Morbius adalah film Sony’s Spider-Man mendatang yang akan bercerita tentang asal usul karakter Marvel bernama Dr. Michael Morbius. Terkenal sebagai musuh Spider-Man, Morbius awalnya adalah seorang ilmuwan yang berubah menjadi vampir setelah mencoba menyembuhkan penyakit darah langkanya. Menariknya, ternyata Morbius bukan satu-satunya villain Spider-Man di film solonya ini, ada beberapa villain lain yang juga terlibat di filmnya, baik hanya sekadar disinggung maupun tampil langsung. Berikut para villain Spider-Man di film Morbius yang akan datang.

Morbius

Diperankan oleh Jared Leto, cukup jelas bahwa Morbius akan menjadi bintang utama di film solonya ini. Morbius melakukan debut komiknya pada tahun 1971 di Amazing Spider-Man #101 yang ditulis oleh Roy Thomas dan digambar oleh Gil Kane. Saat pertama kali menjadi vampir, Morbius pergi dari Yunani ke Amerika Serikat. Setibanya di New York, diceritakan bahwa Morbius sering membuat onar, di mana hal tersebut mengarahkannya bertemu dan bertarung dengan Spider-Man.

Dalam beberapa versi lain diceritakan bahwa dia adalah anti-hero yang sering bekerja sama dengan superhero seperti Spider-Man dan Blade. Dia juga terdaftar sebagai anggota tim superhero Midnight Sons. Kemungkinan di filmnya nanti, Morbius akan diceritakan sebagai anti-hero yang berusaha menyembuhkan dirinya setelah tidak sengaja menjadi vampir, tetapi sebelum itu dia harus berhadapan dengan orang-orang yang menganggapnya jahat.

Hunger

Di film Morbius nanti, Leto akan beradu akting dengan Matt Smith yang berperan sebagai sahabat Morbius bernama Loxias Crown. Persahabatannya bukan tanpa sebab, Loxias mendekati Morbius karena merasa seperti teman seperjuangan yang sama-sama memiliki penyakit darah langka. Kemungkinan pada suatu titik di filmnya nanti, Loxias akan menjadi musuh dari Morbius karena suatu kejadian.

Di Marvel Comics, Loxias terkenal sebagai supervillain bernama Hunger yang melakukan debutnya di komik Spider-Man #76 karya Howard Mackie pada tahun 1996. Diceritakan bahwa dia adalah agen Hydra yang menculik Morbius untuk meneliti tubuhnya. Namun, saat Spider-Man datang menyelamatkan Morbius, the Living Vampire tersebut justru langsung menghisap darah Loxias sampai habis, di mana hal tersebut mengubah Loxias menjadi vampir seperti Morbius.

Vulture

Saat pertama kali diperlihatkan di teaser Morbius pada tahun 2020 lalu, keterlibatan Vulture telah mengejutkan banyak penggemar. Hal itu karena penggemar lebih mengenal Adrian Toomes alias Vulture versi Michael Keaton sebagai supervillain utama di film Spider-Man: Homecoming (2017). Di akhir film Spider-Man, diceritakan bahwa Vulture masuk dipenjara untuk mempertanggung jawabkan kesalahannya. Dan di teaser Morbius, di muncul dengan mengenakan kostum penjara yang sama.

Dahulu tidak terbayang mengapa Vulture yang berada di Marvel Cinematic Universe bisa muncul di semesta lain, seperti SSU. Namun, sekarang dengan film Venom: Let There Be Carnage (2021) yang mengindikasikan hubungan antara SSU dan MCU, keterlibatan Vulture bukan lah hal yang mustahil. Kita lihat saja nanti sejauh mana keterlibatan Vulture di film Morbius.

Venom, Rhino, dan Black Cat?

Beberapa jam yang lalu beredar potongan trailer yang memperlihatkan Morbius sedang ditodong menggunakan pisau oleh seseorang, sebelum akhirnya Morbius memelintir tangan penodong tersebut. Saat penodong tersebut bertanya tentang siapa dirinya, Morbius menjawab, “I am Venom,” sambil menyeringai memperlihatkan taring-taringnya. Di mana hal tersebut dia lakukan untuk bercanda, sebelum memperkenalkan nama aslinya. Adegan yang sama pernah dilakukan juga oleh Venom di film Venom (2018), saat seorang perampok menodong Venom di sebuah toko swalayan.

Selain easter egg Venom, ada juga easter egg lain yang mengindikasikan kehadiran dua musuh Spider-Man lainnya di SSU. Nama kedua supervillain ini terlihat di koran Daily Bugle, yang merupakan koran ikonik di semesta Spider-Man. Di koran tersebut tertulis dua judul berita penting, yang pertama adalah “RHINO KABUR: HOAX KEBUN BINATANG MEMBOHONGI KITA SEMUA,” yang mungkin mengisyaratkan villain klasik Rhino, dan yang kedua adalah “BLACK CAT: TEMAN ATAU MUSUH?” yang mungkin mengisyaratkan kehadiran musuh sekaligus gebetan Spidey yang bernama Felicia Hardy alias Black Cat.

Dengan kehadiran banyak musuh Spider-Man di film Morbius, sepertinya Sony cukup serius dalam menggarap film Morbius sebagai bagian dari SSU. Sambil menunggu Spider-Man hadir di SSU, mungkin Sony ingin semestanya siap dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan Spiderman. Ketika nanti film Morbius dirilis, kemungkinan akan ada lebih banyak lagi karakter yang berhubungan dengan Spider-Man. Morbius dijadwalkan rilis di bioskop pada tanggal 21 Januari 2022. Trailer perdana Morbius rencananya akan dirilis pada hari ini, jadi kita nantikan saja ya Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.