Tongkat sihir adalah elemen yang paling penting yang harus dimiliki oleh para penyihir di semesta Harry Potter. Karena pada dasarnya tongkat sihir adalah media untuk menyalurkan mantra yang dirapal oleh penggunanya. Walaupun ada pepatah Harry Potter yang mengatakan bahwa kehebatan sebuah tongkat sihir tergantung dari penggunanya sendiri, tetapi pada kenyataannya ada beberapa tongkat sihir yang sengaja diciptakan untuk memaksimalkan kekuatan penggunanya. Dari sekian banyak tongkat sihir “spesial”, berikut 5 tongkat sihir paling sakti di semesta Harry Potter!

Tongkat Sihir Bellatrix

Bellatrix adalah tangan kanan Lord Voldemort yang sebenarnya kemampuannya masih kalah dari Severus Snape, tetapi karena tongkatnya yang misterius dia terkesan sangat kuat dan menyeramkan. Tidak ada yang tahu kayu dan core apa yang digunakan untuk membuat tongkat sihir ini, yang jelas karena Bellatrix telah menggunakan tongkat sihirnya untuk membunuh banyak orang, bahkan Harry Potter dan Hermione tidak sanggup untuk memegangnya terlalu lama.

Saat perang terakhir di Hogwart, Bellatrix menggunakan tongkat sihirnya untuk membunuh Nymphadora Tonks, sebelum akhirnya dia dibunuh juga oleh Molly Weasley. Ada kemungkinan Molly bisa menggunakan tongkat sihir menyeramkan ini karena dia adalah orang yang telah mengalahkan Bellatrix.

Tongkat Sihir Harry Potter

Sebagai karakter protagonis, tentunya Harry Potter membutuhkan tongkat yang bisa memaksimalkan kekuatannya saat melawan Voldemort dan anak buahnya. Tongkat sihir terakhir Harry Potter ini terbuat dari kayu ranting holly dan diisi dengan core dari bulu Fawkes, burung phoenix milik Dumbledore.

Sementara tongkat sihir ini sempat patah, Harry kemudian memperbaikinya lagi dengan menggunakan tongkat sihir Elder. Tongkat sihir ini terbukti bisa menahan sihir kegelapan dari Voldemort, dan bahkan bisa memaksimalkan sihir pelindung sampai ke tingkat di mana seluruh murid Hogwart bisa terlindungi dari sihir kegelapan.

Tongkat Sihir Voldemort

Walaupun tampak seperti terbuat dari tulang belulang, tongkat sihir Voldemort sebenarnya terbuat dari kayu Yew. Sama seperti tongkat sihir Harry Potter, tongkat sihir ini juga diisi dengan bulu phoenix Fawkes. Ha tersebut karena Garrick Ollivander membuat tongkat sihir ini kembar dengan tongkat sihir milik Harry Potter.

Tongkat sihir ini juga yang telah merenggut nyawa kedua orang tua Harry Potter, yaitu James dan Lily Potter, termasuk banyak nyawa lainnya yang sudah tidak terhitung lagi jumlahnya. Dari segi kemampuan, tongkat sihir milik Voldemort ini telah membuktikan kehebatannya saat digunakan untuk membuat Horcruxes dan menyalurkan sihir Avada Kedabra dengan sangat kuat.

Tongkat Sihir Dumbledore

Albus Dumbledore telah memiliki tongkat sihir ini sejak umurnya sebelas tahun. Kayu dan corenya sendiri masih belum terungkap, tetapi tongkat sihir ini terbukti kuat karena bisa menahan kekuatan sihir yang besar dari Dumbledore. Dari segi kekuatan, tongkat sihir ini membuktikan dirinya saat Dumbledore berhasil mengalahkan Gellert Grindelwald yang pada saat itu menggunakan tongkat sihir Elder. Konon tongkat sihir Elder sendiri adalah tongkat sihir terkuat di semesta Harry Potter.

Tongkat Sihir Elder

Setelah sempat mengalahkan Grindelwald, pada akhirnya Dumbledore sempat menguasai tongkat sihir Elder ini, sebelum akhirnya digunakan oleh Harry Potter saat pertarungan terkahir melawan Voldemort. Tongkat sihir ini merupakan salah satu dari tiga benda sihir paling sakti, selain Resurrection Stone dan Cloak of Invisibility. Elder terbuat dari kayu elder yang diisi dengan bulu ekor Thestral sebagai core-nya. Konon hanya penyihir yang rela mati yang bisa menguasai tongkat sihir Elder ini. Hanya ada beberapa penyihir saja yang bisa menggunakannya, bahkan Lord Voldermort sendiri tidak mampu menguasainya.

Itulah 5 tongkat sihir paling sakti di semesta Harry Potter, yang terbukti dapat memaksimalkan potensi pengguna sampai ke tingkat di mana tongkat sihir biasa akan patah. “Core” dari masing-masing tongkat sendiri terbukti telah menjadi katalis yang mampu menghemat energi pengguna, sekaligus memaksimalkan output sihirnya. Jika kalian menjadi murid Hogwart, tongkat sihir mana yang paling sesuai dengan selera kalian, Geeks?

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.