Klan Otsutsuki merupakan salah satu klan yang cukup populer dan bahkan menjadi salah satu klan yang berpengaruh dalam cerita di franchise Naruto. Mereka diketahui memiliki kekuatan yang dahsyat, dan bahkan juga diketahui merekalah yang “menciptakan” dunia shinobi di bumi dengan berbagai elemen di dalamnya – seperti chakra, jutsu, dan sebagainya.

Meskipun begitu, sampai sejauh ini klan Otsutsuki masih menyimpan banyak sekali misteri. Contohnya kita masih belum tahu dari mana mereka berasal. Sampai sejauh ini, baru ada beberapa karakter dari klan Otsutsuki yang diperkenalkan di cerita utama/canon yaitu Kaguya Otsutsuki, Momoshiki Otsutsuki, Kinshiki Otsutsuki, Urashiki, Otsutsuki, dan Isshiki Otsutsuki. Sisanya, ada beberapa klan Otsutsuki lainnya yang diperkenalkan dalam cerita non-canon.

Sebagian besar dari para karakter klan Otsutsuki yang diperkenalkan dalam ceritanya sudah tewas. Entah karena merelakan dirinya dimakan atau dikonsumsi oleh Otsutsuki lainnya atau karena ada alasan lain. Contohnya adalah Kinshiki Otsutsuki, yang merelakan tubuhnya dimakan oleh Momoshiki untuk menambah kekuatan. Tetapi, ternyata ada juga Otsutsuki yang masih hidup. Siapa saja?

Toneri Otsutsuki

Toneri Otsutsuki merupakan salah satu klan Otsutsuki yang muncul dalam cerita non-canon. Toneri muncul dalam film The Last: Naruto The Movie, di mana Toneri muncul sebagai antagonis utama dalam filmnya. Seperti halnya para Otsutsuki lainnya, Toneri diberkahi oleh berbagai kemampuan dan kekuatan yang dahsyat. Contohnya dia bisa menghancurkan planet.

Toneri diperlihatkan kalah dari Urashiki, dan kemudian dia pun disegel di bulan. Artinya, secara teknis, Toneri masih hidup meskipun dia harus berada di bulan. Selain mampu menandingi kekuatan Kurama Chakra Mode, Toneri sendiri banyak diyakini oleh para fans merupakan sosok yang bertanggung jawab atas Jougan milik Boruto. Tetapi, masih belum ada konfirmasi jelas terkait hal tersebut.

Kaguya Otsutsuki

Kaguya Otsutsuki adalah salah satu karakter terkuat dalam franchise Naruto. Kaguya Otsutsuki sendiri merupakan sosok villain yang muncul di akhir seri Naruto Shippuden, tepatnya dalam perang besar ninja keempat. Kaguya Otsutsuki sendiri merupakan ibu dari Hagoromo Otsutsuki dan juga Hamura Otsutsuki, dan memiliki kekuatan yang jauh lebih besar dari Hagoromo.

Meskipun begitu, Hagoromo dan Hamura sendiri pernah berhasil mengalahkan sang ibu dan kemudian menyegelnya. Namun, dalam cerita Naruto Shippuden diperlihatkan bagaimana Kaguya berhasil kembali dibangkitkan. Tetapi, tiga karakter utama dalam ceritanya – Naruto, Sasuke, dan Sakura – akhirnya kembali menyegel sosok Kaguya dengan teknik Chibaku Tensei. Artinya, sama seperti Toneri, secara teknis Kaguya masih hidup.

Momoshiki Otsutsuki

Momoshiki Otsutsuki merupakan salah satu dari tiga anggota klan Otsutsuki yang datang ke bumi untuk menyerap chakra besar yang ada di sini. Momoshiki pernah bertarung menghadapi Naruto dan Sasuke sekaligus. Meskipun pada awalnya Momoshiki berhasil menguasai keadaan, dan membuktikan keduanya bukan tandingan klan Otsutsuki, pada akhirnya Momoshiki pun kalah.

Meskipun begitu, seperti halnya para Otsutsuki lain, sebelum kematiannya Momoshiki menanamkan segel Karma miliknya terhadap Boruto. Dan sekarang Momoshiki pun tinggal di tubuh Boruto. Proses Otsutsukifikasinya sendiri sudah 80%, artinya hanya tinggal masalah waktu bagi Momoshiki untuk bisa kembali bangkit.

Klan Otsutsuki Lainnya?

Seperti yang disebutkan di atas, bahwa masih ada banyak sekali misteri yang terkait dengan klan Otsutsuki. Selain tentang asal-usulnya, kita juga masih belum tahu sistem hierarki di klan ini. Kemudian, kita juga masih belum mengetahui ada berapa sebenarnya jumlah anggota dari klan Otsutsuki. Apakah mereka memiliki sistem yang sama dengan klan Hyuga?

Berdasarkan hal tersebut, bisa diasumsikan bahwa klan Otsutsuki masih bisa memberikan ancaman besar terhadap bumi dan juga manusia karena mereka mungkin saja masih banyak jumlahnya – atau bahkan sudah punah. Logikanya, jika memang klan Otsutsuki masih banyak penduduknya, mereka sudah datang ke bumi tanpa perlu menuggu laporan dari apa yang terjadi.

Untuk saat ini, memang kita sudah tidak lagi berhadapan dengan sosok fisik dari klan Otsutsuki karena mereka – saat ini – sudah tidak ada lagi di bumi. Ada yang sudah tewas, ada yang masih tersegel oleh berbagai jutsu handal. Menarik tentunya apakan Kishimoto akan menghadirkan klan Otsutsuki lainnya dsalam cerita di seri Boruto.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.