Posisi admiral merupakan jabatan tertinggi dari angkatan laut, di bawah Fleet Admiral. Mereka adalah orang-orang yang sudah berpengalaman di angkatan laut, dan juga memiliki kekuatan yang dahsyat. Para admiral adalah orang-orang terpilih di mana hanya yang dianggap terkuat di angkatan laut yang bisa mengisi posisi tersebut. Bahkan, Pemerintah Dunia sendiri yang menunjuk orang-orang yang akan menjadi admiral angkatan laut.

Dan pada kenyataanya, para admiral memang bukanlah sosok yang sembarangan. Rata-rata mereka memiliki kemampuan buah iblis yang mengerikan yang menjadi andalan mereka. Contohnya adalah Zushi Zushi no Mi milik Fujitora atau Pika Pika no Mi milik Kizaru. Sebelum menjadi Fleet Admiral, Magu Magu no Mi juga menjadi buah iblis mengerikan dari Sakazuki. Kekuatan es Hie Hie no Mi milik Aokiji pun tidak kalah mengerikannya.

Dengan kemampuan yang luar biasa tersebut membuat sebagian fans berpendapat bahwa kemampuan para admiral berada di level yang hampir setara dengan para Yonko. Namun, benarkah demikian? Harus diakui, dengan semua kekuatan yang mereka miliki – seperti kekuatan buah iblis –wajar jika asumsi tersebut muncul. Tetapi, pada kenyataanya ada alasan mengapa kemudian para Yonko tersebut disebut sebagai “penguasa samudra.”

Beberapa petunjuk mengenai perbedaan kekuatan Yonko dan admiral sendiri pernah dihadirkan dalam ceritanya. Contohnya adalah untuk bisa menghadapi Yonko butuh persiapan yang matang. Dalam arc Sabaody kita melihat bagaimana angkatan laut tidak bisa menghadapi dua legenda sekaligus, seperti yang diungkapkan oleh Garp. Dua legenda yang dimaksud adalah Rayleigh dan juga Whitebeard.

Di sisi lain, angkatan laut harus berfokus mempersiapkan diri pada pertempuran yang dipastikan akan terjadi di Marineford menghadapi manusia terkuat di dunia, Whitebeard. Sementara, di Sabaody, sebagian angkatan laut – yang diwakili oleh Kizaru – harus menghadapi salah satu legenda, Rayleigh. Sosok Rayleigh bahkan bukan kapten, melainkan wakil kapten dari kelompok Roger.

Sengoku pun bahkan memilih untuk tidak menanggapi urusan Rayleigh di Sabaody dan fokus pada urusan Whitebeard. Ini tentu menjadi bukti bagaimana kuatnya sosok Yonko, yang mana butuh kekuatan penuh angkatan laut untuk bisa mengalahkannya. Alih-alih disamakan kekuatannya dengan para Yonko, para admiral angkatan laut tersebut sebenarnya sedikit lebih kuat jika dibandingkan dengan para komandan di kelompok Yonko.

Kekuatan para komandan divisi Yonko tersebut levelnya cukup jauh dengan kapten mereka. Artinya, level kekuatan komandan divisi juga cukup berbeda jauh dibandingkan dengan para Admiral. Dengan kata lain, para admiral ini memiliki level kekuatan di atas para komandan Yonko. Kemudian dalam pertempuran di Marineford, dibutuhkan juga tiga orang admiral untuk bisa menahan efek serangan dari Whitebeard.

Menurut mereka, jika tidak ada yang menahan serangan tersebut maka besar kemungkinan Marineford akan rusak parah terkena serangan Whitebeard. Yang menjadi catatan adalah dengan dibutuhkannya tiga admiral untuk sekedar menahan satu serangan Whitebeard/Yonko, lalu seberapa besar kekuatan yang harus dipersiapkan oleh angkatan laut jika semua Yonko menyerang dalam waktu bersamaan?

Rasanya sulit untuk membayangkan salah satu atau ketiga admiral – bahkan Sengoku sendiri – akan mampu menahan serangan Yonko tersebut. Sebagian Geeks mungkin berpendapat bahwa Sakazuki bisa mengalahkan Whitebeard. Memang, Sakazuki berhasil mengalahkan Whitebeard – dan kemudian dibunuh oleh Blackbeard. Tetapi, ada kondisi yang perlu diperhatikan dalam situasi tersebut.

Pertama, bagaimana Whitebeard sebelumnya sudah diserang oleh salah satu anak buahnya, Squard, dengan ditusuk pada bagian dada. Kedua, kondisi Whitebeard sendiri sudah tidak dalam kondisi baik. Saat Shanks mengunjunginya, kondisi Whitebeard sendiri sudah dalam kondisi sakit-sakitan. Ketiga, bisa jadi sedari awal motivasi Whitebeard memang adalah tewas atau mati di sana demi menyelamatkan anaknya, Ace.

Jadi, bisa disimpulkan bahwa kekuatan para admiral tidak berada di posisi yang sama dengan para Yonko. Para admiral memang bisa menyerang Yonko atau bisa melukainya, namun kecil kemungkinan mereka bisa menang. Lain halnya jika kemudian mereka bertarung menghadapi para komandan Yonko, yang mana peluang mereka menang pun cukup besar

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.