Fakta baru mengenai King cukup memberikan banyak pengaruh terhadap peta kekuatan di kelompok bajak laut Beast. King memang merupakan anak buah terkuat dari kelompok bajak laut Kaido, namun mungkin sebenarnya King jauh lebih kuat bahkan dari Kaido sendiri. Hal ini tentunya di luar perkiraan banyak para fans dari One Piece, dan hal ini juga bisa menggeser titel Kaido sebagai makhluk paling kuat di dunia.

Seperti yang kita ketahui, King merupakan salah satu dari tiga All-Stars atau komandan terkuat dari Kaido. King juga merupakan sosok yang terkuat di kelompok bajak laut tersebut selain Kaido. Kemunculan sosok King dalam ceritanya sempat membuat para fans penasaran. Pasalnya, saat King bertemu untuk pertama kalinya dengan Big Mom, sang Yonko mengatakan sesuatu yang menarik.

Menurut Big Mom, King merupakan salah satu dari tiga ras langka atau yang sudah punah di dunia One Piece. Sempat menjadi pertanyaan besar, Queen pun kemudian mulai memperkenalkan sebuah ras yang sangat dahsyat yang disebut sebagai ras Lunarian. Berdasarkan informasi yang ada, ras ini pernah tinggal di Red Line dan zaman dahulu ras ini dikenal sebagai ras para dewa.

Masih belum diketahui apa yang kemudian menjadi alasan mereka disebut sebagai ras para dewa, tetapi bisa jadi hal ini ada kaitannya dengan kekuatan yang mereka miliki. Pertama, mereka memiliki kemampuan untuk mengendalikan api. King memiliki semua hal yang berkaitan dengan api. Teknik serangannya mengeluarkan api, tubuhnya pun ada yang terbakar api, dan bahkan julukannya pun ada kaitannya dengan api.

Kedua, selain kemampuan untuk bisa mengendalikan api, ras Lunarian juga kemungkinan dikenal sebagai sosok yang sangat kuat. Hal ini diperlihatkan dalam chapter 1032 kemarin di mana Zoro sangat kewalahan dalam menghadapi King. Semua serangannya tidak bisa membuat King terluka. Justru sebaliknya, malah Zoro yang kemudian harus terluka dan kelelahan dalam menghadapi King.

Dalam chapter itu juga disebutkan bahwa King jauh lebih hebat dari para dinosaurus dan juga naga, yang mana inilah yang kemudian menjadi dasar dari asumsi bahwa King bisa jadi jauh lebih kuat dari Kaido. Dan jika memang King jauh lebih kuat dari Kaido, maka hal ini bisa merubah peta kekuatan dari kelompok bajak laut Beast. King merupakan komandan dari Kaido, namun kekuatannya jauh lebih kuat dari Kaido.

Sampai sejauh ini kita memang masih belum tahu sampai sejauh mana level kekuatan dari King. Yang pasti, King sudah berhasil membuat Zoro harus melampaui batas maksimal kekuatannya. Mungkin inilah juga yang menjadi alasan mengapa Kaido hanya membawa King saat dia hendak pergi ke Marineford untuk menghadapi Whitebeard dan angkatan laut.

Kaido merasa bahwa hanya dengan King saja semuanya sudah cukup. Apalagi dengan kekuatan dahsyat yang dia miliki. Jika saat itu King dan Kaido berhasil pergi ke Marineford, mungkin situasinya akan jauh lebih kacau dan lebih mengerikan dari apa yang kita lihat sebelumnya. Marineford benar-benar hancur oleh kekuatan Kaido dan juga King yang luar biasa dahsyat.

Yang menjadi pertanyaannya kemudian mengapa King tidak menggeser posisi Kaido sebagai pemimpin kelompok bajak laut Beast. Kelompok bajak laut Beast memang memiliki struktur hierarki yang tersusun dengan baik. Tetapi, siapa saja bisa menggeser posisi orang yang ada di atasnya jika mereka memang sanggup untuk mengalahkan sosok tersebut. King memiliki peluang untuk menggeser Kaido, tetapi tidak dia lakukan.

Mungkin, hal ini ada kaitannya dengan rasa hormat yang diberikan King terhadap Kaido. Bisa jadi Kaido pernah menyelamatkan nyawa King, atau melakukan sesuatu terhadap King, yang membuatnya berhutang budi terhadap Kaido. Bisa juga ada alasan lainnya yang belum kita ketahui. Yang pasti hal ini menarik di mana King kemungkinan lebih kuat dari Kaido, yang notabene adalah kaptennya. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.