Dalam beberapa chapter belakang di seri manga One Piece, kita melihat bagaimana para karakter yang terlibat dalam pertempuran di Wano mengalami peningkatan kekuatan. Kita melihat bagaimana Luffy mampu untuk menyeimbangkan kekuatannya dengan Kaido. Kemudian Sanji dan Zoro yang mampu menandingi dua All-Stars lainnya. Kemudian kita juga melihat bagaimana kemampuan Law dan Kid saat menggunakan Awakening untuk menghadapi Big Mom.

Namun, yang menjadi topik pembahasan di kalangan fans terkait dua hal tersebut adalah apakah Awakening atau kekuatan dari kebangkitan buah iblis yang dialami oleh Law dan Kid sama kuatnya dengan Advanced Haoshoku Haki. Hal tersebut memang merupakan dua hal yang berbeda, dan keduanya juga memiliki kedahsyatan masing-masing yang bisa digunakan untuk menghadapi musuh.

Advanced Haoshoku Haki Merusak Sistem Level Kekuatan Yang Ada?

Dengan diperkenalkan lebih jauh dari Advanced Haoshoku Haki dalam beberapa chapter belakangan, para fans pun mempertanyakan tentang dampak dari hal tersebut terhadap sistem level kekuatan yang ada di serinya. Sebagian fans sendiri kurang begitu setuju tentang konsep Advanced Haoshoku Haki hanya untuk mereka yang terkuat diantara yang terkuat.

Artinya, ketika ada seseorang yang sudah memiliki atau menguasai Haki tersebut, maka orang tersebut akan mampu mengalahkan siapa pun di dunia ini. Secara teknis memang hal tersebut ada benarnya, tetapi tidak sesimpel itu. Harus diakui bahwa mereka yang memiliki kemampuan Advanced Haoshoku Haki hanyalah mereka yang kuat atau mereka yang terpilih.

Mereka yang memiliki kemampuan ini juga bisa dibilang akan memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Tetapi, kemungkinan ada beberapa level kekuatan dan potensi yang bisa dimiliki oleh mereka yang mampu menggunakan Advanced Haoshoku Haki. Artinya dengan memiliki kemampuan tersebut bukan berarti seseorang menjadi tidak terkalahkan. Contoh dari hal ini adalah Luffy dan Kaido.

Luffy memang memiliki kemampuan Advanced Haoshoku Haki, dan dalam pertarungan melawan Kaido, dia pun memperlihatkan kemampuannya tersebut. Tetapi, terbukti Luffy mampu dikalahkan oleh Kaido dengan mudah. Sama halnya dengan Kaido, di mana meskipun Kaido sudah sejak lama memiliki kemampuan Advanced Haoshoki Haki, terbukti Luffy mampu menandingi – atau bahkan melampaui – kemampuan Kaido tersebut.

Apakah Awakening Sama Dahsyatnya Seperti Advanced Haoshoku Haki?

Ini juga merupakan salah satu pertanyaan yang muncul di kalangan fans One Piece akhir-akhir ini. Arc Wano sudah mendekati cerita akhirnya, dan para fans sendiri benar-benar dibuat penasaran apakah Luffy akan (juga) memperlihatkan Awakening atau kebangkitan dari buah iblisnya. Meskipun hal itu merupakan sesuatu yang bisa saja terjadi, namun belum diketahui kapan itu akan terjadi.

Namun, poin yang dinantikan oleh para fans sendiri dalam hal ini adalah pertarungan antara Awakening melawan Advanced Haoshoku Haki. Kaido diketahui sudah berhasil membangkitkan kekuatan Zoan buah iblisnya. Tetapi, yang menjadi catatan adalah bagaimana Awakening dari buah iblis bertipe Zoan berbeda dengan buah iblis tipe Logia atau Paramecia.

Sebagai pemilik buah iblis Zoan, Kaido pada dasarnya akan mendapatkan peningkatan semua hal, mulai dari kecepatan, kekuatan, kelincahan, dan sebagainya. Sementara, pemilik Paramecia diketahui mampu mengubah sekitarnya. Untuk Logia sendiri sejauh ini masih belum diketahui seperti apa kemampuan atau kekuatannya ketika dibangkitkan.

Karena itulah cukup masuk akal untuk berasumsi bahwa Luffy selama ini bertarung menghadapi Kaido dalam versi Awakening di sepanjang arc Wano. Dan Luffy sendiri dalam menghadapi Kaido selalu memanfaatkan Advanced Haoshoku Haki miliknya. Artinya, berdasarkan pengamatan tersebut, dengan Kaido yang menggunakan Awakened Uo Uo miliknya dan Luffy dengan Advanced Haoshoku, bisa ditarik kesimpulan bahwa Awakening mampu menandingi atau sama kuatnya dengan Advanced Haoshoku Haki.

Hal ini pun kembali menegaskan salah satu kalimat di atas yang menyebutkan bahwa Advanced Haoshoku Haki, bukan menjadi akhir bagi sistem level kekuatan di seri One Piece. Jika memang Advanced Haoshoku Haki adalah yang terkuat, logikanya Luffy sudah sejak lama mampu mengalahkan Kaido dan bukan sebaliknya.

Kesimpulannya

Meskipun Advanced Haoshoku Haki hanya bisa dilakukan oleh mereka yang kuat, tetapi bukan berarti Awakening tidak mampu menandingi kekuatannya. Dan begitu juga sebaliknya. Tidak ada yang jauh lebih kuat atau pun jauh lebih lemah satu sama lainnya. Keduanya sama-sama kuat dan luar biasa. Dalam cerita One Piece, mereka yang memiliki kemampuan buah iblis diharuskan untuk kreatif.

Karena, jika pemilik buah iblis tidak kreatif maka mereka tidak akan bisa mengembangkan kekuatan buah iblisnya. Contohnya, jika Luffy tidak memiliki kreatifitas untuk mengembangkan berbagai teknik Gears yang dia miliki, maka bisa dibilang buah iblis Gomu Gomu yang dia miliki tidak akan bisa berkembang seperti sekarang. Dan bukan tidak mungkin Luffy tidak akan mampu untuk membangkitkan buah iblisnya jika tidak kreatif.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.