Arcane adalah salah satu serial Netflix yang baru saja menyelesaikan penayangannya pada tanggal 20 November kemarin. Berjalan dengan tiga Act yang berjumlah 9 episode, Arcane bercerita tentang perang antara kota canggih Piltover dan Zaun yang menyelimuti kisah persaudaraan Vi dan Jinx yang penuh cinta. Walaupun diadaptasi dari game MOBA League of Legends, tetapi Riot Game tampaknya cukup serius dalam menggarap Arcane, hal tersebut dibuktikan dengan kualitas tayangannya yang nyaris sempurna.

Kesuksesan Arcane bisa dianggap sebagai salah satu keberhasilan Netflix yang paling mengejutkan di tahun 2021 ini. Selain ceritanya yang seru, banyak faktor lain yang membuat serialnya sangat menarik, termasuk animasinya yang memukau dan soundtrack-nya yang enak didengar. Dengan semua yang ditawarkan oleh serial Arcane tersebut ternyata masih ada beberapa misteri yang belum terjawab di Season 1-nya, di mana hal tersebut tentunya memicu banyak pertanyaan dari para penggemar. Apa saja misteri gantung di Arcane Season 1? Simak di bawah ini.

Awal Perseteruan Silco dan Vander

Meskipun fokus utama Arcane bercerita tentang kisah tragis Vi dan Jinx, serta bagaimana akhirnya mereka berdua bisa bangkit, tetapi di Season 1 ini plot ceritanya lebih banyak dibangun oleh kisah perseteruan antara Silco dan Vander. Yang menjadi pertanyaan adalah apa yang sebenarnya terjadi pada masa lalu Silco dan Vander sehingga mereka sekarang saling membenci satu sama lain?

Padahal awalnya mereka berdua adalah sekutu yang mempunyai cita-cita sama, yaitu menyatukan undercity dan mendirikan Nation of Zaun. Adapun adegan yang memperlihatkan pengkhianatan Vander terhadap Silco masih belum cukup untuk mengungkap alasan mengapa Vander melakukan hal tersebut. Luka di mata kiri Silco juga sempat diceritakan sekilas akibat serangan Vander yang menyerang Silco dan menenggelamkannya ke sungai undercity yang dipenuhi limbah beracun, tetapi lagi-lagi hal tersebut tidak menjelaskan mengapa Vander sebegitu dendamnya pada Silco.

Tujuan Singed yang Sebenarnya

Shimmer adalah salah satu temuan yang dapat membuat penggunanya menjadi makin kuat. Penemunya tidak lain adalah Singed, salah satu karakter yang paling misterius. Meskipun Shimmer menjadi obat adiktif yang paling dicari, tidak dijelaskan mengapa Singed menciptakan obat tersebut. Karena seperti yang bisa dilihat di sepanjang Arcane Season 1, Singed sepertinya tidak begitu tertarik dengan kekuasaan dan uang. Lantas apa tujuan Singed yang sebenarnya? Apakah dia hanya penemu gila yang hanya terus berekperimen tanpa tujuan yang jelas? Arcane Season 1 masih belum bisa menjawabnya.

Motivasi Empire of Noxus

Selain Nation of Zoan, Arcane juga memperlihatkan sisi satunya lagi di mana Nation of Piltover diceritakan sebagai kota canggih yang didirikan oleh orang-orang yang yang melarikan diri dari para penyihir perang. Menariknya, di akhir episode juga terungkap bahwa di luar sana ada kubu lain yang jauh lebih besar dan canggih, yaitu Empire of Noxus yang dipimpin oleh Ambessa Medarda yang terkenal karena kekejamannya dan juga manipulasinya terhadap Jayce untuk menciptakan Hextech.

Namun, jika permusuhan antara Piltover dan Zaun memaksa kedua bangsa tersebut untuk terus memperkuat kotanya masing-masing, lantas apa yang menjadi motivasi Empire of Noxus untuk memperkuat kekaisarannya? Ambessa hanya menjelaskan bahwa ada sesosok pria kuat yang kemungkinan mengincar kepala para anggota kekaisaran, tetapi siapa pria tersebut?

Penelitian Sky

Sky adalah asisten peneliti yang sangat setia pada Viktor, diam-diam ternyata selama ini Sky juga mempunyai mimpi untuk mengembangkan penelitiannya sendiri. Ketika Sky tewas secara mengenaskan saat Viktor menggunakan Hextech, Viktor yang merasa bersalah tampaknya berniat ingin mewujudkan impian penelitian Sky. Namun, apa sebenarnya penelitian yang direncanakan oleh Sky? Jika Hextech digambarkan sebagai teknologi gabungan sihir dan teknologi yang sangat diinginkan oleh semua orang, apakah “Skytech” akan jauh lebih hebat dari itu? Untuk sekarang jawabannya masih misteri.

Nasib Nation of Zaun

Di Arcane, setelah Vander diperihatkan tewas secara mengenaskan di episode 3, Silco muncul dan mulai menggantikannya sebagai pemimpin undercity dengan caranya sendiri. Perdamaian yang selama ini dijaga oleh Vander harus hancur setelah Silco bekerja sama dengan para crimelord dan membuat perang antara Piltover dan Zaun tidak terbendung.

Dan setelah Silco juga diperlihatkan tewas, sekarang Nation of Zaun tidak mempunyai sosok yang akan memimpin perang dengan Piltover, siapa yang akan mengambil peran tersebut? Apakah Jinx atau orang lain? Karena mau tidak mau, para Zaunite harus mencari pengganti Silco sebagai pemimpin baru mereka.

Itulah 5 misteri gantung yang masih belum terjawab di Arcane Season 1. Dengan masih banyaknya misteri yang harus dijawab, sudah menjadi suatu keharusan bagi Riot Games dan Netflix untuk melanjutkan ceritanya dengan Arcane Season 2. Karena hanya dengan begitu berbagai misteri ini kemungkinan bisa terpecahkan. Sejauh ini masih belum ada pihak terkait yang memberikan pernyataan resminya terkait Arcane Season 2. Namun jika melihat besarnya penggemar Arcane, Season 2 kemungkinan besar akan digarap.