuk memberi tahu Takemichi tentang pemakaman dari Draken. Chifuyu terkejut dan marah dengan mengatakan bahwa semua yang terjadi adalah salah dari Takemichi, dan Takemichi sendiri tidak membantah hal tersebut.

Sejak saat itu, Takemichi bertekad untuk menyelesaikan semuanya sendiri. Dalam chapter 235, kita melihat Takemichi kembali didatangi teman-temannya. Mulai dari teman-temannya di masa SMP, sampai semua mantan anggota Toman pun datang menjenguk Takemichi. Mereka semua memberikan semangat terhadap Takemichi, dan bahkan menyarankan Takemichi untuk mengatakan apa pun yang memang dia butuhkan.

Tetapi, Takemichi mengatakan bahwa semuanya baik-baik saja. Ketika semua orang sudah pergi, dalam salah satu panel terlihat bagaimana Takemichi berbicara dengan dirinya sendiri. Momen ini memberikan indikasi yang jelas bahwa mental dari Takemichi begitu sensitif, dan berbagai kematian demi kematian yang terjadi menjadi beban berat di dalam pikirannya.

Bagaimana Takemichi menolak bantuan dari orang lain memberikan kekhawatiran besar bagi para fans. Mereka khawatir bahwa apa yang terjadi kepada Mikey akan terjadi juga kepada Takemichi. Hal ini dikarenakan terdapat “pola” yang sama yang dimunculkan oleh Takemichi, salah satunya adalah bagaimana dia enggan menerima bantuan atau enggan dibantu oleh orang lain.

Apakah artinya Takemichi akan berubah menjadi jahat? Meskipun kecil kemungkinannya, bukan berarti bahwa hal itu tidak mungkin terjadi. Bukan tidak mungkin pada akhirnya Takemichi akan gelap mata demi menyelamatkan Mikey. Bahkan, bukan tidak mungkin, bukannya menyelamatkan Mikey, justru Takemichi yang terpeleset masuk ke lubang hitam.

Karena itulah sosok Hina dibutuhkan dalam keadaan sekarang ini. Bagaimana Hina peduli terhadap Takemichi, dan juga bagaimana Hina memberikan dukungannya terhadap Takemichi, bisa menjadi penolong bagi Takemichi untuk sekedar meringankan beban pikirannya. Dan perlahan, Hina juga bisa memberikan Takemichi pengertian bahwa dia tidak bisa melakukannya sendiri.

Hina bisa memberikan penjelasan kepada Takemichi bahwa bukan sesuatu yang salah untuk bisa meminta bantuan atau bergantung kepada orang lain. Karena hal tersebut akan bisa meringankan beban Takemichi. Sikap positif dari para mantan anggota Toman, serta teman-temannya yang lain, juga bisa menjadi cara bagi Takemichi untuk meringankan bebannya.

Dan yang menarik, apa yang dihadirkan oleh Chifuyu yang justru menyalahkan Takemichi atas semua yang terjadi, justru berbanding terbalik dengan sikap yang dihadirkan oleh teman-temannya yang lain. Masih belum diketahui apakah Chifuyu memang terpukul akan kematian Draken atau ada alasan lainnya yang membuat dia marah terhadap Takemichi.

Yang pasti, saat Chifuyu keluar dari kamar di mana Takemichi dirawat dan berpapasan dengan Hina, dia nampak muak dengan semua petualangan yang dilakukan oleh Takemichi. Mudah-mudahan saja ada penjelasan mengenai hal tersebut pada chapter yang akan datang.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.