Keadaan Boruto saat ini sedang kritis dalam cerita di seri manga Boruto: Naruto Next Generation. Dalam chapter sebelumnya diperlihatkan bagaimana Boruto tidak sadarkan diri dan merasa kesakitan setelah segel Karma di tubuhnya muncul. Saat itu, Boruto sendiri berhasil menggunakan kekuatannya tanpa Momoshiki ikut campur dan mengambil alih tubuhnya.

Namun, faktanya memang hal itu masih belum cukup untuk bisa berhadapan dengan Code. Dan sekarang, dalam chapter 65 diketahui bahwa apa yang terjadi kepada Boruto terjadi jauh lebih mengerikan dari yang dibayangkan. Apa yang para fans takutkan pun akhirnya terjadi. Tubuh Boruto yang kesakitan ternyata mulai kembali dirasuki atau diambil alih lagi oleh Momoshiki Otsutsuki.

Meskipun begitu, yang menarik adalah Momoshiki justru membantu Boruto. Momoshiki sendiri pada akhirnya mengambil alih tubuh Boruto setelah Boruto merasakan sakit yang luar biasa di tubuhnya, dan Momoshiki pun kemudian meminta Boruto untuk bertukar tubuh dengannya. Inilah yang membedakan apa yang terjadi sebelumnya dengan saat ini. Momoshiki tidak memaksa untuk mengambil alih tubuh Boruto.

Hal ini tentunya menarik bagaimana Momoshiki mau membantu Boruto untuk berhadapan dengan Code. Terjadi pertarungan singkat antara Borushiki dan Code. Dalam pertarungan ini, Kawaki sempat akan dibawa oleh Code tetapi berhasil digagalkan oleh Borushiki dengan teknik Rasendan. Yang menjadi pertanyaan kemudian adalah mengapa Momoshiki mau membantu Boruto untuk menghabisi Code?

Ada beberapa kemungkinan terkait hal ini. Pertama, seperti yang diketahui, Isshiki dan Momoshiki adalah musuh. Meskipun mereka sama-sama dikirim untuk “mengancurkan” bumi, tetapi keduanya adalah rival. Kebencian yang mendalam dari Momoshiki terhadap Isshiki menjadi salah satu motivasinya untuk membantu Boruto mengalahkan Code.

Di sisi lain, Momoshiki sendiri tahu bahwa Isshiki sudah tewas. Dan Momoshiki juga tahu bahwa Code adalah sosok yang dipercaya oleh Isshiki untuk melanjutkan misinya. Kebencian terhadap Isshiki tersebut yang kemudian membuat Momoshiki mencoba untuk membuat Code tidak berhasil dengan misinya. Kemungkinan lainnya adalah Momoshiki memiliki misi tersembunyi.

Bagaimana Borushiki mencoba menyelamatkan Kawaki agar tidak diculik oleh Code tentunya mengundang tanda tanya. Momoshiki kemungkinan memiliki ketertarikan pribadi terhadap Kawaki, di mana Momoshiki mungkin ingin menjadikan Kawaki sebagai tumbalnya. Sedangkan Code sendiri menginginkan Kawaki karena merupakan kesepakatan dengan Eida – meskipun Code sendiri ingin membuat Kawaki sebagai tumbal bagi monster ekor 10.

Beruntung bagi Code, pertarungan yang terjadi diantara mereka hanya sebentar saja sebelum kemudian Naruto dan Shikamaru muncul. Ketika keduanya datang, Borushiki pun berubah pikiran. Dia justru membantu Code untuk menghadapi mereka berdua, karena Momoshiki mengaku dendam terhadap Naruto. Seperti yang kita ketahui, saat Momoshiki muncul dia sempat berhadapan dengan Naruto, Boruto, dan Sasuke.

Berkat kerja sama diantara mereka, Momoshiki akhirnya berhasil dikalahkan. Dan kemudian Momoshiki pun masuk ke tubuh Boruto dengan meninggalkan segel Karma. Selain itu, Momoshiki juga membantu Code untuk mengalahkan Naruto karena Naruto dianggap menghalangi rencana besarnya. Dan situasi ini membuat Naruto pun harus melakukan tindakan yang bijak.

Situasi pertarungan melawan Code semakin pelik dengan kemunculan segel Karma di tubuh Kawaki, setelah diyakini hilang. Hal ini setelah Kawaki menyerap Rasengan yang dilancarkan oleh Borushiki. Apakah Borushiki akan berhasil disingkirkan? Apakah kesadaran Boruto bisa kembali? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter selanjutnya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.