Semua penggemar Marvel pasti mengakui bahwa Avengers adalah tim terbaik dalam sejarah Marvel Universe. Hal tersebut karena di dalam tim super terbaik Bumi ini terdapat banyak sekali superhero yang pada dasarnya sudah cukup populer dan kuat secara individu, sehingga ketika mereka bersatu, sepertinya semua rintangan bisa mereka hadapi. Namun, kenyataannya bukan berarti petualangan Avengers selalu berjalan mulus, karena ada juga kejadian yang justru membuat penggemar kehilangan akibat kematian tragis anggotanya. Berikut 10 kematian paling tragis dalam sejarah Avengers!

Black Widow

Saat kejadian Secret Empire, Captain America diceritakan menjadi jahat setelah dikendalikan oleh Hydra. Sejak saat itu tujuan satu-satunya dari Captain America adalah menguasai Amerika seutuhnya. Untuk mencegah hal tersebut para Avengers bertarung melawannya, termasuk Black Widow dan Miles Morales. Saat mereka bertiga bertarung, Captain America memukulkan perisainya pada Black Widow yang mencoba menyelamatkan Miles, akibatnya leher Black Widow patah dan tewas di tempat. Kematiannya ini menjadi sejarah memilukan yang pernah terjadi dalam sejarah Avengers.

Black Widow MCU

Black Widow adalah salah satu karakter favorit penggemar, baik di Marvel Comics maupun di Marvel Cinematic Universe. Kematiannya di Avengers: Endgame (2019) telah membuat banyak penggemar bersedih. Diceritakan bahwa dia bersama Hawkeye pergi ke Planet Vormir untuk mendapatkan Soul Stone, dalam prosesnya batu sakti tersebut hanya bisa ditukar dengan nyawa orang terkasih, sehingga Black Widow mengorbankan nyawanya supaya Hawkeye bisa membawa pulang Soul Stone dan menggunakannya untuk menghidupkan kembali semua korban dari Thanos Snap.

Captain America

Sama seperti di filmnya, kisah Civil War di Marvel Comics juga telah menyebabkan perpecahan di dalam Avengers sendiri. Semua makin parah ketika Captain America diceritakan terbunuh di komik Captain America Vol. 5 #25, yang kisahnya masih berhubungan dengan kejadian Civil War. Saat Civil War berakhir, pemerintah Amerika menganggap Captain America sebagai pengkhianat yang harus diadili. Ketika Captain America menghadiri pengadilan untuk bertanggung jawab, dia ditembak oleh Sharon Carter yang dicuci otaknya. Sejak saat itu Civil War benar-benar berakhir untuk selamanya.

 

Captain Mar-Vell

Meskipun saat ini banyak penggemar yang mengenal Carol Danvers sebagai Captain Marvel, sebenarnya orang pertama yang memegang identitas Captain Marvel yang asli adalah seorang Kree bernama Mar-Vell, sebelum dia diceritakan mati di komik The Death of Captain Marvel. Kematian Mar-Vell pada saat itu menjadi pukulan yang cukup keras bagi Avengers. Setelah bertarung bersama Avengers selama puluhan tahun, Mar-Vell harus mengakhiri petualangannya ketika meninggal dunia karena penyakit kanker, yang disebabkan oleh radiasi saat bertarung dengan supervillain Nitro.

Hawkeye

Seperti yang kita tahu bahwa sebagian besar anggota Avengers adalah karakter yang mempunyai kemampuan super. Namun, di antara mereka ada seorang manusia biasa yang hanya mengandalkan kemampuan akurasinya dalam memanah, dia adalah Hawkeye. Karakter favorit penggemar ini pernah diceritakan menjadi korban dari keganasan Scarlet Witch di komik Avengers #502. Saat Scarlet Witch mengamuk setelah menyadari ingatannya dicuri, dia menyerang para Avengers, dalam prosesnya Hawkeye harus tewas setelah Wanda memanipulasi pikirannya untuk menyerang pasukan Kree sendirian.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2