Superhero adalah sebuah simbol harapan dan kebenaran, tanpa terkecuali di DC Universe. Sekuat apapun ancaman yang membahayakan Bumi, kehadiran para superhero selalu berhasil memberikan harapan cerah bagi para manusia. Namun, tidak jarang juga para superhero justru harus kalah dan mati, tanpa terkecuali Superman dan Batman yang telah berkali-kali diceritakan mati di DC Universe. Menariknya, ternyata di antara para superhero yang diceritakan mati dan hidup kembali, ada lima superhero yang tidak pernah diceritakan mati sekali pun. Siapa saja mereka? Berikut 5 superhero DC yang tidak pernah mati.

Batgirl

Sebagai karakter DC yang merupakan bagian dari Bat-Family, sudah menjadi rahasia umum jika seorang karakter akan menderita, baik karena tekanan, maupun karena serangan dari villain yang kejam, tanpa terkecuali Batgirl. Superhero yang mempunyai nama asli Barbara Gordon ini telah melalui penderitaan yang mengerikan, dia pernah dibuat lumpuh oleh Joker. Setelah Joker menembaknya, Barbara tetap berjanji untuk terus membantu Batman, tetapi kali ini dengan indentitas baru sebagai Oracle. Hal tersebut membuktikan bahwa kematian tidak berani merenggut nyawa superheroin hebat ini.

Speedy

Dalam sejarah DC Universe, Roy Harper terkenal sebagai sidekick Green Arrow yang mengambil nama superhero Speedy. Nama yang dia punya ternyata bukan tanpa sebab, karena pada kenyataannya dia cukup cepat untuk selalu selamat dari bahaya. Ditambah lagi dengan masa lalunya sebagai mantan pemakai obat-obatan terlarang, terbukti bahwa dia selalu berhasil lolos dari kematian. Selain kemampuan memanah yang sangat hebat, Speedy juga tercatat sebagai salah satu pendiri Teen Titans. Dan setelah beranjak dewasa, Roy memilih untuk terus menantang kematian sebagai superhero bernama Arsenal.

Shazam

Billy Batson awalnya hanya seorang anak kecil yang mungkin akan terluka ketika terjatuh. Namun, setelah dia mendapatkan kekuatan yang bisa mengubahnya menjadi superhero dewasa ketika mengatakan “Shazam”, dia menjadi sosok yang diberkahi kebijaksanaan Solomon, kekuatan Hercules, stamina Atlas, kesaktian Zeus, keberanian Achilles, dan kecepatan Merkurius. Sehingga cukup masuk akal jika Billy alias Shazam tidak pernah diceritakan mati di semesta utama. Hal tersebut bisa dibilang sebagai prestasi yang membanggakan, mengingat salah satu musuhnya adalah Black Adam yang mengerikan.

Red Robin

Selama karirnya, bisa dibilang Tim Drake adalah salah satu karakter DC yang nyaris sempurna. Sebagai orang yang menjadi sidekick Batman, tentunya untuk bertahan hidup saja mungkin sudah menjadi hal yang sulit untuk dilakukan, apalagi dia harus mengimbangi karakter Batman. Maka dari itu, keberhasilan Tim yang tidak pernah diceritakan mati adalah sebuah prestasi yang jarang diraih. Hal tersebut karena Tim Drake adalah Robin yang terkenal cerdas dan sangat terampil. Setelah pensiun sebagai sidekick, bahkan Tim menjadi suphero bernama Red Robin yang terkenal sulit untuk dibunuh.

Zatanna

Sebagai anggota Homo Magi, Zatanna adalah salah satu pengguna sihir terbaik di DC Universe. Kemampuan umumnya memungkinkan dia untuk melakukan telepati, teleportasi, menyembuhkan luka, terbang, mengendalikan elemen, dan masih banyak lagi. Dengan kemampuannya yang banyak, tidak aneh mengapa dia tidak pernah diperlihatkan mati. Bahkan ketika menjadi anggota Justice League, Oliver Queen alias Green Arrow mengakui bahwa Zatanna adalah anggota terkuat di tim super pelindung alam semesta tersebut, padahal di dalamnya jelas-jelas ada Superman dan Wonder Woman.

Itulah 5 superhero DC yang tidak pernah diceritakan “mati”. Berbeda dengan superhero populer yang kematiannya selalu digunakan untuk memainkan emosi penggemar, kelima superhero ini telah membuktikan bahwa dengan tetap hidup mereka masih bisa menjadi karakter favorit. Bahkan dengan kisah yang terus berkelanjutan, tanpa perlu mengikuti ritual-ritual kebangkitan, mereka tetap membuktikan eksistensinya sampai sekarang.