Sejak kabur dari organisasi Kara, Amado merupakan sosok yang paling tidak bisa dipercaya dalam seri Boruto. Ada beberapa momen yang dianggap mencurigakan yang dilakukan oleh Amado, bahkan Shikamaru dan Sumire sendiri nampak begitu sinis dan tidak percaya dengan semua sikapnya. Dari apa yang sudah Amado lakukan rasanya wajar jika mereka tidak percaya terhadap Amado.

Diketahui Amado menggunakan sosok Kashin Koji untuk melemahkan sosok Isshiki Otsutsuki, yang mana secara tidak langsung hal tersebut mengorbankan rekannya sendiri. Amado juga menciptakan berbagai senjata biologis yang mengerikan, dan bahkan dia pun melakukan berbagai eksperimen terhadap tubuh anak-anak, salah satunya adalah Kawaki.

Meskipun begitu, Naruto mencoba untuk bisa lebih bijak dan menerima Amado untuk berlindung di Konoha. Tetapi, dalam chapter 65 kemarin, kita seolah mendapatkan petunjuk bahwa memang tidak seharusnya Naruto percaya atau memberikan kepercayaan kepada Amado. Sejak awal, Amado sudah diperlihatkan sebagai figur atau sosok yang jahat.

Amado tidak akan membagi informasi penting sampai waktunya dianggap tepat. Dan hal itu juga dia gunakan sebagai “alat” agar Naruto mau menerimanya, dibandingkan dengan menunjukan kasih sayang atau empati. Inilah alasannya mengapa banyak petinggi di Konoha menganggap Amado sebagai sosok yang egois – kecuali Naruto.

Naruto justru merasa kedatangan Amado bisa membantu “masalah” yang dialami oleh Boruto dengan segel Karma Momoshiki miliknya. Juga, Katasuke begitu dibutakan oleh kecerdasan yang dimiliki oleh Amado. Namun, semua hal itu berubah ketika Momoshiki muncul di hutan Konoha, siap untuk melukai Naruto, Shikamaru, dan Code, sehingga dia bisa menculik Kawaki dan menjadikannya tumbal.

Momoshiki diperlihatkan kembali mengambil alih tubuh Boruto, dan dia ingin membawa Kawaki untuk menjadi persembahan bagi monster ekor sepuluh demi mendapatkan buah chakra. Tetapi, saat Borushiki hendak menggunakan teknik Oodama Rasengan dan menghancurkan Naruto, Kawaki berusaha untuk melindunginya.

Semua orang dibuat terkejut dengan apa yang dilakukan oleh Kawaki, yaitu dia menyerap serangan Rasengan Borushiki. Dan yang juga tidak kalah mengejutkan adalah Kawaki muncul dengan segel Karma (lagi) di tubuhnya. Bahkan, tubuhnya pun mengalami perubahan. Masih belum diketahui secara pasti apa yang terjadi kepada Kawaki.

Namun, dari apa yang dihadirkan dalam chapternya, bisa diasumsikan bahwa kemungkinan Kawaki dan Amado yang berada di balik semua itu. Mereka berdua yang sudah merencanakan hal tersebut sejak jauh-jauh hari, di mana sepertinya Kawaki menyetujui apa yang ditawarkan oleh Amado tentang membangkitkan kembali segel Karma dalam tubuhnya.

Amado secara diam-diam menginginkan Kawaki untuk membuat Karma baru, yang mana membuat Kawaki akan mampu menggunakan kekuatan tersebut tanpa perlu khawatir Isshiki akan kembali mengambil alih tubuhnya. Seperti yang Amado katakan, semua kekuatan segel Karma tersebut 100% adalah senjata, bukan lagi berisi data dari Otsutsuki.

Isshiki Otsutsuki sendiri memang sudah tewas, tetapi Kawaki sangat ketakutan dengan kekuatan Karma tersebut. Para tetua Konoha sepertinya tidak mengetahui tentang kesepakatan yang dibuat diantara keduanya, dan sepertinya Kawaki menerima tawaran tersebut. Momen ini lagi-lagi mengonfirmasi bahwa Amado memang mengincar sosok Kawaki untuk alasan yang masih belum diketahui pasti.

Bisa jadi Amado menginginkan Kawaki sebagai “senjata” yang bisa dia kendalikan kapan pun. Saat ini, Sumire sendiri sedang memperhatikan Amado dan apa yang dia rencanakan. Ironisnya, ninja senior seperti halnya Sai justru lebih memikirkan taktik untuk menolong Naruto. Amado lagi-lagi menyusun rencana secara diam-diam, dan kita tidak tahu apa yang akan dilakukan oleh Amado selanjutnya.

Dari apa yang ditunjukan oleh “suara hati” Amado, sepertinya Kawaki dan Amado sudah mendiskusikan sebuah rencana untuk penyusupan. Dalam cerita di seri Boruto, Kawaki diperlihatkan begitu bersemangat dan penuh determinasi untuk melindungi Naruto dan Konoha. Kawaki menganggap Naruto sebagai sosok ayah yang tidak pernah dia miliki, dan Amado sepertinya melihat peluang tersebut dan memanfaatkannya.

Amado tentu perlu menjawab semua hal ini ketika pertarungan selesai. Isi kepala dari Kawaki mungkin tidak akan pernah pulih dengan sempurna, karena segel Karma memang sengaja ditanamkan kepada korbannya untuk merusak psikologis dari wadahnya. Dan Amado mungkin ada di balik semua hal tersebut. Apa sebenarnya rencana yang dibuat oleh Amado bersama Kawaki? Apa yang membuat Amado begitu menginginkan Kawaki sebagai sesuatu yang bisa dia kuasai? Kita nantikan saja jawabannya dalam chapter yang akan datang ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.