Eternals adalah film ketiga Marvel Cinematic Universe pada tahun 2021 ini yang akan bercerita tentang sekelompok makhluk kosmik yang disebut Eternals. Makhluk kosmik ciptaan Celestials ini diceritakan telah tiba di Bumi sejak 7.000 tahun yang lalu, mengawasi dan membimbing umat manusia menuju peradaban yang lebih maju, sekaligus melindunginya dari ras lawan yang juga diciptakan oleh Celestials, yaitu Deviants.

Film yang disutradarai oleh Chloé Zhao ini akan menghadirkan sepuluh Eternals kuat, seperti Ajak (Salma Hayek), Thena (Angelina Jolie), Sersi (Gemma Chan), Ikaris (Richard Madden), Kingo (Kumail Nanjiani), Sprite (Lia McHugh), Phastos (Brian Tyree Henry), Makkari (Lauren Ridloff), Druig (Barry Keoghan), dan Gilgamesh (Don Lee).

Kesepuluh Eternals sakti ini dibagi menjadi dua kategori, yang pertama adalah Eternals pemikir yang terdiri dari Sprite, Druig, Ajak, Sersi, dan Phastos, dan yang kedua adalah Eternals petarung yang terdiri dari Gilgamesh, Kingo, Thena, Ikaris, dan Makkari. Namun, ternyata di antara para Eternals ini tidak terdapat salah satu Eternals yang sangat familier di Marvel Universe, dia adalah Eternals Zuras.

Eternals adalah ras kosmik yang melakukan debutnya di komik Eternals karya Jack Kirby pada tahun 1976. Namun, jauh sebelum kelompok Eternals mempunyai kisahnya sendiri di Marvel Universe, Eternals Zuras sudah lebih dahulu melakukan debutnya pada tahun 1940 di komik Red Raven Comics #1 karya Jack Kirby sebagai karakter bernama Jupiter.

Di Marvel Universe, Zuras adalah Eternals yang paling kuat di antara yang lain. Dia berada satu tingkat di atas Ikaris, dan bahkan konon kekuatannya setara dengan penguasa Nine Realms, yaitu Odin. Bukan hanya sekadar kuat, Zuras adalah pendiri sekaligus pemimpin Eternals yang telah berada di Bumi sejak jutaan tahun lalu. Kebijaksanaanya menjadi alasan mengapa Zuras sangat dipercaya oleh para Eternals lain.

Selain dianggap bijaksana, Zuras juga sangat ditakuti oleh para Eternals lain. Dalam beberapa kisah di Marvel Comics, Zuras pernah mengeluarkan Gilgamesh karena dianggap terlalu terikat dengan manusia, kemudian dia juga pernah mengurung Sprite karena dinilai terlalu banyak membuat onar. Zuras adalah sosok yang menjaga Eternals lain untuk tetap fokus pada tujuannya, yaitu melindungi umat manusia tanpa terlalu banyak iku campur.

Dengan semua sepak terjangnya di Marvel Universe, mengapa Zuras tidak muncul di film Eternals? Kemungkinan kekuatan sakti yang dimiliki oleh Zuras membuatnya tidak terlalu pas untuk berada di MCU saat ini. Dengan kekuatannya yang setara dengan Odin, Zuras dianggap terlalu sakti sehingga tidak menyisakan ruang bagi para Eternals lain dan para Deviants, bahkan mungkin bagi para superhero lain di MCU.

Dengan pertimbangan tersebut mungkin akhirnya sosok Zuras tidak dilibatkan untuk sementara waktu. Sebagai gantinya, Marvel memilih Ajak sebagai pemimpin Eternals, dan Ikaris sebagai sosok Eternals terkuat di MCU. Walaupun begitu, mengingat dia adalah ayah Thena di Marvel Universe, masih ada kesempatan bagi Zuras untuk muncul pada masa depan MCU. Sebelum saat itu tiba, kita saksikan saja terlebih dahulu aksi kesepuluh Eternals di filmnya yang dijadwalkan tayang pada tanggal 3 November 2021.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.