Resident Evil: Welcome to Raccoon City adalah film bergenre horor aksi yang akan segera bisa penggemar saksikan dalam waktu dekat ini. Film yang diadaptasi dari video game sukses ini akan menceritakan bagaimana wabah zombie T-Virus menyebar untuk pertama kalinya, dari mulai menghancurkan Raccoon City, sampai akhirnya menyebabkan kekacauan di seluruh dunia. Selain itu, filmnya juga akan menceritakan awal mula para karakter Resident Evil terlibat dalam masalah zombie, virus, dan Umbrella Corporation. Sebelum menonton filmnya nanti, berikut guide lengkap menonton Resident Evil Reboot!

Plot RE: Welcome to Raccoon City

Filmnya akan menceritakan kejadian mencekam di Raccoon City pada tahun 1998. Keadaan Raccoon City yang damai tiba-tiba berubah dalam semalam setelah wabah T-Virus menyebar dan mengubah penduduk kota menjadi zombie yang kelaparan. Sekelompok penyintas yang selamat harus saling bahu-membahu untuk bertahan hidup sekaligus mengungkap misteri perusahaan farmasi raksasa, yaitu Umbrella Corporation. Beberapa orang percaya bahwa Umbrella Corporation adalah pihak yang telah menyebarkan virus dan bertanggung jawab atas apa yang telah terjadi pada Raccoon City.

Sejarah Racoon City

Raccoon City adalah kota fiktif kecil di pegununan Arklay County, Amerika Serikat. Kota yang sebagian penduduknya bekerja di bidang industri ini awalnya dalah kota yang damai dan mempunyai pertumbuhan ekonomi yang cukup pesat. Melihat ada peluang di Raccoon City, pada tahun 60-an banyak warga Amerika yang berbondong-bondong pindah ke kota tersebut, termasuk perusahaan farmasi Umbrella Corporation. Akibat ledakan penduduk yang terjadi di sana, pemerintah setempat kemudian mendirikan Raccoon Police Departement (RPD) untuk menjaga ketertiban di dalam kota.

Pada tahun 1980, Raccoon City menjadi salah satu kota industri yang sangat maju, di mana hal tersebut mendorong Umbrella Corporation untuk berinvestasi besar-besaran di kota tersebut. Sampai pada akhirnya, Umbrella mendapatkan kontrol atas Raccoon City pada tahun 1996. Umbrella kemudian mendirikan Special Tactics and Rescue Service (S.T.A.R.S.) sebagai pasukan keamanan untuk menjaga Raccoon City, mereka menganggap bahwa RPD tidak sanggup lagi menjamin keamanan penduduk dari teroris yang pada saat itu mulai bermunculan di Raccoon City.

Kedamaian kota kecil tersebut akhinya berakhir dalam semalam setelah wabah T-Virus menyebar pada tahun 1998. Awalnya pemerintah setempat mencoba menanggulangi masalah tersebut dengan mengisolasi kota, melarang siapa pun untuk keluar masuk Racoon City. Namun, upaya tersebut sia-sia, karena dalam waktu singkat penduduk Racoon City yang berjumlah lebih dari 100.000 jiwa berubah menjadi zombie-zombie kelaparan yang memakan siapa pun dihadapan mereka, termasuk para tentara yang dikerahkan pemerintah. Sejak saat itu Raccon City menjadi kota mati yang sangat berbahaya.

Para Karakter 

Karena filmnya diadaptasi langsung dari kisah video game Resident Evil (1996) dan Resident Evil 2 (1998), maka para karakter ikonik dari kedua game tersebut berkumpul Resident Evil: Welcome to Raccoon City ini. Protagonis utama di film ini adalah penduduk Raccoon City bernama Claire Redfield (Kaya Scodelario), dia adalah adik dari Chris Redfield (Robbie Amell) sekaligus mahasiswa yang sedang meninvestigasi kebobrokan Umbrella Corporation. Mirisnya, Chris sendiri adalah anggota pasukan keamanan S.T.A.R.S. Umbrella yang perusaahaannya sedang diinvestigasi oleh Claire.

Di S.T.A.R.S. sendiri, Chris ditemani oleh partnernya yang bernama Jill Valentine (Hannah John-Kamen), dan Albert Wesker (Tom Hopper), yang ternyata adalah agen rahasia Umbrella. Pertempuran mencekam di Raccoon City juga melibatkan polisi terbaik RPD, yaitu Leon S. Kennedy (Avan Jogia), yang nantinya akan membatu Claire. Petualangan mereka semua pada akhirnya akan bertemu di satu titik, tepatnya di Spencer Mansion. Di mana di tempat tersebut William Birkin (Neal McDonough) sedang memimpin eksperimen virus yang didanai oleh Umbrella Corporation.

Zombie-zombie Mengerikan

Bukan Resident Evil jika di filmnya tidak ada zombie-zombie yang mengerikan. Setelah trailer perdananya dirilis beberapa waktu yang lalu, ditambah dengan “Nightmare Trailer” yang baru saja dirilis hari ini, penggemar bisa melihat dengan jelas kengerian yang dibawa oleh para zombie di film Resident Evil: Welcome to Raccoon City ini. Konon wabah zombie di Raccoon City terjadi setelah Umbrella merilis T-Virus di kota dan G-Virus di hutan Raccoon. Virus-virus tersebut kemudian menjangkiti para manusia biasa yang pada akhirnya akan berubah menjadi zombie ganas yang tidak mempunyai pikiran.

Di hutan virus-virus kemudian menjangkiti hewan tumbuhan, di mana virus tersebut bermutasi menjadi varian virus lain, yang membuat zombie manusia bisa berubah ke tahap berikutnya menjadi Licker yang jauh lebih ganas dan lincah. Licker adalah zombie buta yang tidak mempunyai tengkorak kepala, sehingga otak besarnya terlihat dengan jelas. Kuku, taring, dan lidahnya jauh lebih panjang dari zombie biasa. Selain kedua zombie yang berawal dari manusia tersebut, ada juga Zombie Dog yang merupakan zombie anjing yang merupakan hasil eksperimen di laboratorium Umbrella.

Di filmnya nanti, ada dua zombie utama yang unik dan jauh lebih berbahaya dari Licker dan Zombie Dog, mereka adalah Lisa Trevor dan Zombie William Birkins. Lisa awalnya adalah seorang gadis kecil yang dijadikan kelinci percobaan oleh Umbrella, tubuhnya disuntikan berbagai jenis virus, termasuk G-Virus dan T-Virus. Virus tersebut kemudian mengubah Lisa menjadi monster zombie yang sangat kuat dan juga cerdas. Sedangkan Zombie William Birkins adalah William Birkins yang menyuntikan sampel T-Virus ke tubuhnya, saat dirinya sedang sekarat. Wujudnya lebih besar dari zombie mana pun di film ini.

Dengan guide ini, semoga saja dapat mempermudah kita untuk mengerti jalan cerita yang disuguhkan di filmnya nanti. Setidaknya dengan sejarah singkat Raccoon City, serta penjelasan para karakter dan zombie yang akan hadir di filmnya, kita tidak perlu memainkan gamenya terlebih dahulu sebelum nanti menontonnya di bioskop. Film Resident Evil: Welcome to Raccoon City dijadwalkan tayang di bioskop pada tanggal 24 November 2021.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.