Dengan apa yang diperlihatkan dalam chapter sebelumnya di pertempuran Onigashima, Zoro sepertinya akan berhasil membuat pedang Enma berubah menjadi pedang hitam atau Black Blade. Sampai sejauh ini, informasi mengenai Black Blade memang masih terbatas. Oda Sensei belum memberikan banyak penjelasan mengenai pedang hitam, dan bahkan tidak banyak juga pedang yang diketahui menjadi bagian dari pedang hitam. Tetapi, ada beberapa hal yang sudah diketahui mengenai Black Blade. Pertama, sebuah pedang bisa berubah menjadi Black Blade dengan cara sering menggunakannya dalam pertarungan.

Kedua, penggunaan Haki secara konstan juga menjadi salah satu cara untuk mengubah pedang menjadi Black Blade seperti yang pernah diungkapkan oleh Tenguyama Hitetsu. Ketiga, adanya “koneksi” antara sang pemilik pedang dan pedangnya. Pemilik pedang hitam biasanya sudah menganggap pedangnya bukan lagi sebagai senjata, melainkan bagian dari dirinya dan perpanjangan dari tangannya.

Ketika seseorang berhasil merubah pedangnya menjadi Black blade, maka tingkat pedangnya akan berubah dan serangan yang dihasilkan pun jauh lebih mengerikan. Enma sendiri merupakan salah satu pedang yang pernah digunakan oleh Kozuki Oden, selain Ame no Habakiri. Kedua pedang itu pernah digunakan untuk melukai Kaido, yang bekas lukanya masih ada sampai sekarang.

Enma dikenal karena kemampuannya yang bisa menyerap Haki pemiliknya. Karena itu, jika pemiliknya tidak bisa mengendalikan Enma, bukan tidak mungkin mereka akan kelelahan. Menurut Tenguyama, hanya Oden yang mampu mengendalikan Enma. Ada kemungkinan Oden menggunakan Haki miliknya yang membuat dia berhasil “menaklukan” Enma.

Seperti halnya Oden, Zoro pun harus menggunakan Haki miliknya untuk bisa mengendalikan dan menguasai Enma. Berbicara mengenai hal ini, terdapat sebuah teori yang menarik yang mengatakan bahwa Zoro bukan akan menguasai pedang Enma seperti yang pernah dilakukan oleh Kozuki Oden, tetapi dia akan menyatu dengan pedang tersebut.

Seperti yang diungkapkan oleh Tenguyama di atas, bahwa Kozuki Oden hanya mampu untuk menaklukan Enma, bukan dengan menjalin koneksi atau menyatu dengan Enma dan Ame no Habakiri. Inilah mungkin alasan mengapa kemudian meskipun sudah bertahun-tahun Oden mendapatkan kedua pedang tersebut, dia belum mampu merubahnya menjadi Black Blade.

Berbeda dengan Dracule Mihawk, yang mana dengan penggunaan konstan Haki miliknya ditambah adanya koneksi antara dia dan Yoru, membuat Mihawk pada akhirnya berhasil merubah Yoru menjadi Black Blade. Hal ini juga yang diperkirakan akan terjadi dengan Enma ketika berada di tangan Zoro. Dengan Zoro yang bertekad untuk menjadi ahli pedang terbaik di dunia, maka Zoro perlu melakukan hal yang sama seperti Mihawk.

Artinya, Zoro memiliki peluang untuk merubah Enma menjadi Black Blade. Dalam bocoran chapter 1032, diketahui bahwa Enma menunjukan reaksi aneh ketika mendengar suara shamisen yang dimainkan oleh Kozuki Hiyori. Mungkin ini menjadi pertanda awal kebangkitan kekuatan dari Enma, yang menjadi kesempatan bagi Zoro untuk bisa menyatu dengan pedang ini.

Yang menarik juga adalah bagaimana adanya kemungkinan bahwa bukan hanya Enma yang akan menjadi Black Blade, melainkan kedua pedang lainnya yang dimiliki Zoro yaitu Wado Ichimonji dan Sandai Kitetsu. Dengan begitu, Zoro akan menjadi ahli pedang pertama yang memiliki tiga Black Blade sekaligus. Kita nantikan saja ya Geeks apakah Zoro akan mampu melakukan hal tersebut.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.