The Matrix adalah salah satu waralaba populer bergenre fiksi ilmiah dan aksi yang pertama kali dibawakan oleh Wachowski Sister  pada tahun 1999 melalui film berjudul The Matrix. Berfokus pada karakter Neo (Keanu Reeves), waralabanya bercerita tentang para manusia yang dijadikan “sumber energi” oleh Machines, dalam prosesnya para manusia ini dibuat tertidur dan hidup selayaknya orang normal di dunia virtual yang disebut Matrix.

Setelah menyadari kejahatan Machines dan tersadar dari Matrix, Neo berniat untuk menghentikan mereka dan mulai mengembangkan kemampuannya sebagai The One, juru selamat manusia yang diramalkan oleh Oracle. Di film dua sekuelnya yang berjudul The Matrix Reloaded (2003) dan The Matrix Revolutions (2003), Neo tumbuh semakin kuat dan menjadi ancaman bagi Machines, sampai pada akhirnya Neo diceritakan melakukan pengorbanan heroik agar perang antara manusia dan Machines di dunia nyata berhenti.

Meskipun dia mati di film ketiganya, tetapi ternyata dia diperlihatkan hidup kembali di film  The Matrix Ressurection. Nah sebelum kalian menonton filmnya, mari kita kenali seberapa kuat Neo sebenarnya. Berikut berbagai kekuatan sakti Neo di The Matrix!

Kemampuan Fisik Super

Sama seperti kebanyak protagonis di film superhero, Neo juga mempunyai kemampuan fisik super yang memungkinkannya melakukan banyak hal. Meskipun kebanyakan orang yang meminum Redpill akan menjadi lebih kuat di Matrix, tetapi Neo jauh lebih kuat dari siapa pun. Kekuatan fisiknya memungkinkan Neo merobohkan pilar beton dengan sekali pukul, bahkan dia bisa “merobek” aspal dan membantingnya pada Agen Matrix yang jahat.

Dan dari segi kecepatan, Neo mempunyai kecepatan dan refleks super yang membuat lingkungan sekitarnya tampak berjalan lambat, hal tersebut dibuktikan ketika dirinya menghindari peluru dengan gaya “kayang” yang terkenal sampai saat ini. Selain kecepatan dan kekuatan, Neo juga mempunyai daya tahan tubuh super yang membuatnya tahan banting. Saat dia bertarung dengan Agen Smith di The Matrix Revolutions, Neo tetap hidup mesikpun dia ditembak, ditebas, dan dibanting dari ketinggian.

Intuisi Super

Sebagai The One, Neo mengembangkan kekuatan yang memungkinkannya lebih peka terhadap lingkungan sekitarnya. Dia bisa merasakan perubahan kecil di dunia Matrix, di mana hal tersebut terlihat kita Neo mampu mendeteksi kehadiran Agen atau siapa pun yang masuk ke Matrix. Dalam tingkat lebih lanjut, Neo bahkan mempunyai kesaktian untuk sekilas melihat masa depan seperti Oracle. Kemampuan ini terlihat ketika Neo membayangkan masa depan ketika Trinity mati karena terjatuh. Syukurnya, berkat intuisi supernya ini, Neo berhasil menyelamatkan Trinity saat kejadiannya benar-benar terjadi.

Terbang Melesat

Di akhir film pertama The Matrix, Neo terlihat mampu terbang di atas kota virtual Matrix. Bukan hanya sekadar terbang tinggi saja, Neo juga mempunyai kecepatan terbang yang sangat fantastis, kemampuan terbangnya memungkinkan Neo untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan sangat cepat. Dalam beberapa kesempatan, Neo bahkan terbang menembus awan hujan yang dikelilingi sambaran petir, artinya Neo cukup percaya diri dengan kemampuan terbangnya ini, mungkin dia menganggap terbang seperti berjalan pada umumnya.

Telekinesis

Selain menghindari peluru dengan kecepatan supernya, Neo juga mempunyai kekuatan telekinesis yang membuatnya bisa menahan ratusan peluru yang ditembakan padanya hanya dengan satu tangan. Berkat kesaktian telekinesisnya ini, Neo hampir bisa mengubah kenyataan dan hukum fisika di dunia Matrix, bahkan dalam salah satu adegan ketika Agen Smith menembaknya, Neo terlihat mampu menghentikan peluru dengan mengatakan “tidak” pada peluru tersebut dan peluru tersebut langsung berhenti seperti mengerti ucapan Neo.

Pengelihatan Matrix

Ketika menyadari sepenuhnya bahwa dia adalah The One, Neo akhirnya mampu melihat struktur pemrograman asli dunia vitual Matrix. Ketika berada di Matrix dia bisa melihat kode-kode hijau di benda mati dan tubuh Agen yang pada dasarnya adalah program. Bahkan saat dirinya kehilangan pengelihatan di dunia nyata, Neo mampu mempertahankan pengelihatan Matrixnya untuk mengalahkan Agen Smith yang merasuki manusia. Ketika Neo makin mahir dengan pengelihatan supernya ini, dia juga mampu melihat tembus pandang pada benda mati dan manusia, seperti ketika dia melihat jantung Trinity yang berhenti dan mencoba membuatnya kembali berdetak dengan menembus tubuhnya.

Itulah berbagai kekuatan sakti Neo sebagai The One di The Matrix. Beberapa kemampuan ini terlihat juga trailer The Matrix Ressurection ketika Neo menghentikan tembakan peluru. Kemungkinan di film keempatnya nanti, Neo yang lupa ingatan, perlahan-lahan menguasai kembali kemampuannya dan sekali lagi menjadi ancaman bagi para Agen dan Machines. Kita saksikan saja kesaktian Neo ini di film The Matrix Ressurection, yang dijadwalkan tayang perdana di bioskop pada hari ini, 22 Desember 2021.