Anggota CP-9

Rasanya sudah tidak diragukan lagi bahwa anggota dari CP-9 merupakan orang-orang yang sangat kuat, terutama dalam hal kemampuan fisik. Mereka merupakan bagian dari organisasi rahasia Pemerintah Dunia, Cipher Pol, yang mana tentunya tidak sembarangan untuk bisa bergabung ke organisasi tersebut. CP-9 sendiri merupakan antagonis utama dari kelompok Topi Jerami dalam arc Enies Lobby.

Dalam arc tersebut, kita melihat bagaimana mereka menggunakan salah satu dari enam teknik dahsyat yang diajarkan Pemerintah Dunia, Rokushiki. Meskipun begitu, pada akhirnya mereka harus tetap kalah dengan kelompok Topi Jerami. Yang menarik adalah dalam Vivre Card dijelaskan bahwa anggota CP-9 ternyata memiliki kemampuan Haki. Sayangnya, kemampuan ini tidak diperlihatkan saat berhadapan dengan kelompok Topi Jerami.

Para Bawahan Enel

Salah satu pengaplikasian Observation Haki untuk pertama kalinya terjadi di arc Skypea, di mana God Enel dan juga para bawahannya menggunakan kemampuan ini untuk membaca serangan dan juga pergerakan musuh. Di pulau langit sendiri kemampuan Observation Haki ini disebut sebagai ‘mantra.’ Dan terbukti bagaimana Luffy dan kelompok Topi Jerami kewalahan menghadapi mereka.

Namun, pengendalian mereka terhadap kemampuan Haki tersebut cukup lemah. Sehingga mereka pun bisa dialihkan perhatiannya dengan mudah. Observation Haki milik mereka juga masih berada di level bawah, sehingga mereka tidak mampu membaca niat atau emosi seseorang, apalagi melihat ke masa yang akan datang seperti halnya Luffy atau Katakuri.

Helmeppo

Salah satu letnan angkatan laut dan juga rekan dari Koby. Helmeppo mempelajari teknik Haki berkat bantuan dari Bogard dan juga Garp, saat time-skip terjadi. Masih belum diketahui apakah Helmeppo juga bisa menggunakan kemampuan Armament Haki, namun dia sempat mengatakan bahwa dia mampu menggunakan Observation Haki saat arc Reverie. Helmeppo sendiri mengakui bahwa kemampuan Haki miliknya lebih lemah dibandingkan milik Koby. Hal ini terbukti dari Helmeppo yang tidak bisa mendeteksi topedo atau kehadiran bajak laut lainnya.

Hotori

Hotori merupakan antagonis minor yang muncul di arc Skypiea. Berbeda dengan Satori, Hotori hanyalah seorang komandan biasa di pasukan Yama, artinya kemampuan Haki dari Hotori tidaklah terlalu menonjol atau terlalu istimewa. Hotori juga merupakan pengguna teknik mantra, seperti halnya karakter lain. Tetapi, kemampuan mantra dari Hotori tidak lebih hebat dari para bawahan Enel yang lain. Dengan kemampuan Haki Hotori yang tidak terlalu dahsyat, wajar jika kemudian Nami dan Gan Fal bisa mengalahkannya dengan mudah.

Kotori

Kotori merupakan saudara kembar dari Hotori, dan sama seperti Kotori, Hotori juga merupakan pengguna teknik mantra. Dalam arc Skypiea, Kotori sempat memperlihatkan kemampuannya dalam penggunaan salah satu senjata epik, Dials, saat bertarung menghadapi Nami. Tetapi, pada akhirnya Kotori sendiri harus kalah dalam pertarungan tersebut. Meskipun Kotori bisa menggunakan teknik mantra, sayangnya dia tidak bisa memanfaatkan hal tersebut dalam pertarungan. Karena itulah dia akhirnya bisa kalah dalam sekejap.

Haki merupakan salah satu sumber kekuatan dari banyak karakter di One Piece. Meskipun kekuatannya sangat dahsyat, pada kenyataanya tidak semua orang yang bisa menggunakan Haki bisa memaksimalkan kemampuan tersebut. Dan para karakter di atas bisa menjadi bukti nyata dari hal tersebut. Padahal, potensi dari kemampuan Haki sangatlah besar.

1
2
Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.