Iron Man

10 Kematian Avengers Paling Tragis!, Greenscene

Bisa dibilang Iron Man adalah salah satu tulang punggung Avengers yang biasanya mendukung sesama anggotanya dengan menciptakan berbagai macam penemuan canggih. Bahkan dalam beberapa kesempatan, Iron Man tidak ragu untuk mengorbankan dirinya demi Avengers. Di kisah The Crossing pada tahun 90-an, Kang pernah muncul di universe utama dan mengatakan bahwa bergabungnya Iron Man di Avengers adalah salah satu rencananya. Mengetahui hal tersebut, Iron Man kemudian mengorbankan nyawanya untuk mengalahkan Kang, demi mendapatkan kembali kepercayaan dari para Avengers lain.

Iron Man MCU

10 Kematian Avengers Paling Tragis!, GreensceneDari Marvel Comics, sekarang kita beralih ke Marvel Cinematic Universe. Tentu saja kematian Iron Man di Avengers: Endgame (2019) adalah salah satu kisah heroik sekaligus tragis. Masih jelas dalam ingatan kita bahwa Iron Man mengorbankan dirinya dengan menggunakan Iron Gauntlet yang telah dilengkapi Infinity Stones, untuk memusnahkan Thanos dan semua pasukannya dari keberadaan. Setelah Iron Man mati, banyak sekali yang merasa kehilangan, termasuk Pepper Potts dan anaknya Morgan Stark. Semua anggota Avengers bahkan bertekuk lutut sebagai bentuk penghormatan terakhir padanya.

Stature

10 Kematian Avengers Paling Tragis!, GreensceneJika berbicara tentang momen paling sedih di Marvel Comics, kisah kematian Cassandra Lang alias Stature adalah salah satunya. Di komik Avengers: The Children’s Crusade, Avengers dan Young Avengers diceritakan bekerja sama untuk mengalahkan Dr. Doom. Dalam prosesnya, Ant-Man mencoba memberanikan diri untuk menyerang Doom, tetapi Doom dengan cepat menjatuhkannya. Mengira ayahnya mati, Stature langsung menyerang Doom tanpa pikir panjang, di mana Doom langsung membunuhnya seketika. Ant-Man yang tersadar langsung memeluk jasad Stature yang penuh luka sambil menangis.

Wonder Man10 Kematian Avengers Paling Tragis!, Greenscene

Mungkin tidak banyak penggemar baru Marvel yang mengenal superhero bernama Wonder Man ini. Namun, perlu diketahui bahwa Wonder Man adalah salah satu anggota Avengers yang cukup penting. Kematiannya di komik Avengers #9 telah meninggalkan luka yang cukup dalam pada anggota Avengers yang lainnya, karena dalam sejarah Marvel Comics, Wonder Man adalah anggota Avengers pertama yang tewas. Dia tewas setelah mengorbankan dirinya untuk menyelamatkan Avengers dari jebakan tim supervillain Masters of Evil yang hampir berhasil menjebak dan membunuh para anggota lain.

Korban Avengers Civil War

10 Kematian Avengers Paling Tragis!, Greenscene

Jika kejadian Captain America: Civil War (2017) sudah cukup tragis dengan perpecahan Avengers, kisah di Marvel Comics jauh lebih tragis dari itu. Banyak sekali korban yang gugur dalam pertempuran Civil War, temasuk Captain America sendiri yang digambarkan sebagai villain utama di komiknya. Namun setelah kematian Captain America, Iron Man yang bersebrangan dengannnya, mengakui bahwa selama ini dia telah salah. Iron Man berkata pada jasad Captain America, “perang ini tidak sepadan.” Konflik yang menyebabkan Avengers bubar tersebut tercatat sebagai sejarah Avengers paling tragis.

10 kematian paling tragis ini menjadi bukti bahwa Avengers juga pernah mengalami masa-masa sulit, di mana mereka harus bangkit dan belajar dari kesalahan. Karena hanya dengan begitu mereka bisa menghormati para anggotanya yang sudah gugur. Walaupun pada akhirnya banyak juga karakter yang kembali, tetapi 10 kisah kematian paling tragis ini tetap akan dikenang selamanya oleh para penggemar.

1
2