Sosok Kaido saat ini sedang menjadi sorotan utama dalam seri One Piece, karena menjadi villain utama dalam arc Wano Country bersama dengan Yonko lainnya yaitu Big Mom. Kaido sendiri sedang bertarung melawan Luffy, sedangkan Big Mom sedang menghadapi Law dan juga Eustass Kid. Tentu tidak mudah menghadapi seorang Yonko karena mereka bukanlah bajak laut biasa.

Kaido sendiri dikenal sebagai “makhluk paling kuat di seluruh dunia” dan memiliki nilai buruan yang sangat fantastis, yaitu 4,611,100,000 Belly. Nilai buruan tersebut membuatnya saat ini menjadi buronan Pemerintah Dunia paling mahal setelah Gol D. Roger dan juga Whitebeard. Mengalahkan Yonko memang bukanlah sesuatu yang sangat mudah untuk dilakukan, namun mengalahkan Kaido yang merupakan Yonko merupakan sesuatu yang hampir mustahil untuk dilakukan.

Kaido merupakan salah satu orang yang pernah berusaha untuk menghabisi nyawa Whitebeard, yang mana hal itu merupakan sesuatu yang hanya sedikit orang berani melakukannya. Kaido juga pernah bertarung menghadapi Shanks meskipun pertarungannya sangat singkat. Kaido pun pernah mengalahkan Gecko Moria ketika dia berada di masa kejayaannya, dan menghancurkan seluruh krunya.

Kaido pun pernah bertarung melawan Big Mom selama berhari-hari tanpa terluka sedikit pun. Dalam pertempuran di Onigashima, Kaido banyak menerima serangan dari berbagai pihak seperti Red Scabbards. Meskipun mereka mampu menusuk tubuh Kaido dan membuat Kaido berteriak, namun semua itu tidak berefek apa pun. Menurut Kaido, luka yang dibuat oleh Red Scabbards tidak ada apa-apanya jika dibandingkan luka yang dibuat Kozuki Oden.

Kaido pun memiliki kemampuan Haki yang sangat dahsyat, yang terbukti saat pertarungan melawan Luffy. Dia sama sekali tidak terpengaruh dengan Haki Penguasa milik Luffy. Dan satu hal yang paling jelas dari sosok Kaido adalah dia memiliki daya tahan yang luar biasa. Dan Kaido melakukan hal tersebut tanpa menggunakan Armament Haki atau Haki Persenjataan, melainkan Haki Penguasa.

Daya tahan yang sangat luar biasa inilah yang membuat Kaido kemudian mendapatkan reputasi sebagai makhluk paling kuat di dunia. Selain karena dia sangat sulit untuk dilukai, Kaido pun sangat sulit untuk dibunuh. Berdasarkan informasi yang ada, Kaido pernah ditangkap dan disiksa selama 18 kali. Setiap kali upaya eksekusi yang dilakukan kepada Kaido selalu gagal.

Kurang lebih 40 kali usaha eksekusi Kaido pernah dilakukan, namun semuanya gagal karena alat yang digunakan untuk mengeksekusi Kaido tidak mampu menembus tubuh atau kulit Kaido. Dengan kedahsyatan inilah dalam sebuah wawancara, Oda Sensei pernah mengatakan bahwa dia belum tahu atau belum menemukan cara bagaimana Luffy mengalahkan Kaido.

Meskipun begitu, Oda Sensei tetap bertekad untuk mencari solusi demi memecahkan permasalahan tersebut. Namun, dalam kolom SBS Volume 98 kemarin, Oda Sensei memberikan petunjuk mengenai kemunculan Gear 5 yang mungkin dipersiapkan untuk menghadapi Kaido. Dalam pertanyaannya salah seorang menanyakan tentang kemungkinan Luffy akan menggunakan Gear 5.

Oda sensei sendiri tidak menjawab pertanyaan tersebut dengan jelas. Namun, Oda Sensei seolah memberikan sinyal melalui jawabannya tersebut. Menurut Oda Sensei, saat ini musuh yang sedang Luffy hadapi adalah sosok yang paling kuat di dunia. “Karena itulah dunia membutuhkan sebuah transisi dari “4G” ke “5G.” “G” artinya ‘Gear,’ bukan?

Jika diperhatikan dari jawabannya, Oda sepertinya sedang melakukan guyonan dengan permainan kata antara 5G yang merupakan jaringan koneksi internet dan juga Gear 5. Namun, berdasarkan hal tersebut artinya bukan tidak mungkin dalam pertarungan melawan Kaido ini nantinya Oda akan memperkenalkan Gear 5 dari Luffy. Selain itu terdapat juga kata kunci lain dari jawaban Oda.

Pernyataan Oda tentang “… dunia membutuhkan sebuah transisi …” yang mana artinya Oda sendiri menyadari bahwa harus ada perubahan yang nyata atau transisi untuk menghadapi makhluk paling kuat di dunia. Luffy sendiri kemarin sudah mendapatkan peningkatan kekuatan yaitu mampu menggunakan Haki Penguasa tingkat lanjut yang membuatnya kini setara dengan para Yonko.

Di sisi lain, dua rekannya yaitu Law dan Kid mendapatkan peningkatan kekuatan berupa mampu membangkitkan kemampuan buah iblisnya. Luffy mungkin belum akan membangkitkan kekuatan buah iblisnya, namun dia bisa mendapatkan peningkatan kekuatan buah iblis Gomu Gomu melalui Gear 5. Kita nantikan saja kemunculan Gear 5 pada chapter selanjutnya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.