Setelah kesuksesan beberapa serial asal Korea Selatan, Netlix kembali menayangkan serial menarik berjudul Hellbound. Serial bergenre horor thriller ini disutradarai dan ditulis langsung oleh Yeon Sang-ho, yang namanya makin terkenal secara internasional setelah menggarap film Train to Busan (2016) dan sekuelnya Peninsula (2020). Serial Hellbound sendiri berjumlah 6 episode, dan semua episodenya langsung dirilis oleh Netflix pada tanggal 19 November kemarin.

Hellbound bercerita tentang fenomena baru di Bumi, di mana sosok gaib akan menampakan diri pada seseorang dan memberi tahu tanggal sekaligus jam orang tersebut akan pergi ke neraka. Setelah waktu yang ditentukan tiba, kemudian 3 makhluk besar dan menyeramkan akan menyiksa dan membakarnya sampai hanya tersisa tulang-belulang. Kemudian seorang pemimpin sekte yang disebut Kebenaran Baru mencap fenomena “acak” tersebut sebagai hukuman dari Tuhan untuk para pendosa. Banyak sekali misteri yang belum terjawab di ending Hellbound. Berikut penjelasan ending dari serial Hellbound.

Bayi So-hyun Selamat

Di episode terakhir, fenomena misterius Hellbound mulai terasa aneh setelah seorang bayi yang baru lahir menerima ramalan kematiannya dari sosok gaib, padahal Kebenaran Baru percaya bahwa ramalan tersebut hanya diterima oleh para “pendosa”, dan tidak mungkin bayi yang baru lahir memiliki dosa. Sebagai ibu dari bayi tersebut, Song So-hyun yang kebingungan mendatangi markas Kebenaran Baru, hanya untuk pada akhirnya dipisahkan dari bayinya. Kebenaran Baru menyadari bahwa jika dunia tahu bahwa seorang bayi telah menerima ramalan, maka kepercayaan masyarakat pada “Tuhan” akan hilang.

Dibantu oleh Min Hye-jin dan organisasinya yang disebut SODO, kemudian ayah sang bayi, Bae Young-jae pergi menyelamatkan So-Hyun dan bayinya. Setelah berhasil lolos, Hye-Jin menyembunyikan mereka semua di rumah Lee Dong-wook, yang ternyata adalah Arrowhead yang juga menerima ramalan kematian lima menit setelah bayi So-hyun. Arrowhead sendiri adalah pemimpin organisasi radikal yang sangat membela “Tuhan” Kebenaran Baru. Dong-wook kemudian diam-diam melaporkan posisi sang bayi pada Kim Jeong-chil, ketua Kebenaran Baru.

menipu Dong-wook dan mengatakan bahwa Tuhan menunjuknya sebagai juru selamat yang harus menutupi “kesalahan Tuhan” karena telah meramal kematian seorang bayi. Dong-Wook yang tahu bahwa kematiannya adalah cara Tuhan untuk menutupi kesalahan-Nya, kemudian membunuh anak buah Hye-jin dan berusaha merebut bayi tersebut dari So-Hyun. Untungnya, Hye-jin menghalanginya dan menyuruh So-hyun untuk lari bersama bayinya. Namun, waktu yang ditentukan telah tiba, tiga makhluk eksekutor kemudian jatuh dari langit dan siap menyiksa bayi tersebut.

Young-jae yang baru datang langsung menaruh bayinya di antara dekapannya dan So-hyun agar bayinya selamat, sebelum ketiga makhluk tersebut membakar mereka berdua. Mengetahui bayi tersebut masih hidup, Dong-wook yang berhasil menghampiri mayat Young-jae dan So-hyun, langsung menghunuskan pisau untuk membunuh bayi tersebut karena dia merasa dirinya adalah juru selamat yang harus menjalankan titah Tuhan. Lagi-lagi Hye-jin menghalanginya, sampai akhirnya tiga makhluk yang kali ini bisa terbang langsung menyiksa dan membakar Dong-wook karena waktunya telah tiba.

“Kebenaran Baru” Mulai Hilang Kepercayaan

Saat kejadian mengerikan tersebut berlangsung, banyak masyarakat Korea Selatan yang menyaksikannya. Tidak lama setelah itu orang-orang Kebenaran Baru datang bersama polisi, dipimpin oleh Deacon Yu-Ji. Mengetahui bahwa mereka terlambat, Yu-Ji kemudian menyuruh anak buahnya mengejar Hye-jin yang membawa sang bayi. Mayarakat yang mulai hilang kepercayaan pada Kebenaran Baru kemudian menghalangi polisi dan Kebenaran Baru. Di mana hal tersebut menyulut emosi Yu-Ji yang langsung memukuli seorang kakek yang mengatakan bahwa Kebenaran Baru hanya sekelompok penipu.

Polisi yang melihat hal tersebut kemudian menangkap Yu-Ji atas tuduhan penyerangan warga sipil. Dari titik ini sepertinya Kebenaran Baru mulai goyah, sebagian masyarakat Korea Selatan sudah tahu bahwa “ramalan bayi” dan “arogansi Kebenaran Baru” adalah fakta yang mereka coba tutupi selama ini. Kemungkinan besar di Season 2 nanti masyarakat akan mulai meragukan Kebenaran Baru dan sosok gaib yang selama ini mereka anggap Tuhan.

Hye-jin Kabur Bersama Bayi So-hyun

Hye-jin yang berhasil kabur dari Kebenaran Baru dan polisi kemudian menaiki taksi untuk menjauh dari tempat kejadian. Setelah meyuruh sopir taksi untuk membawanya ke jalan raya, sopir tersebut justru malah berbelok. Hye-jin yang curiga kemudian bertanya mengapa taksinya tidak melewati jalan besar. Sopir taksi tersebut ternyata mengetahui kejadian yang terjadi dari siaran langsung di media sosial. Sopir tersebut berniat menjauhkan Hye-jin dan bayi yang dibawanya dari polisi.

Sopir taksi tersebut kemudian mengatakan bahwa “Saya tidak tahu banyak tentang Tuhan, dan saya bahkan tidak peduli,” kata sopir taksi kepada Hye-jin. “Tetapi satu hal yang saya tahu bahwa dunia ini milik manusia. Dan kita harus menyelesaikan masalah kita sendiri.” Pesan dari sopir taksi ini cukup jelas mewakili masyarakat Korea Selatan yang sebagian besar adalah ateis. Dia tahu bahwa sudah saatnya melawan yang katanya “kehendak Tuhan”. Sepertinya kalimat sopir taksi tersebut akan menjadi plot awal Hellbound Season 2 yang akan mengungkap misteri sosok gaib dan tiga eksekutornya.

Jung-ja Kembali Hidup

Di akhir, mayat Park Jung-ja yang empat tahun lalu dibakar oleh tiga makhluk eksekutor dan ditaruh di dalam kotak kaca oleh Kebenaran Baru, tiba-tiba bergerak kembali dan kembali hidup sebagai manusia utuh. Serial Hellbound pun akhirnya selesai dengan meninggalkan misteri gantung dari Season 1. Mengapa Jung-ja kembali hidup, apakah artinya mayat yang lain juga akan kembali hidup? Apakah itu artinya pendiri Kebenaran Baru Jung Jin-soo akan hidup kembali juga? Sepertinya pertanyaan tersebut akan terus menjadi misteri sampai Hellbound Season 2 dirilis pada masa yang akan datang.

Namun, ada kemungkinan untuk kasus kebangkitan Jung-ja, sosok gaib yang telah membunuhnya berniat untuk menyuruh Jung-ja kembali membuat manusia percaya akan kehendak Tuhan. Jung-ja sendiri adalah korban sosok gaib pertama yang merelakan penyiksaan dirinya ditayangkan di seluruh stasiun TV Korea Selatan setelah menerima bayaran 3 miliar won dari Kebenaran Baru. Ada kemungkinan juga Jung-ja yang sekarang tampaknya adalah sosok malaikat atau setan yang masuk ke tubuh Jung-Ja.

Masih ada banyak pertanyaan yang belum terjawab, termasuk ke mana Hye-jin akan membawa bayi tersebut, karena kemungkinan bayi tersebut akan menjadi kunci untuk menggulingkan Kebenaran Baru dan mengungkap sosok gaib yang selama ini memberi ramalan kematian secara acak. Sepertinya semua akan terjawab di Hellbound Season 2 mendatang. Sejauh ini masih belum ada pernyataan resmi dari Netflix dan sutradara Yeon Sang-ho terkait nasib Hellbound Season 2. Jadi, kita nantikan saja ya, Geeks.

 

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.