Klan Otsutsuki merupakan salah satu klan yang banyak perhatian para fans dari franchise Naruto sejak pertama kali diperkenalkan di serinya. Hal ini wajar, karena klan Otstsuki diketahui berasal bukan dari bumi melainkan dari planet lain. Artinya mereka bukanlah manusia biasa, meskipun memiliki penampilan seperti halnya manusia. Mereka adalah alien atau makhluk luar angkasa.

Klan Otsutsuki juga diketahui merupakan “nenek moyang” dari para shinobi yang ada saat ini. Pasalnya, merekalah yang menghadirkan konsep chakra dan sejenisnya. Mereka juga yang kemudian memperkenalkan berbagai teknik ninja epik dan luar biasa. Yang menarik adalah ada beberapa karakter di serinya yang ternyata memiliki chakra dari klan Otsutsuki. Lalu, siapa saja mereka?

Uzumaki Naruto

Naruto merupakan protagonis utama dalam serinya. Dia pada awalnya diperkenalkan sebagai shinobi biasa yang menjadi Jinchuuriki dari Kurama. Namun, Naruto kemudian diketahui merupakan reinkarnasi dari Asura Otsutsuki, anak dari Hagoromo Otsutsuki. Dia memiliki semangat, sifat, dan kekuatan yang sama dengan Asura Otsutsuki.

Bahkan, yang luar biasa juga adalah pada perang besar ninja keempat, Naruto sempat bertemu dengan Hagoromo di alam bawah sadarnya. Saat itu, Hagoromo mencoba untuk membantu Naruto mengalahkan Kaguya Otsutsuki. Dan Hagoromo pun kemudian membagi chakra milikinya kepada Naruto. Inilah yang kemudian menjadi alasan bagi Naruto mampu menggunakan mode Six Path atau Rikkudou.

Sasuke Uchiha

Siapa yang menduga jika Sasuke juga merupakan reinkarnasi dari klan Otsutsuki. Jika Naruto merupakan reinkarnasi dari Asura Otsutsuki, maka Sasuke adalah reinkarnasi dari Indra Otsutsuki yang merupakan putra pertama dari Hagoromo. Seperti yang dijelaskan dalam ceritanya, Indra dan Asura selalu bersaing dalam berbagai hal. Dan ini juga yang kemudian diwariskan kepada penerusnya, termasuk Sasuke.

Dalam perang besar ninja keempat, Sasuke pun bertemu dengan Hagoromo di alam bawah sadarnya. Dan kembali, seperti halnya Naruto, Hagoromo juga membagi sebagian chakra miliknya kepada Sasuke. Dengan adanya chakra dari Hagoromo ini, Sasuke pun mampu membangkitkan mata Rinnegan miliknya. Sayangnya, Momoshiki berhasil menghilangkan mata Rinnegan tersebut.

Hinata Hyuga

Hinata Hyuga adalah istri dari Naruto, dan ibu dari Boruto dan Himawari. Hinata mungkin tidak sekuat Naruto atau pun Sasuke. Hinata juga bukan merupakan reinkarnasi dari siapa pun di klan Otsutsuki. Namun, dia memiliki chakra klan ini dalam tubuhnya. Seperti yang diketahui, Hinata berasal dari klan Hyuga. Dan klan Hyuga merupakan keturunan dari Hamura Otsutsuki.

Artinya, secara tidak langsung, Hinata – dan klan Hyuga lainnya – memiliki chakra dari klan Otsutsuki. Yang menarik adalah dalam film Naruto the Movie: The Last, Hinata sempat bertemu langsung dengan kakek moyangnya di alam bawah sadar. Hamura pun memberikan sebagian chakra miliknya kepada Hinata untuk digunakan mengalahkan Toneri Otsutsuki.

Boruto Uzumaki

Boruto merupakan anak pertama dari Hinata dan juga Naruto. Boruto merupakan protagonis utama di serinya saat ini, Boruto: Naruto Next Generation. Seperti halnya Naruto dan Hinata, Boruto pun memiliki chakra dari klan Otsutsuki bahkan bisa dibilang chakra Otsutsuki Boruto sangat dahsyat. Yang pertama, Boruto mewarisi chakra Asura Otsutsuki dan Hamura Otsutsuki dari kedua orang tuanya.

Kemudian, Boruto pun memiliki chakra Toneri Otsutsuki, yang menyebabkan Boruto memiliki Jougan. Dan yang terakhir adalah di dalam tubuh Boruto, terdapat chakra dari Momoshiki. Momoshiki bahkan tinggal di dalam tubuh Boruto setelah dia memberikan segel Karma kepada Boruto. Menarik untuk melihat apa yang terjadi kepada Boruto selanjutnya terkait hal ini.

Himawari Uzumaki

Himawari Uzumaki merupakan anak kedua dari Hinata dan Naruto. Dia juga merupakan adik dari Boruto. Sama halnya seperti sang kakak, Himawari mewarisi chakra Otsutsuki dari kedua orang tuanya yaitu chakra Asura Otsutsuki dan Hamura Otsutsuki. Namun, kemungkinan besar chakra Hamura Otsutsuki menjadi yang paling dominan dari Himawari karena dia mewarisi mata Byakugan dari Hinata. Masih belum diketahui seperti apa level kekuatan Himawari pada masa yang akan datang, tetapi mungkin dia akan menjadi shinobi yang hebat.

Kawaki

Kawaki pada awalnya merupakan anak kecil biasa, sampai kemudian ayah kandungnya menjual Kawaki kepada Jigen untuk kemudian menjadi subyek percobaannya. Jigen mencari anak yang cukup kuat untuk menjadi wadah bagi Isshiki Otsutsuki. Dan ternyata Kawaki adalah sosok yang cocok untuk menjadi wadah. Akhirnya, Kawaki pun diberikan Karma Isshiki di tubuhnya.

Hal ini membuat Kawaki menjadi sosok wadah yang sama seperti halnya Boruto, yang menjadi wadah bagi Momoshiki Otsutsuki. Yang membedakan adalah Boruto menjadi wadah Momoshiki secara tidak disengaja, di mana saat itu nyawa Momoshiki terancam dan akhirnya dia langsung memilih Boruto menjadi wadahnya. Sedangkan Kawaki harus melalui proses eksperimen terlebih dahulu.

Jigen

Seperti halnya Boruto dan Kawaki, Jigen merupakan wadah bagi seorang Otsutsuki yaitu Isshiki Otsutsuki. Jigen memiliki chakra Otsutsuki melalui segel Karma yang dia miliki. Sayangnya, berbeda dengan Kawaki yang hampir saja sepenuhnya menjadi milik Isshiki, Jigen sudah 100% di bawah kendali Isshiki, yang artinya sosok Jigen sudah tewas karena tubuhnya diambil alih Isshiki. Setelah Isshiki berhasil menguasai tubuh Jigen, Isshiki pun kemudian menjadi sosok yang ada di dalam tubuh Jigen. Jigen sendiri diperlihatkan tewas dalam pertarungan melawan Kashin Koji.

Klan Otsutsuki disebut-sebut sebagai klan terkuat di seluruh franchise Naruto saat ini. Dan rasanya memang wajar, karena mereka pada dasarnya adalah dewa. Mereka bukanlah manusia biasa. Namun, manusia biasa yang kemudian mewarisi atau mendapatkan chakranya secara langsung dari klan Otsutsuki bisa dipastikan akan menjadi sosok yang kuat. Dan para shinobi di atas adalah contohnya. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.