Dalam dunia One Piece ada banyak sekali wilayah-wilayah yang dihadirkan di ceritanya. Wilayah tersebut memang sebagian ada yang merupakan wilayah kecil, ada juga yang besar. Untuk wilayah yang besar, biasanya mereka menganut sistem monarki di mana kekuasaan di wilayah tersebut dipimpin oleh raja dan ratu. Beberapa dari kerajaan tersebut juga ada yang bergabung dengan Pemerintah Dunia, seperti yang diperlihatkan dalam peristiwa Reverie.

Kebanyakan keluarga kerajaan berusaha untuk menghindari aktifitas kriminal, seperti menjadi bajak laut. Tetapi, ternyata ada juga beberapa karakter yang merupakan keturunan kerajaan/bangsawan yang memutuskan untuk menjadi bajak laut atau menjadi penjahat. Lalu, siapa saja mereka? Berikut adalah beberapa diantaranya.

Nefertari Vivi

Nefertari Vivi merupakan putri dari penguasa wilayah Alabasta, Nefertari Cobra. Vivi merupakan salah satu karakter utama dalam arc Alabasta, di mana dia diperlihatkan terlibat petualangan dengan kelompok Topi Jerami untuk mengalahkan Crocodile. Di arc tersebut pun, Vivi bahkan diperlihatkan bergabung dengan kelompok Crocodile meskipun dia melakukannya demi melindungi Alabasta.

Setelah semuanya selesai, Vivi sempat ditawari untuk bergabung dengan kru Topi Jerami. Meskipun dia tidak secara resmi menjadi bagian dari krunya, dia dianggap sebagai kru “kehormatan” karena Vivi memutuskan untuk mengurusi kerajaannya yang baru saja bangkit. Sayangnya, saat ini kondisi Alabasta sedang kacau setelah apa yang terjadi pasca Reverie.

Avalo Pizzaro

Avalo Pizzaro adalah salah satu tahanan level 6 di Impel Down. Dikenal sebagai “Raja Paling Korup,” Pizzaro dahulunya adalah pemimpin dari sebuah kerajaan di South Blue. Seperti yang disebutkan dalam julukannya, Avalo Pizzaro merupakan pemimpin yang sangat jahat kejam dan mengerikan, sampai-sampai Pemerintah Dunia berusaha untuk menghilangkannya dari sejarah.

Hal tersebut dibuktikan dengan Pizzaro yang dikurung di level 6 Impel Down untuk waktu yang sngat lama. Ketika Blackbeard menyusup ke penjara tersebut, pada akhirnya Pizzaro pun memutuskan untuk bergabung dengannya. Saat ini, Pizzaro merupakan salah satu dari sepuluh Titanic Captain. Sayangnya, masa lalu dari Pizzaro belum banyak diketahui.

Donquixote Doflamingo

Donquixote Doflamingo merupakan salah satu putra dari Donquixote Homing, selain Rosinante. Keluarga Donquixote sendiri sebelumnya merupakan bagian dari kaum naga langit yang memiliki kekuasaan besar di dunia One Piece. Tetapi, ayah Dofy merasa tidak tahan hidup sebagai kaum naga langit dan memutuskan untuk keluar dari Mary Geoise dan melepaskan statusnya sebagai naga langit.

Sayangnya, rencana Homing tidak sesuai dengan yang dia perkirakan. Orang-orang sekitarnya justru mengancam mereka karena mereka pernah menjadi bagian dari kaum naga langit. Marah menjadi target orang-orang, Dofy pun kemudian menghabisi nyawa ayahnya sendiri. Selanjutnya kehidupan Dofy pun berubah. Dia menjadi bajak laut mengerikan. Dofy pun diketahui menjadi satu-satunya bajak laut yang berasal dari kaum naga langit sejauh ini.

Bartholomew Kuma

Kuma merupakan salah satu orang penting di Pasukan Revolusi dan merupakan teman dekat dari Monkey D. Dragon. Sebelum Kuma bergabung dengan Pasukan Revolusi, dia adalah pemimpin dari Kerajaan Sorbet di wilayah South Blue. Kekejamannya dalam memimpin kerajaan tersebut membuat Kuma kemudian mendapatkan julukan ‘The Tyrant.’

Kuma pun kemudian bergabung dengan Shichibukai dan memutuskan untuk “mengorbankan dirinya” demi proyek Pacifista. Saat ini, diketahui Kuma merupakan budak bagi kaum naga langit. Karena menjadi bagian dari proyek Pacifista, Pemerintah Dunia pun memutuskan untuk menghapus identitas dan kenangannya. Ada banyak misteri yang belum terjawab tentang sosok Kuma, termasuk apa yang membuat alasan dia mau menjadi Pacifista.

Sanji Vinsmoke

Sanji merupakan salah satu anggota dari kru bajak laut Topi Jerami dan merupakan juru masak mereka. Pada awalnya, Sanji diperkenalkan sebagai juru masak di restoran Baratie dan identitasnya pun tidak diketahui. Baru di arc Whole Cake Island kita mengetahui bahwa Sanji sebenarnya keturunan dari salah satu kerajaan di North Blue, yaitu Germa.

Sanji merupakan bagian dari keluarga Vinsmoke, di mana ayahnya, Vinsmoke judge, merupakan pemimpin dari kerajaan tersebut. Karena keluarganya yang sering berbuat kasar, Sanji memutuskan untuk pergi dari Germa untuk mewujudkan mimpinya sebagai chef. Meskipun Sanji pada awalnya adalah sosok yang tidak terlalu kuat, tetapi dia kemudian tumbuh menjadi salah satu trio monster di kru Topi Jerami dan bahkan dia adalah salah satu “sayap sang raja bajak laut.”

Melakukan hal di luar kebiasaan, seperti menjadi bajak laut atau kriminal terlepas dari status mereka sebagai keluarga bangsawan, memang merupakan sebuah pilihan. Entah untuk alasan apa pun, para keturunan bangsawan tersebut memutuskan untuk menjadi berbeda dari yang lain. Eiichiro Oda bisa dibilang berhasil menghadirkan sisi lain tersebut yang dihadirkan melalui berbagai karakter di atas. Bagaimana tanggapan kalian tentang hal ini Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.