Siapa yang tidak terhibur setelah melihat robot di tayangan serial atau film Hollywood? Sepertinya semua orang sudah tahu bahwa robot adalah elemen penting dalam sebuah film sci-fi, dan juga film-film bergenre lainnya yang memungkinkan adanya robot. Baik film aksi, bencana, bahkan drama, sangat memungkinkan untuk melibatkan robot sebagai karakter pendukung yang membuat ceritanya lebih dramatis. Di Hollywood ada beberapa robot penolong yang menggemaskan dan juga tidak jarang mereka diperlihatkan memiliki sisi yang sangar. Siapa saja mereka? Berikut 5 robot penolong terbaik di film Hollywood!

EVE dari WALL-E

WALL-E (2008) adalah film animasi sukses dari Pixar yang bercerita tentang Bumi pada masa depan, di mana seluruh manusia makin malas karena semuanya sudah terpenuhi dengan adanya teknologi yang sangat maju. Bumi sudah tidak nyaman lagi untuk ditinggali, semua daratan dipenuhi sampah yang menggunung, dan di sini karakter utama, yaitu robot bernama WALL-E (Waste Allocation Load Lifter: Earth) bercita-cita untuk menghijaukan kembali Bumi.

Tidak dipungkiri bahwa Wall-E adalah robot menggemaskan yang sangat baik, tetapi petualangannya tidak akan berjalan lancar jika dia tidak ditolong oleh robot menawan bernama EVE (Extraterrestrial Vegetation Evaluator). EVE adalah robot penolong yang sangat ideal untuk misi WALL-E, ditambah lagi kisah romansa di antara mereka berdua jauh lebih mengharukan dari kebanyakan drama-drama FTV.

Baymax dari Big Hero 6

Jika tadi EVE dari Pixar, robot yang satu ini datang dari Studio Animasi Disney, dia adalah Baymax (Scott Adsit) yang muncul pertama kali di film Big Hero 6 (2014). Dengan desainnya sederhana, ternyata Baymax menyimpang segudang keahlian. Diciptakan pertama kali oleh Tadashi Hamada sebagai robot kesehatan, sampai akhirnya Tadashi tewas, dan adiknya yang bernama Hiro Hamada menjadi pemilik Baymax berikutnya.

Hiro kemudian mempersenjatai Baymax dengan armor merah yang membuatnya tampak gagah dan juga lebih hebat dalam bertarung. Namun, tetap saja, pada dasarnya Baymax adalah robot penolong yang baik hati dan menggemaskan. Pada musim panas tahun depan, rencananya Disney+ akan menayangkan serial solo Baymax! yang berfokus pada kehidupan sehari-hari Baymax dalam mengawasi dan menolong kesehatan warga San Fransokyo.

BB-8 dari Star Wars

Tanpa mengesampingkan robot R2-D2 dan C-3PO, BB-8 adalah robot penolong yang muncul di Star Wars “Skywalker Saga” (2015-2019). Dari semua yang dihadirkan di “Skywalker Saga”, BB-8 adalah salah satu hal yang paling menghibur. Hal tersebut karena BB-8 hadir sebagai robot menggemaskan yang menggelinding kesana kemari. Dia adalah robot yang sangat setia, dari ketiga filmnya BB-8 sangat dekat dengan karakter utama Rey dan pilot Poe Dameron. Ketika BB-8 disamping mereka berdua, hampir bisa dipastikan bahwa mereka berdua akan selamat, karena BB-8 selalu berhasil menyelamatkan mereka.

Jeff dari Finch

Dari semua robot penolong di sini, mungkin Jeff adalah robot yang paling baru melakukan debutnya. Jeff (Caleb Landry Jones) adalah robot penolong di film Finch (2021), yang diciptakan oleh Finch Weinberg (Tom Hank) sebagai robot pejaga anjing. Film Finch berlangsung pada masa pasca-apokaliptik, diceritakan bahwa badai matahari telah membuat Bumi menjadi tempat tandus yang sangat panas, di mana hanya beberapa orang saja selamat.

Mengetahui bahwa umurnya tidak panjang, Finch kemudian membuat robot humanoid bernama Jeff untuk menjaga anjingnya yang bernama Goodyear ketika dia mati. Memory Jeff dimasukan banyak pengetahuan tentang anjing, begitu juga dengan rasa kasih sayang terhadap anjing. Jeff adalah robot yang luar biasa di filmnya, dia mempunyai emosi seperti manusia, bahkan terkadang dia lupa bahwa dirinya adalah robot. Bagi yang belum menonton film Finch, kalian bisa menyaksikannya di saluran streaming Apple TV+, Geeks.

Optimus Prime dari Transformers

Robot penolong yang terakhir adalah Optimus Prime (Peter Cullen) dari Transformers (2007-2018). Optimus adalah robot pemimpin Autobots yang bercita-cita ingin melindungi Bumi dari para Decepticons. Dia adalah robot yang terkenal bijaksana sekaligus tegas, tetapi tetap humanis. Sebagai robot dari planet lain, Optimus menganggap Bumi sebagai rumah keduanya, di mana manusia adalah sesuatu yang harus dia jaga.

Dengan semua perasaannya tersebut, cukup masuk akal jika dia termasuk ke dalam robot penolong terbaik di film Hollywood. Optimus Prime rencananya akan kembali beraksi dan menolong manusia dari ancaman Terrorcons di film Transformers: Rise of the Beast yang rencananya akan dirilis pada 9 Juni 2023.

Bagaimana, Geeks, kalian setuju jika kelima robot ini menjadi robot penolong terbaik di Hollywood? Atau kalian punya kandidat lain? Yang jelas siapa pun robotnya, apa pun filmnya, cukup jelas bahwa robot penolong adalah elemen terbaik dalam sebuah film, khususnya karena mereka diperlihatkan memiliki perasaan manusia yang bahkan lebih dari manusia asli. Kita nantikan aksi mereka selanjutnya di film-film yang akan datang ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.