Monkey D. Garp adalah sosok yang dikenal memiliki julukan pahlawan angkatan laut. Garp juga merupakan ayah dari Monkey D. Dragon dan Monkey D. Luffy. Garp merupakan salah satu karakter legendaris dalam cerita One Piece, selain Gol D. Roger, Shiki, dan juga berbagai karakter lainnya. Garp pun menjadi salah satu karakter favorit dari para fans.

Sosok Garp sendiri memang jarang muncul dalam cerita. Hanya beberapa kali saja Garp dihadirkan dalam ceritanya. Misalnya ketika dia mengetahui tentang kabar aliansi Big Mom dan Kaido. Garp terlihat khawatir dengan kabar tersebut, karena dia tahu bahwa hal itu akan sangat buruk. Garp dahulu pernah menghadapi kelompok bajak laut Rocks, yang mana beberapa krunya adalah Kaido dan Big Mom.

Pertarungannya melawan kelompok Rocks membuat Garp mendapatkan julukan sebagai pahlawan angkatan laut. Dia pun sempat dipromosikan menjadi admiral, tetapi Garp menolak tawaran tersebut. Pasca perang puncak di Marineford, Garp sendiri memutuskan untuk pensiun tetapi akhirnya dia kembali dan berhasil dibujuk untuk melatih para angkatan laut muda. Koby dan Helmeppo adalah dua diantaranya.

Apa yang terjadi kepada keluarga Monkey ini bisa dibilang sangat unik, karena Garp adalah satu-satunya yang bekerja untuk Pemerintah Dunia dengan menjadi bagian dari angkatan laut. Sementara cucu dan anaknya justru berlainan dengan Garp, di mana Luffy menjadi bajak laut dan Dragon sendiri saat ini menjadi pemimpin dari Pasukan Revolusi, yang justru menentang pihak Pemerintah Dunia.

Hal ini tentunya membuat sebagian besar Geeks penasaran, jika suatu hari pertempuran antara Pasukan Revolusi dan pihak Pemerintah Dunia khususnya angkatan laut terjadi, apakah Garp akan bertarung menghadapi anaknya sendiri? Melihat dari bagaimana sosok Garp, besar kemungkinan Garp tidak akan bertarung menghadapi anaknya sendiri. Ada beberapa alasan terkait hal ini.

Pertama, seperti disebutkan di atas, Dragon adalah anaknya yang mana kecil kemungkinan Garp mau bertarung menghadapinya. Garp dikenal sebagai sosok yang cinta keluarga, sehingga rasanya tidak mungkin Garp akan bertarung menghadapi anaknya sendiri, meskipun kita tidak tahu seperti apa hubungan keduanya. Kedua, Garp sendiri membenci Pemerintah Dunia.

Meskipun dia bekerja untuk pemerintah, tetapi bukan berarti Garp 100% setuju dengan semua keputusan dan juga langkah-langkah yang dihadirkan oleh mereka. Garp sendiri sebenarnya tidak terlalu suka dengan pihak Pemerintah Dunia dan kaum naga langit karena mereka terlalu opresif. Bahkan, alasan Garp menolak jabatan admiral pun sebenarnya karena dia tidak ingin diperalat oleh kaum naga langit.

Meskipun Garp adalah bagian dari Pemerintah Dunia, tetapi rasanya Garp tidak akan melindungi mereka ketika Dragon menyerang. Garp sendiri dianggap masih memiliki moral dalam dirinya, sehingga dia memutuskan untuk tetap pada pendiriannya. Dalam salah satu artikel sebelumnya pun bahkan sempat disebutkan bahwa Garp mungkin akan bergabung dengan Luffy dan Dragon di akhir ceritanya nanti.

Setelah Luffy berhasil mencapai Laugh Tale, ada kemungkinan bahwa dia akan menghancurkan pihak Pemerintah Dunia. Tetapi, Luffy tidak akan sendirian. Dia akan mendapatkan bantuan dari semua pihak, baik dari sesama bajak laut maupun dari Pasukan Revolusi. Dan yang paling epik adalah diprediksi bahwa keluarga Monkey akan menjadi salah satu musuh lainnya yang dihadapi oleh Pemerintah Dunia.

Ketika momen tersebut terjadi, bisa dipastikan akan menjadi salah satu momen paling epik di seri One Piece. Dan menarik juga untuk melihat bagaimana ayah dan anak ini saling bertemu, setelah sekian lama terpisah. Kita nantikan saja ya Geeks momen ketika Garp dan Dragon (serta Luffy) saling bertemu, dan bekerja sama untuk kemudian menghancurkan Pemerintah Dunia.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.