Ketika membahas karakter komik paling kuat, pasti sebagian besar orang akan menyebutkan nama Superman paling pertama. Sejak pertama kali melakukan debutnya pada tahun 1938, Superman hadir makin kuat setiap harinya. Saat ini kemampuannya yang tercatat meliputi terbang, kekuatan super, kecepatan super, indera super, refleks super, stamina super, penyerapan energi (kosmik, matahari, dan jiwa), heat vision, dan masih banyak lagi. Konon kekuatannya hanya terbatas pada imajinasi penulis.

Sementara kekuatan Superman sudah tidak diragukan lagi, ternyata ada karakter lain yang sebenarnya lebih superior dari Superman, khususnya di DC sendiri dan di Marvel. Walaupun para karakternya ini belum pernah terlibat pertarungan langsung dengan Superman, tetapi di atas kertas mereka semua mempunyai kekuatan yang jauh lebih hebat dari Superman. Apalagi mereka tidak mempunyai kelemahan fatal seperti yang dimiliki oleh Superman. Untuk lebih mengetahui siapa saja mereka, simak para karakter superior di bawah ini!

Silver Surfer (Marvel)

Silver Surfer adalah salah satu karakter Marvel yang terkenal mempunyai hubungan erat dengan Galactus. Dia pernah merasakan hampir semua peran di Marvel Comics, termasuk superhero, supervillain, anti-hero, dan anti-villain. Diciptakan langsung oleh sang legenda Jack Kirby, Silver Surfer melakukan debutnya di komik Fantastic Four #48 (1965).

Diceritakan bahwa karakter yang mempunyai nama asli Norrin Radd ini awalnya adalah pembawa pesan Galactus sang pemakan planet, sampai akhirnya dia berbalik melawan tuannya yang terkenal sebagai salah satu entitas terkuat di galaksi. Selain itu, dengan kekuatan kosmik miliknya, Silver Surfer bahkan pernah melawan Thanos yang dilengkapi dengan Infinity Gauntlet. Semua rekam jejaknya tersebut membuat Silver Surfer akan menjadi lawan yang merepotkan bagi Superman.

Ion (DC)

Dari sekian banyak karakter DC, Kyle Rayner alias Green Lantern Ion adalah salah satu yang terkenal sangat kuat. Sebagai seorang Green Lantern, Ion mempunyai tekad yang tidak terbatas, di mana hal tersebut membuatnya bisa memaksimalkan kekuatan power ring sampai ke tingkat yang sangat tinggi. Ion pertama kali melakukan debutnya di komik Green Lantern Vol. 3 #48 (1994).

Salah satu penyebab Kyle sangat sakti adalah karena di dalam tubuhnya terdapat entitas kosmik yang disebut Ion, makhluk seperti ikan paus galaksi yang memberi sumber kekuatan tidak terbatas pada inangnya. Kekuatan tersebut memungkinkan Ion mengontrol ruang, waktu, dan realitas, membuatnya secara tidak langsung seperti Dewa. Tentunya hal tersebut akan menjadi salah satu alasan mengapa Superman harus menghindarinya, karena Ion bisa melakukan apa saja untuk mengalahkan Superman.

Sentry (Marvel)

Mempunyai nama asli Bob Reynolds, Sentry digadang-gadang sebagai superhero paling kuat di Marvel Universe. Sejak debutnya di komik Sentry #1 (2000), Sentry diceritakan sebagai manusia dengan kekuatan kosmik, yang di dalam dirinya terdapat sosok jahat Void, di mana sosok tersebut sangat ditakuti oleh seluruh galaksi, karena konon jika Void menguasai tubuh Sentry, maka besar kemungkinan galaksi akan hancur. Dalam wujud Sentry saja, konon Bob mempunyai kekuatan yang setara dengan ledakan satu juta matahari. Dengan kekuatan gila tersebut, sepertinya Sentry berada di atas Superman.

Wally West (DC)

Seperti yang kita tahu, perdebatan tentang adu kecepatan antara Flash dan Superman tidak akan pernah ada habisnya, karena masing-masing dari mereka mempunyai potensi untuk menang dan untuk kalah. Berbeda dengan Wally West, banyak penggemar sepakat bahwa dari segi kecepatan, Superman tidak bisa mengalahkan Wally.

Karakter yang debut di komik Justice League Vol. 2 #50 (2016) ini, diceritakan pernah menyelamatkan 500.000 jiwa penduduk sebuah kota yang akan meledak dalam waktu 0.000005 detik. Dengan kecepatan yang dimilikinya bahkan mungkin Wally West bisa lebih cepat dari kedipan mata. Dengan kecepatan tersebut banyak yang bisa dilakukan oleh Wally untuk mengalahkan Superman.

Odin (Marvel)

Odin Borson adalah Raja Asgardian yang telah mengasah kemampuan, fisik, dan pikirannya selama berjuta-juta tahun. Ayah Thor ini pertama kali melakukan debutnya di komik Journey into Mystery #85 (1962) yang diciptakan langsung oleh legenda Marvel Stan Lee, Larry Lieber, dan Jack Kirby. Pada zaman kuno, diceritakan bahwa Odin disembah sebagai Dewa Kebijaksanaan oleh para Viking di Bumi. Sedangkan di planetnya sendiri, Asgard, dia adalah makhluk paling bijaksana dan paling kuat.

Dengan umurnya yang panjang, dan kekuasaannya atas Nine Realms, pada akhirnya seluruh alam semesta menghormati sekaligus takut pada Odin. Dalam salah satu kisah Marvel Comics, bahkan Odin pernah bertarung satu-lawan satu melawan Galactus. Dari pengalaman saja, jelas bahwa Superman belum ada apa-apanya dibanding Odin.

Cukup sulit membayangkan Superman bisa mengalahkan kelima karakter superhero ini. Apalagi Superman yang kuat mempunyai banyak kelemahan juga, di mana kelima karakter di daftar ini justru bisa dibilang hampir tidak mempunyai kelemahan. Kalaupun ada, kelemahan tersebut sepertinya agak sulit untuk diekploitasi, tidak seperti batu Kryptonite yang cenderung mudah ditemukan. Sepertinya akan menarik jika suatu saat nanti Superman bisa bertarung dengan kelima superhero di daftar ini. Semoga saja ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.