Eternals merupakan film terbaru Marvel yang membawa ras kosmik Eternal, Deviant, dan Celestial ke Marvel Cinematic Universe. Sementara Eternal dan Deviant adalah tambahan yang menarik bagi MCU, kehadiran Celestial adalah yang paling mengejutkan di antara semuanya. Dibandingkan dengan semua makhluk yang pernah muncul di Marvel Cinematic Universe, sejauh ini sepertinya Celestial adalah yang paling kuat dan tidak masuk akal, bahkan kehadiran mereka membuat Thanos seperti tidak ada apa-apanya.

Di film Eternals, ada banyak Celestial yang terlihat, tetapi yang paling mencolok adalah Arishem the Judge dan Dreaming Celestial Tiamut. Sementara peran Arishem adalah mengutus Eternal ke Bumi, Tiamut justru sudah ada di perut Bumi dan siap menghancurkannya dari dalam. Hal tersebut secara tidak langsung membuat Tiamut menjadi ancaman utama di filmnya. Untuk lebih mengenal siapa Tiamut, dan mengetahui mengapa dia menjadi ancaman terbesar Bumi. Simak di bawah ini, Geeks!

Origin Tiamut

Di Marvel Comics, Tiamut juga mempunyai julukan seperti Celestial lain. Tiamut the Communicator atau Tiamut the Dreamer. Celestial berwarna emas ini diciptakan oleh sang legenda Jack Kirby dan pertama kali diceritakan di komik Eternals #18 (1977). Diceritakan bahwa Tiamut adalah salah satu Celestial penting yang membantu entitas super sakti bernama Fulcrum untuk berkomunikasi dengan Celestial lain, termasuk memerintahkan ras tandingan Celestial, yaitu Horde, untuk mengumpulkan energi kehidupan dan menyerahkannya pada Fulcrum.

Diceritakan di komik Eternals Vol. 4 #2 (2008), Fulcrum adalah tuan dari Celestial, Horde, dan Watchers. Dia adalah entitas yang akan menerima energi kehidupan dari planet yang di uji coba dan dihancurkan oleh Celestial. Jika energi tersebut berisi kemenangan Eternal, maka energinya akan diberikan pada Celestial. Namun, jika energinya berisi kemenangan Deviant, maka energi tersebut akan diberikan pada Horde.

Pada saat Host Celestial Kedua berlangsung, Tiamut pernah mencoba memerintahkan para Celestial lain untuk menyerang Arishem, karena Arishem tidak ingin menghancurkan Bumi. Namun, Tiamut juga justru diserang oleh Celestial lain, yang menyegel tubuhnya di Pegunungan Diablo, California, dan membuatnya tertidur selama berabad-abad. Tiamut pernah beberapa kali bangkit, yang pertama pada tahun 1906 saat segel ruangannya rusak. Sebelum sempat bangkit sepenuhnya, para Eternal datang dan memberbaiki ruangannya dengan Uni-Mind.

Kemudian Tiamut sempat hampir bangkit saat Deviant Ghaur mencoba untuk menguasai kekuatan Tiamut, yang justru dimanfaatkan Tiamut untuk membangunkan dirinya dari tidur. Syukurnya kerja sama antara Eternal dan Avengers berhasil menidurkan kembali sang Dreaming Celestial. Beberapa tahun kemudian, Deviant kembali membangunkan Tiamut, tetapi kali ini dia berlawanan dengan keinginan sebelumnya yang ingin menghancurkan Bumi. Sekarang justru dia melawan sekelompok Horde yang ingin menghancurkan Bumi, dan memohon pada Fulcrum untuk membiarkan Bumi apa adanya.

Sejak saat itu, Tiamut terkenal sebagai Celestial San Fransisco. Dia sering berdiri seperti patung di dekat jembatan Golden Bridge, tepatnya di Taman Golden Gate. Para turis menganggap Tiamut sebagai objek wisata. Sayangnya di komik Age of Apocalypse #14 (2013), Tiamut menemui ajalnya di tangan salah satu Exterminator, ras yang diciptakan oleh Celestial dari kegelapan. Seharusnya Exterminator itu sendiri sudah dikurung di luar universe oleh Celestial, karena dianggap monster yang tidak bisa dikendalikan. Namun, salah satunya berhasil lolos dan datang ke Bumi untuk kemudian menyerap Tiamut.

Kekuatan Tiamut

Pada dasarnya, Tiamut mempunyai kekuatan yang hampir sama seperti Celestial lain, yaitu kekuatan kosmik yang tidak terbatas dan hampir tidak bisa dibunuh. Kekuatan kosmik dahsyat dari Tiamut bahkan diakui oleh sang pemakan planet Galactus dan Uatu the Watcher. Tiamut juga tidak terikat dengan ruang dan waktu, dia bisa ke mana saja sesuka hatinya, tetapi entah mengapa dia sangat menyukai berada di Bumi, dari mulai ingin menghancurkannya sampai akhirnya mati sebagai pelindung Bumi.

Selain sakti, armor emas yang dikenakan Tiamut juga sangat kuat, saking kuatnya bahkan bisa menahan serangan nuklir dan serangan yang dapat menhancurkan planet sekali pun. Namun, dibanding itu semua, ada satu yang membuatnya unik dan spesial dibanding Celestial lain, yaitu keinginannya untuk melakukan perlawanan pada Fulcrum. Tiamut adalah satu-satunya Celestial yang pernah bertanya pada Fulcrum tentang arti keberadaan dirinya yang sebenarnya, sementara Celestial lain sangat menurut pada Fulcrum tanpa ada sepatah kata pun untuk membantah.

Tiamut di MCU

Setelah Celestial Arishem the Judge mengungkapkan tujuan Eternal yang sebenarnya pada Sersi, terungkap bahwa selama ini para Eternal ditugaskan di Bumi untuk menjaga kehidupan tetap stabil dan seimbang, sehingga Tiamut bisa terlahir dengan energi kehidupan yang dia dapatkan dari makhluk hidup di Bumi. Diceritakan bahwa pada planet tertentu terdapat benih Celestial yang akan terlahir sebagai Celestial baru. Namun, karena planet tersebut berfungsi sebagai “cangkang telur”, maka ketika Celestial bangkit, planet tersebut akan musnah. Nantinya, Celestial tersebut akan menciptakan galaksi baru.

Di akhir film Eternals, untuk mencegah Tiamut bangkit dan menghancurkan Bumi, para Eternal seperti Sersi, Phastos, Thena, Makkari, dan Druig mencoba membuatnya kembali tertidur dengan Uni-Mind. Sementara awalnya sempat diganggu oleh Ikaris dan Sprite, pada akhirnya Sersi berhasil menjadi Prime Eternal dan kemudian dia membekukan Tiamut yang kepala dan tangannya sudah muncul ke permukaan. Masih belum jelas apakah Tiamut telah mati atau hanya kembali tertidur, seperti di Marvel Comics. Karena jika dia masih hidup, ada kemungkinan dia akan kembali aktif pada masa depan MCU.

Baik di Marvel Comics, maupun di MCU, cukup jelas bahwa Tiamut adalah Celestial penting yang mempunyai ikatan khusus dengan Bumi. Ada spekulasi juga yang mengatakan bahwa pada masa depan MCU, Jasad Tiamut akan dijadikan markas baru Avengers, sama seperti yang terjadi di Marvel Comics, di mana markas baru Avengers Mountain terbuat dari jasad Celestial Progenitor. Dan jika benar, maka sekarang tinggal bagaimana para Avengers tersebut bisa berkumpul dan menjadikan Tiamut sebagai markas barunya. Dengan energi kosmik yang tersisa di jasadnya, tampaknya Tiamut adalah tempat yang ideal bagi Avengers.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.