One Piece merupakan harta karun terbesar yang diketahui berada di pulau terakhir yaitu Laugh Tale. Masih belum diketahui apa sebenarnya One Piece dan siapa yang menaruhnya di sana. Tetapi, banyak fans kemudian berasumsi bahwa One Piece merupakan harta karun yang sengaja ditinggalkan oleh sosok bernama Joy Boy.

Setelah ratusan tahun, Gol D. Roger kemudian menjadi orang pertama/bajak laut pertama yang berhasil menemukan harta karun tersebut. Dan berkat hal ini juga Roger kemudian dianggap sebagai raja bajak laut. Petualangan untuk mencari One Piece merupakan petualangan yang tidak mudah bagi Roger dan juga para bajak laut lainnya. Ada beberapa hal yang harus dimiliki sebagai persyaratan untuk bisa menemukan One Piece. Apa saja?

Memiliki Kru Terbaik

Untuk bisa menemukan One Piece, seseorang tidak bisa hanya mengandalkan kemampuan otot saja. Selain itu, seorang bajak laut tidak bisa pergi ke Laugh Tale sendirian. Mereka membutuhkan orang-orang atau kru yang memang memiliki kemampuan dan keahlian. Salah satu contoh nyata dari hal ini adalah seorang navigator, yang menunjukan ke mana arah kapal berlayar.

Tanpa kehadiran seorang navigator, rasanya mustahil seorang bajak laut bisa menentukan ke mana dan di mana mereka berada. Mereka juga membutuhkan kru lainnya seperti juru masak atau koki, dokter, ahli kayu, dan sebagainya. Tanpa kehadiran mereka, bisa dipastikan petualangan menuju Laugh Tale akan sangat sulit untuk terwujud.

Menemukan Road Poneglyph

Seperti yang disebutkan di atas, dibutuhkan kru yang memiliki kemampuan dalam sebuah kelompok bajak laut untuk bisa menemukan One Piece. Salah satunya adalah ahli arkeologi. Pasalnya, tanpa kehadiran ahli arkeologi, mereka tidak akan bisa membaca huruf yang ada di Road Poneglyph. Road Poneglyph merupakan empat potongan Poneglyph yang sangat penting.

Isinya sendiri adalah petunjuk mengenai bagaimana caranya untuk bisa pergi ke Laugh Tale. Seperti yang disebutkan dalam ceritanya, mustahil seorang bajak laut untuk bisa pergi ke Laugh Tale – bahkan menemukan posisi pulaunya – tanpa sebelumnya membaca petunjuk dari Road Poneglyph. Inilah alasan mengapa menemukan keberadaan Road Poneglyph menjadi salah satu syarat menemukan One Piece.

Memiliki Banyak Sekutu

Menemukan One Piece bukanlah sesuatu hal yang bisa dilakukan oleh semua orang. Selain itu, tidak bisa juga sembarangan seseorang bisa menemukan One Piece. Butuh proses yang panjang dan juga rumit untuk bisa menemukan harta karun terbesar tersebut, dan jika mereka melakukannya sendiri maka bisa dipastikan para bajak laut tersebut akan menemukan kesulitan.

Karena itulah para bajak laut membutuhkan bantuan dari orang lain, dalam hal ini adalah sekutu. Dengan adanya sekutu, kekuatan para bajak laut tersebut akan bertambah. Mereka pun akan mendapatkan banyak pertolongan dalam petualangannya. Para sekutu ini juga bukan tidak mungkin akan membantu mereka menemukan lokasi One Piece. Semakin banyak sekutu, maka akan semakin kuat dan semakin mudah One Piece ditemukan.

Memiliki Kekuatan

Ini merupakan salah satu syarat utama untuk bisa menemukan One Piece. Seorang bajak laut yang tidak memiliki kemampuan atau kekuatan mumpuni, rasanya akan sulit untuk bisa menemukan One Piece. Pasalnya, mereka akan menghadapi banyak sekali halangan dan rintangan di sepanjang perjalanan. Mulai dari pihak angkatan laut sampai sesama bajak laut.

Jika kemudian seorang bajak laut tidak memiliki kemampuan atau kekuatan, bagaimana mereka bisa bertahan menghadapi serangan yang datang? Karena itulah banyak sekali bajak laut yang harus gagal di tengah petualangan mereka – atau bahkan baru di awal petualangan – karena tidak cukup kuat untuk menghadapi berbagai ancaman yang ada.

Siap Untuk Kemungkinan Perang Terbesar

Menemukan One Piece mungkin bukan hanya perkara menemukan harta karun semata, melainkan juga mempersiapkan diri untuk sebuah peristiwa besar dalam sejarah. Hal ini bisa dilihat dari bagaimana Roger, meskipun dia berhasil menuju Laugh Tale, bukanlah sosok yang dinantikan dalam ramalan. Roger bukanlah sosok yang akan membawa perubahan besar dalam sejarah.

Menurut Whitebeard, ketika seseorang berhasil menemukan One Piece, perang paling besar dalam sejarah akan terjadi. Artinya, mereka yang menemukan harta karun One Piece harus siap untuk sebuah tanggung jawab yang luar biasa besar. Mereka harus siap untuk terlibat dalam sesuatu yang berkaitan dengan sejarah dunia.

Menemukan One Piece merupakan impian bagi banyak bajak laut di seri One Piece. Selain kemudian bajak laut tersebut akan menjadi raja bajak laut selanjutnya, mereka juga akan mendapatkan fakta yang besar mengenai rahasia dunia yang selama ini tidak diketahui. Tetapi, sebelum kemudian seorang bajak laut menemukan One Piece, mereka terlebih dahulu harus mewujudkan syarat-syarat yang disebutkan di atas. Jika tidak, maka petualangan mereka tidak akan pernah berhasil.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.