Pertarungan Boruto melawan Code semakin sengit seperti yang diperlihatkan dalam chapter sebelumnya di seri Boruto: Naruto Next Generation. Boruto sebelumnya diperlihatkan berhasil mengejar Kawaki, yang memutuskan untuk menyerahkan dirinya demi Konoha dan Naruto. Tetapi, Code bukanlah lawan yang mudah untuk ditaklukan. Semua upaya yang Boruto lakukan untuk menghadapi Code nyatanya tidak berhasil.

Kemudian sesuatu yang menarik terjadi, di mana Boruto mampu membangkitkan kekuatan segel Karmanya tanpa perlu membangkitkan sosok Momoshiki. Kawaki benar-benar terkejut melihat hal tersebut, tetapi Boruto sendiri tidak mengerti apa yang sebenarnya terjadi. Dia berusaha memanfaatkan situasi itu untuk menghajar Code, tetapi pada kenyataanya Code terlalu tangguh bagi Boruto.

Di sisi lain, Naruto sendiri akhirnya berhasil menemukan keberadaan Boruto. Dia menggunakan teknik Sage Mode miliknya, dengan sebuah peningkatan kemampuan. Setelah menemukan di mana posisi Boruto, Naruto dan Shikamaru pun kemudian bergegas untuk pergi menyusul mereka. Dengan saat ini Naruto dan Shikamaru sedang pergi ke tempat Boruto berada, lalu, apa yang akan terjadi di chapter selanjutnya?

Chapter 65 sendiri berjudul “Kekuatan Karma” dan dibuka dengan situasi terakhir dari Boruto. Sebelumnya, di akhir chapter 64 diperlihatkan bagaimana Boruto tiba-tiba merasakan kesakitan di tengah-tengah pertarungan dan kemudian tersungkur ke tanah. Pada chapter 65 ini Boruto diperlihatkan masih merasakan sakit yang luar biasa. Namun, sesuatu yang luar biasa kemudian terjadi.

Dengan menghentikan waktu, Momoshiki kemudian muncul di hadapan Boruto. Keduanya pun kemudian melakukan perbincangan serius. Momen kemudian bergeser ke Konoha, di mana kita melihat bagaimana Sai, Amado, dan Sumire terlibat sebuah pembicaraan yang cukup serius. Momen kemudian kembali ke pertarungan antara Code, Boruto dan Kawaki.

Lagi-lagi kejutan muncul dalam pertarungan ini. Setelah Momoshiki muncul di hadapan Boruto, Momoshiki akhirnya kembali mengambil alih Boruto. Borushiki kemudian bertarung menghadapi Code, yang mana hal ini cukup membuat Code pun terkejut. Tetapi, yang menjadi perhatian adalah bagaimana bentuk dari tanduk Borushiki yang sedikit aneh dan berbeda. Seperti yang kita ketahui, tanduk Borushiki sempat patah pasca pertarungan menghadapi Isshiki.

Borushiki pun kemudian memperlihatkan teknik barunya yaitu Rasendan alias Spiral Bullet. Pertarungan antara Borushiki dan Code memang sangat sengit, namun situasi justru semakin kacau ketika Naruto dan Shikamaru akhirnya tiba di lokasi kejadian. Borushiki, yang awalnya bertarung menghadapi Code, justru sekarang berbalik menjadi sekutu bagi Code. Borushushiki justru bertarung menghadapi Naruto dan juga Shikamaru. Hal ini tentunya benar-benar tidak terduga.

Yang juga tidak kalah mengejutkan adalah ketika situasi kacau tersebut terjadi, Karma kembali muncul dari tangan Kawaki. Dari pola yang menyebar dan bagaimana tanduknya juga kembali muncul, sangat mirip dengan apa yang dimiliki oleh Isshiki. Apakah artinya Isshiki Otsutsuki belum mati? Apakah artinya Isshiki bisa kembali bangkit dari tubuh Kawaki?

Secara teknis, proses Otsutsukifikasi memang tidak akan pernah bisa dihentikan. Seperti yang pernah diungkapkan Amado, satu-satunya jalan untuk menghentikannya adalah membunuh wadahnya. Momoshiki sendiri mengatakan bahwa meskipun Isshiki sudah tewas dan proses Otsutsukifikasinya terhenti, Kawaki masih memiliki kesempatan untuk menjadi Otsutsuki yang baru. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya di chapter terbaru nanti.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.