Senjata kuno merupakan salah satu topik pembahasan yang masih cukup ramai diperbincangkan di kalangan fans One Piece. Hal ini wajar memang mengingat masih misteriusnya senjata kuno, khususnya Uranus. Kita juga masih belum mengetahui apa sebenarnya tujuan diciptakannya senjata kuno dan siapa yang membuat senjata kuno. Apakah memang Ancient Kingdom atau kerajaan kuno yang membuatnya?

Berbicara mengenai senjata kuno, khususnya Uranus, terdapat sebuah menarik yang menyebutkan bahwa ada kemungkinan keterkaitan atau koneksi antara Usopp dan senjata tersebut. Seperti apa koneksinya? Hal ini berkaitan juga dengan sosok Mont Blanc Noland, sosok petualang sebelum sosok Gol D. Roger muncul.

Seperti yang dijelaskan dalam ceritanya, ratusan tahun sebelum Roger menjadi bajak laut dan menasbihkan diri menjadi raja bajak laut, terdapat seorang petualang yang sudah bertualang ke berbagai lautan. Dan sosok tersebut adalah Mont Blanc Noland. Salah satu tempat yang pernah Noland kunjungi adalah kerajaan Tontatta, rumah bagi para kurcaci.

Pada saat itu, Noland datang ke kerajaan tersebut dan menolong para kurcaci. Noland membantu mereka untuk menghadapi “manusia jahat” yang menghancurkan wilayah mereka. Berkat hal tersebut, Noland pun kemudian dianggap sebagai pahlawan besar mereka. Bahkan, Noland dibuatkan patung mewah oleh para kurcaci.

Ratusan tahun kemudian, Usopp bersama kru Topi Jerami mengunjungi kerajaan tersebut. Yang menarik adalah Usopp mengaku sebagai keturunan dari Noland, dengan nama Usoland. Sifat kurcaci yang polos membuat mereka percaya dengan apa yang diucapkan oleh Usopp. Ini menunjukan bahwa setelah ratusan tahun sekali pun, mereka tetap menganggap Noland sebagai pahlawan.

Geeks mungkin tahu bagaimana Oda Sensei sering kali mewujudkan apa yang sebelumnya menjadi kebohongan dari Usopp. Ada banyak kebohongan yang pernah diucapkan oleh Usopp yang justru menjadi kenyataan. Contohnya adalah ketika Usopp sering kali berbohong mengenai kemunculan kelompok bajak laut di desa Syrupp, yang sengaja dia lakukan untuk menakut-nakuti warga.

Tetapi, kebohongan Usopp kemudian menjadi nyata dengan kemunculan kelompok bajak laut Black Cat di desa itu. Dan contoh yang paling nyata adalah ketika Usopp bercerita tentang petualangannya ke sebuah wilayah yang seluruh penduduknya adalah para kurcaci. Pada chapter 711 kemudian kita benar-benar diperkenalkan dengan wilayah para kurcaci di arc Dressrosa yaitu kerajaan Tontatta. Berdasarkan hal tersebut, pertanyaanya adalah bagaimana jika yang diungkapkan oleh Usopp adalah fakta? Bagaimana jika Usopp memang adalah keturunan dari Noland?

Pada chapter 227, Nami diperlihatkan menemukan sebuah buku cerita bergambar milik Mont Blanc Cricket. Setelah selesai membaca ceritanya, Nami pun kemudian “membandingkan” sosok Noland dengan Usopp. Dia mengatakan bahwa si pembohong – yaitu Noland – akhirnya harus tewas tanpa bisa mewujudkan mimpinya menjadi sosok pejuang lautan.

Usopp pun marah ketika Nami mengatakan hal di atas sambil menatap Usopp. Meskipun terlintas adegan ini terlihat seperti sebuah momen komedi di ceritanya, tetapi bisa jadi ini adalah petunjuk yang dihadirkan oleh Oda Sensei. Ada beberapa kesamaan antara Usopp dan Noland. Misalnya Noland dahulunya adalah seorang ahli tanaman (botanis), sedangkan Usopp sekarang pun sangat ahli dalam hal tanaman. Dia bahkan menggunakan Pop Greens sebagai senjatanya.

Kesamaan lainnya adalah baik Noland atau pun Usopp sama-sama dijuluki si pembohong. Hal ini dikarenakan baik Noland maupun Usopp dianggap sering kali melontarkan kebohongan atau bualan, menurut orang-orang di sekitarnya. Padahal, tanpa mereka sadari apa yang dianggap orang lain bohong dari ucapan Noland merupakan fakta sebenarnya. Sedangkan, di sisi lain, semua kebohongan Usopp sekarang menjadi kenyataan.

Koneksi Usopp dan Uranus

Berdasarkan penjelasan di atas, kita tahu bahwa Oda Sensei senang mewujudkan apa yang menjadi kebohongan Usopp selama ini. Usopp selalu bermimpi untuk menjadi sosok paling berani di lautan (brave warrior of the sea). Dia selalu ingin menjadi sosok yang dihormati dan ditakuti, serta memiliki peran penting dalam sejarah dunia. Perlahan tetapi pasti hal itu sepertinya akan diwujudkan oleh Oda Sensei.

Bagaimana kemudian kebohongan Usopp tersebut tewujud dan bagaimana bisa Usopp terkoneksi dengan Uranus? Seperti yang kita ketahui Oda Sensei senang menghadirkan berbagai cerita mitologi dalam seri One Piece. Ada asumsi bahwa Oda Sensei menghadirkan kisah mitologi Uranus dan Heracles dalam hal ini.

Ketika time-skip selama dua tahun di pulau Boin, Usopp berlatih bersama seseorang bernama Heracles. Dia mengajari Usopp berbagai hal, termasuk penggunaan Pop Greens. Yang menarik adalah Heracles merupakan anak dari Zeus, sang dewa petir, dalam mitologi Yunani. Kemudian, Uranus sendiri adalah “Dewa Langit” dalam cerita mitologi dan merupakan suami dari Gaea.

Dalam bahasa Jepang, “Gaea” bisa ditulis dan dilafalkan sebagai “kaya.” Di cerita One Piece, Kaya merupakan karakter wanita yang dekat dengan Usopp di desa Syrupp. Dia selalu mendengarkan cerita-cerita Usopp meskipun Kaya tahu bahwa semua itu hanyalah bualan atau kebohongan Usopp semata. Kaya pun sebenarnya menyimpan perasaan terhadap Usopp, yang mana, lagi-lagi, ini seolah menjadi petunjuk bawah Usopp akan mampu mengendalikan Uranus berdasarkan referensi kisah Uranus dan Gaea.

Berdasarkan penjelasan di atas, poin-poin pentingnya adalah Usopp dekat dengan sosok Kaya, yang bisa jadi merupakan referensi dari dewa Gaea, istri Uranus. Kemudian, Usopp juga berlatih dengan sosok Heracles saat time-skip, yang mana Heracles adalah anak dari sang dewa petir. Jadi, rasanya masuk akal jika Usopp memiliki koneksi yang sangat dekat dengan Uranus, jika mengacu pada poin-poin penting tersebut.

Lalu, Apa Itu Uranus?

Uranus sampai saat ini masih belum diketahui seperti apa bentuknya. Apakah benda atau manusia atau makhluk hidup. Tetapi, ada yang meyakini bahwa uranus merupakan senjata yang berkaitan dengan bulan, pulau langit, dan telur besar yang ada di kapal Oro Jackson. Pertama, dalam kehidupan nyata, bulan mampu memengaruhi pasang surutnya air di laut. Ketika bulan mendekati bumi, maka dipastikan permukaan air laut akan meningkat dan gelombang tinggi pun bermunculan.

Kedua, Uranus juga kemungkinan memiliki koneksi dengan cerita mitologi dewa Uranus. Dalam cerita mitologinya disebutkan bahwa dewa Uranus memiliki kemampuan untuk mengendalikan cuaca dan udara. Kemudian yang terakhir, Uranus pun diteorikan memiliki koneksi dengan telur raksasa yang ada dikapal Oro Jackson.

Oda Sensei masih belum memberikan informasi apa pun mengenai telur raksasa tersebut, tetapi mungkin ada kaitannya dengan senjata kuno. Mungkin inilah alasan mengapa Shiki mengajak kerja sama Roger ketika dia mengetahui bahwa Roger memiliki telur raksasa tersebut. Artinya Shiki tahu bahwa telur raksasa tersebut adalah benda yang penting, yang mana dalam hal ini memiliki keterkaitan dengan Uranus.

Lalu, bagaimana ketiga hal tersebut bisa saling terkait dan memiliki koneksi dengan Uranus? Nami dan Zeus pun menjadi kunci utama dalam hal ini. Ada kemungkinan Luffy dan kru Topi Jerami mungkin akan mendapatkan telur raksasa tersebut, dan kemudian isi dari telur tersebut dimakan oleh Zeus. Di sisi lain, Usopp kemudian akan menembak bulan dan menghancurkannya. Hancurnya bulan akan menyebabkan gangguan gelombang besar di dunia.

Setelah itu, peran Shirahoshi dan Uranus pun dimulai. Dengan menggunakan kemampuannya mengendalikan Sea Kings, Shirahoshi akan menyelamatkan para manusia ikan. Mereka semua akan diangkat ke daratan dengan menggunakan perahu bahtera (Noah’s arc) yang tersimpan di pulau manusia ikan. Di sisi lain, Usopp dengan menggunakan Uranus akan mengendalikan cuaca dan situasi di seluruh Grand Line, memastikan proses pemindahan manusia ikan ke daratan baik-baik saja.

Peristiwa ini akan memenuhi prediksi dari Madam Shirley yang sebelumnya menyebutkan bahwa Luffy menjadi penyebab hancurnya pulau manusia ikan. Luffy memang akan menghancurkan pulau manusia ikan, tetapi untuk tujuan yang lebih baik. Ketika pulau tersebut hancur, para manusia ikan akan hidup dengan damai berdampingan dengan para manusia di daratan.

Di sisi lain, peristiwa ini akan mewujudkan apa yang sebelumnya menjadi salah satu kebohongan terbesar Usopp yaitu menjadi orang paling kuat dan berani di lautan. Usopp akan menjadi sosok yang dihormati seperti yang dia inginkan, setelah dia berhasil membuat seluruh manusia ikan hidup berdampingan dengan manusia. Dan Usopp juga akan dihormati setelah apa yang dia lakukan dengan Uranus.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.