Kelompok bajak laut Rambut Merah (Red Hair Pirates) merupakan salah satu kelompok bajak laut terkuat di seri One Piece. Mereka merupakan salah satu dari empat kelompok bajak laut penguasa samudera alias Yonko. Kelompok bajak laut ini dipimpin oleh mantan kru dari sang raja bajak laut Gol D. Roger yaitu Shanks.

Dengan status Shanks yang merupakan Yonko, banyak pihak yang merasa ketakutan ketika mendengar Shanks. Hal ini terbukti ketika dia muncul di pertempuran Marineford, di mana bahkan angkatan laut sendiri terkejut dengan kemunculan sosoknya. Kelompok bajak laut ini pun dikenal karena kemampuan mereka, dan bukan hanya Shanks saja yang kuat melainkan hampir seluruh krunya memiliki kemampuan yang merata.

Nama-nama hebat di lautan seperti Lucky Roo atau Benn Beckman merupakan bagian dari kelompok Shanks ini. Meskipun saat ini formasi dari kelompok bajak laut Rambut Merah sudah sangat solid, namun bukan berarti sama sekali tidak akan ada perubahan. Mereka bisa saja menerima anggota baru untuk bergabung. Dan tentunya banyak dari para fans yang memiliki favorit mereka masing-masing untuk bergabung dengan kelompok Shanks.

Tetapi, ada satu karakter yang dianggap pas untuk bergabung dengan Shanks yaitu Dracule Mihawk. Seperti yang kita ketahui, Shanks dan Mihawk memiliki masa lalu yang menarik. Mereka diketahui merupakan rival abadi dalam urusan kemampuan berpedang. Sering kali Shanks dan Mihawk berduel, dan seperti yang pernah diungkapkan oleh Whitebeard bahwa pertarungan diantara mereka berdua sanggup menggetarkan seluruh wilayah Grand Line.

Namun, Mihawk kemudian kehilangan keinginannya untuk bertarung menghadapi Shanks ketika mengetahui bahwa dia kehilangan lengan sebelah kirinya. Dengan adanya hubungan berupa rivalitas ini tentunya membuat Mihawk mungkin lebih mudah juga diterima oleh Shanks, karena dia sudah sangat mengenal siapa sosok Mihawk. Bahkan, sempat juga muncul teori bahwa sebenarnya Mihawk adalah anggota rahasia dari kelompok Shanks.

Mengapa kemudian Mihawk harus bergabung dengan kelompok Shanks? Pertama, seperti disebutkan di atas, hubungan mereka sudah terjadi dengan baik meskipun hubungan tersebut adalah rivalitas. Kedua, tidak ada hal lain yang dikerjakan oleh Mihawk saat ini. Mihawk adalah sosok yang senang menyendiri. Terbukti, dia lebih memilih untuk tinggal di pulau kosong yaitu Kuraigana bersama para babun.

Kemudian dia pun tidak memiliki armada atau pun kru. Hal inilah yang sebenarnya sempat dipertanyakan para fans, apakah Mihawk memang benar-benar bajak laut atau bukan. Berdasarkan kedua alasan inilah Mihawk dirasa bisa untuk bergabung dengan kelompok Shanks. Lagipula, ketika Mihawk dan Shanks bergabung ini akan sama hebohnya dengan Kaido dan Big Mom menjalin aliansi.

Mihawk sendiri saat ini sudah tidak lagi memiliki posisi atau jabatan Shichibukai yang diberikan oleh angkatan laut dan Pemerintah Dunia, setelah sistem tersebut dibubarkan. Mihawk saat ini sudah kembali menjadi “bajak laut” yang memiliki nilai buruan dan menjadi buruan Pemerintah Dunia. Artinya dia sudah bebas untuk melakukan apa pun.

Memang, Mihawk adalah sosok yang kuat dengan statusnya sebagai ahli pedang terbaik di dunia. Rasanya pasukan angkatan laut yang dikirim untuk menangkapnya pun bisa dihancurkan dengan mudah oleh Mihawk. Tetapi, dibandingkan Mihawk harus berlayar sendiri dan melakukan semuanya sendirian, bergabung dengan Shanks akan membuat kelompok bajak laut Rambut Merah semakin dahsyat.

Apalagi, banyak teori yang menyebutkan bahwa kelompok Shanks akan bertarung menghadapi kelompok bajak laut Blackbeard di kemudian hari. Kelompok Blackbeard pun merupakan salah satu kelompok bajak laut terkuat di lautan. Hampir semuanya memiliki kemampuan buah iblis. Kelompok Shanks mayoritas adalah pengguna kemampuan Haki, yang sanggup menahan serangan pengguna buah iblis. Bergabungnya Mihawk dipastikan akan membuat pertempuran menjadi lebih epik. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.