DC adalah tempat bagi para superhero dan supervillain tangguh yang telah ada sejak lama dalam sejarah DC. Dengan kekuatannya, mereka cenderung bisa melakukan sesuatu yang tidak masuk akal, misalnya bisa menciptakan sesuatu dari kehampaan, seperti yang sering dilakukan oleh Guardian of the Universe alias Green Lantern Corps. Para Green Lantern sering mengubah emosi “tekad” menjadi energi hijau yang sangat kuat untuk tujuan kebaikan. Namun, ternyata selain Green Lantern, ada juga 4 kekuatan Lantern lain yang justru merusak penggunanya dan bahkan sekitarnya. Apa saja itu? Simak di bawah ini.

Red Lantern

Red Lantern Corps adalah salah satu Lantern di DC Universe yang pertama kali dibentuk oleh Atrocitus dari kemarahannya pada Guardians of the Universe karena telah membinasakan semua Space Sector miliknya. Oleh karena itu, semua anggota Red Lantern pasti akan kehilangan kendali atas dirinya dan menjadi makhluk dengan kemarahan murni yang terkenal brutal. Tentu saja kemarahan tidak akan pernah membawa kebaikan, hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya Red Lantern yang terjerumus pada perbuatan jahat di galaksi. Konon sebaik apapun penggunanya, kemarahan akan tetap menguasainya.

Yellow Lantern

Cukup jelas bahwa Yellow Lantern Corps adalah saingan abadi dari Green Lantern Corps. Hal tersebut membuat Lantern yang satu ini lebih sering menciptakan banyak villain terkenal daripada menyebar kebaikan, seperti Sinestro yang pertama kali menciptakan Lantern Corps. Berasal dari ketakutan, para pengguna Yellow Lantern akan berusaha untuk mewujudkan ketakutan menjadi energi mereka, di mana hal tersebut akan lebih mudah dicapai dengan perbuatan mengerikan. Oleh karena itu Yellow Lantern sering kali merekrut penjahat paling mengerikan di DC Universe.

Orange Lantern

Orange Lantern Corps adalah kelompok Lantern yang terkenal mengandalkan emosi keserakahan. Oleh karena itu hanya adalah satu Orange Lantern yang aktif dalam satu waktu, karena mereka semua akan bersaing sampai akhirnya hanya satu makhluk yang bisa menguasai Orange Lantern sendirian. Larfleeze adalah Orange Lantern yang telah ada selama berabad-abad, karena dia telah membunuh semua orang yang mencoba mengambil kekuatannya. Tentu saja keserakahan telah mengambil dan merusak jiwa Larfleeze dan membuatnya menjadi makhluk paling serakah di alam semesta.

Black Lantern

Berbeda dari ketiga Lantern sebelumnya yang masih ada sedikit kebaikan di dalamnya, pada dasarnya pengguna Black Lantern adalah murni makhluk jahat. Black Lantern Corps dibentuk oleh Nekron dengan anggota yang terdiri dari para makhluk yang telah mati. Beberapa anggota paling ikonik yang telah Nekron bangkitkan dengan cincin Black Lantern-nya adalah zombie Superman dan zombie Aquaman. Sedikit sekali yang bisa menggunakan Black Lantern tanpa efek samping. Selain Nekron, pengguna lainnya cenderung tidak akan tahan terhadap efek Black Lantern yang sangat merusak jiwa mereka.

Itulah 4 kekuatan Lantern yang menggerogoti dan merusak emosi penggunanya. Bisa dibilang keempat Lantern ini adalah empat kekuatan DC yang bayarannya sangat mahal, karena hanya bisa ditukar dengan jiwa penggunanya. Dalam sejarahnya DC, sangat jarang sekali keempat Lantern ini diceritakan berpihak pada kebaikan, malah cenderung lebih banyak menciptakan berbagai supervillain tangguh yang sering membuat superhero kewalahan, tanpa terkecuali Justice League.