Sebagai prekuel Army of the Dead, film Army of Thieves hadir dengan rasa yang sedikit berbeda. Cerita di filmnya lebih berfokus pada misi pencurian daripada kiamat zombie, walaupun pada beberapa titik terdapat cuplikan yang menyinggung zombie di semestanya. Hal itu karena kejadian di Army of Thieves berlangsung ketika wabah zombie pertama kali menyebar di Las Vegas.

Film Army of Thieves disutradarai oleh Matthias Schweighöfer yang juga kembali berperan sebagai Sebastian Schlencht-Wöhnert alias Ludwig Dieter, bersama Nathalie Emmanuel sebagai Gwendoline Starr, Ruby O. Fee sebagai Korina Dominguez, Guz Khan sebagai Rolph, Stuart Martin sebagai Brad Cage, Jonathan Cohen sebagai Delacroix, Barbara Meier sebagai Lucy, dan Christian Steyer sebagai Hans Wagner.

Kisahnya dimulai dengan Sebastian yang direkrut oleh Gwendoline untuk bergabung dengan timnya yang akan melakukan serangkaian pencurian berbahaya. Bukan hanya sekadar pencurian biasa, melainkan pencurian yang melibatkan tiga brankas legenda karya Hans Wagner. Sebagai idola dari Sebastian alias Ludwig, Wagner adalah seorang tukang kunci yang sudah tidak punya semangat hidup seteleh istri dan anaknya mati. Sebelum ajalnya dia memutuskan untuk membuat empat brankas yang akan sulit dibuka, yaitu Das Rheingold, Die Walküre, Siegfried, dan Götterdämmerung.

Berbeda dengan film Army of the Dead yang berlatar lokasi di Las Vegas, Amerika Serikat, selama film Army of Thieves berlangsung penggemar dimanjakan dengan beberapa lokasi indah di Eropa. Dan setelah sukses membuka tiga brankas, Ludwig harus menerima kenyataan pahit bahwa semua anggota timnya harus tertangkap oleh Interpol. Sampai akhirnya dia memutuskan untuk bekerja menjadi seorang ahli brankas di Amerika Serikat. Namun apa sebenarnya arti ending film tersebut?

Menjelang akhir filmnya, Ludwig dikhianati oleh Brad Cage yang merasa cemburu karena Gwendoline dekat dengan Ludwig. Sampai akhirnya Gwendoline dan Korina memutuskan untuk mencari kembali Ludwig untuk membuka brankas ketiga yaitu Siegfried. Sementara Ludwig dan Gwendoline berhasil membuka Siegfried, Korina justru tidak berhasil sampai akhir karena dia tertangkap oleh Interpol. Merasa telah berhasil membuka 3 brankas, Ludwig dan Gwendoline memutuskan untuk bersama-sama mencari brankas keempat yaitu Götterdämmerung.

Namun, saat mereka berdua hampir berhasil lolos dengan sebuah speedboat, seorang Interpol bernama Delacroix datang untuk menangkap mereka. Gwendoline memohon pada Delacroix untuk menangkapnya saja dan melepaskan Ludwig, di mana hal itu disetujuinya. Awalnya Ludwig menolak, tetapi Gwendoline meyakinkannya dengan mengatakan bahwa dia akan segera mencari Ludwig saat keluar dari penjara, dan menyuruhnya berjanji untuk menemukan brankas Götterdämmerung. Ludwig pun berjanji dan terpaksa meninggalkan Gwendoline dengan berlinang air mata.

Di speedboat tersebut Ludwig menemukan paspor yang ditinggalkan untuknya dengan tiket pesawat menuju Amerika serikat atas namanya. Dari situ akhirnya Ludwig memutuskan untuk meninggalkan negaranya dan menuju Amerika, di mana dia menunggu Gwendoline sambil bekerja sebagai ahli brankas. Di adegan terakhir, Ludwig diperlihatkan bertemu dengan karakter lain di Army of the Dead, yaitu Scott Ward (Dave Bautista) dan Maria (Ana de la Reguera).

Mereka berdua kemudian mengajak Ludwig untuk menjadi anggota timnya, sebagai ahli brankas yang akan membuka Götterdämmerung di Las Vegas, tempat para zombie. Ludwig kemudian menyetujui tanpa ragu sedikit pun, dan dari titik tersebut kisah Ludwig sudah masuk ke film Army of the Dead (2021). Secara tidak langsung, ending Army of Thieves menjelaskan koneksinya yang kuat terhadap kisah Ludwig di Army of the Dead. Karena di film zombie tersebut, Ludwig akan mengakhiri perjalanannya sebagai ahli brankas yang membuka semua karya legenda Hans Wagner.

Jadi alasan mengapa Ludwig bergabung dengan tim Scott karena dia ingin memenuhi janjinya pada Gwendoline dan suatu saat nanti bertemu dengan rasa bangga karena berhasil membuka Götterdämmerung. Selain brankas Götterdämmerung, ada satu koneksi lain yang menghubungkan kedua film ini, yaitu pemilik kasino yang kaya raya bernama Bly Tanaka (Hiroyuki Sanada). Di Army of Thieves, dijelaskan bahwa Tanaka adalah pemilik dari keempat brankas legenda karya Hans Wagner.

Di Army of the Dead, Tanaka adalah orang yang menyuruh Scott untuk membuka brankas Götterdämmerung di Las Vegas. Namun, di akhir filmnya terungkap bahwa dia sebenarnya bekerja untuk pemerintah Amerika Serikat untuk mengumpulkan kepala zombie alfa sebagai bahan senjata. Tidak jelas apakah Ludwig masih hidup atau tidak, karena di akhir film dia memutuskan untuk tinggal di Götterdämmerung demi menyelamatkan yang lain. Dengan adanya koneksi di dua film ini, kehadiran Ludwig dan Tanaka di sekuel Army of the Dead sepertinya akan membuat film Army of the Dead 2 nanti makin menarik.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.