Haki adalah sebuah kekuatan yang terdapat pada diri seseorang dalam cerita One Piece. Haki juga kerap kali diartikan sebagai perwujudan dari tekad atau hasrat yang sangat kuat. Meskipun begitu, tidak semua orang bisa mengakses kekuatan Haki. Ada yang memang bakat dalam dirinya dan kemudian muncul secara mandiri, ada yang juga dibangkitkan dengan cara berlatih.

Haki juga merupakan kemampuan yang diandalkan oleh para karakter untuk bisa menghadapi musuh, baik yang memiliki kemampuan buah iblis atau pun tidak. Meskipun rata-rata mereka yang memiliki kemampuan Haki adalah sosok yang dahsyat, tetapi ada juga karakter yang memiliki kemampuan Haki justru kurang handal dalam menggunakannya. Siapa saja?

Marguerite

Marguerite merupakan salah satu karakter yang diperkenalkan oleh Eiichiro Oda dalam arc Amazon Lilly. Sebagai bagian dari suku Kuja, Marguerite juga tentunya memiliki kemampuan Haki, terutama Haki Senjata. Dia juga diyakini ahli dalam hal tersebut. Tetapi, hal tersebut baru terjadi akhir-akhir ini. Sekitar dua tahun lalu, Marguerite bukanlah bagian dari kelompok bajak laut Hancock. Artinya level Haki Marguerite tidak sehebat yang diperkirakan. Baru setelah time-skip kita melihat dia bergabung dengan Hancock. Tetapi, masih belum diketahui sampai sejauh mana peningkatan kekuatan dan juga peningkatan Haki Marguerite.

Bellamy

Bellamy dahulunya merupakan salah satu bawahan dari kelompok bajak laut Doflamingo. Seperti yang diperlihatkan di arc Dressrosa, dia memiliki kemampuan dalam dua jenis Haki yaitu Observation haki dan Armament Haki. Meskipun begitu, Bellamy nampaknya tidak terlalu menguasai penggunaan kedua Haki tersebut. Hal ini dibuktikan saat dia kalah dalam pertarungan di Colosseum. Bahkan, Bellamy pun menerima serangan musuh dengan mudah, pada saat dia bisa saja menahannya dengan Armament Haki miliknya.

Tashigi

Tashigi merupakan salah satu kapten angkatan laut dan rekan dari Smoker, kapten dari unit G-5. Selama time-skip berlangsung, Tashigi juga ternyata meningkatkan kemampuannya terutama dalam kemampuan Armament dan Observation Haki. Seperti halnya Bellamy, meskipun Tashigi menguasai kedua jenis Haki tersebut penggunaannya sangat lemah. Hal ini bisa dilihat dalam arc Punk Hazard. Pada saat itu, Smoker mengatakan bahwa Haki dari Tashigi tidak cukup kuat untuk menahan serangan dari Law, dan ternyata ucapan Smoker tersebut terbukti benar.

Charlotte Raisin

Salah satu dari anggota kelompok bajak laut Big Mom. Raisin diperkenalkan dalam cerita sebagai bagian dari Enraged Army saat kelompok Big Mom berhadapan dengan Luffy. Meskipun kemampuan Observation haki miliknya masih belum diketahui, kemampuan Armament Haki miliknya pernah diperlihatkan ketika Raisin melapisi pedang miliknya untuk menghabisi Luffy. Namun, Raisin kemudian bisa dikalahkan dengan hanya satu serangan oleh Sanji. Dan bahkan Raisin tidak bisa bertahan dari serangan dahsyat Sanji tersebut.

Boo

Boo merupakan adik paling muda dari Sai, pemimpin ke 13 dari Happo Navy kerajaan Kano. Untuk masalah kekuatan fisik, Boo memang bisa dibilang cukup kuat di mana dia mampu menghadapi para petarung di Colosseum. Meskipun Boo juga mampu menggunakan Armament Haki dengan cukup baik, tetapi kemampuan Haki miliknya tersebut tidak cukup kuat untuk bisa menembus pertahanan Kelly Funk. Di waktu yang bersamaan, Sai mampu melukainya dengan Armament Haki yang jauh lebih superior.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.