Spider-Man adalah superhero Marvel yang terkenal karena karakternya yang periang dan jenaka. Walaupun dia adalah salah satu superhero kuat yang terdaftar sebagai anggota Avengers, masyarakat Kota New York lebih mengenalnya sebagai “friendly neighborhood Spider-Man”, sebuah julukan yang menunjukkan betapa ramahnya Spider-Man. Tidak bisa dibayangkan jika seorang Spider-Man yang periang muncul dengan sifat yang jahat. Namun, pada kenyataannya memang pernah ada Spider-Man yang diceritakan sangat jahat. Berikut 5 versi Spider-Man paling jahat di Marvel Universe!

Symbiote Spider-Man

Symbiote Spider-Man adalah versi jahat Spider-Man yang tidak sengaja terbentuk. Saat alien symbiote pertama kali tiba di Bumi, dia mencari inang yang kuat dan menemukan Spider-Man. Setelah bergabung dengan symbiote, bisa dibilang Spider-Man mengalami kondisi terburuk dalam sepanjang kariernya, di mana dia tidak lagi periang seperti sebelumnya. Symbiote Spider-Man menggunakan taktik yang lebih brutal dari sebelumnya. Walapun Spider-Man menjadi lebih kuat, tetapi dia juga sering kehilangan akal sehatnya. Syukurnya, akhirnya Spider-Man sadar dan melepaskan symbiote untuk selamanya.

Doppelganger

Melihat wujudnya saja, kita sudah tahu bahwa dia bukan “friendly neighborhood Spider-Man” yang kita kenal selama ini. Dopplegangger adalah makhluk brutal yang diciptakan oleh supervillain bernama Magus, untuk tujuan mengejek karakter Spider-Man. Sejak saat itu, Doppelganger tetap hidup dan pernah menjadi sekutu bagi penjahat lain, seperti symbiote Carnage dan Shriek. Walaupun Doppelganger mampu memahami ucapan orang lain, tetapi dia sering terlihat tidak mampu berbicara dengan benar. Dia mempunyai enam lengan, yang membuatnya tampak seperti manusia laba-laba sungguhan.

The Spider

The Spider adalah versi alternatif Spider-Man di Earth-15. Melakukan debutnya di komik Exiles #12 karya penulis Judd Winick dan ilustrator Mike McKone pada tahun 2002, Awalnya The Spider adalah seorang pembunuh berantai bernama Peter Benjamin Parker yang sering menyakiti orang-orang, dia kemudian diceritakan bergabung dengan symbiote Carnage yang membuatnya lebih buruk lagi. The Spider menjadi sosok yang sangat jahat dan ditakuti, dia juga memiliki selera humor yang mirip dengan Deadpool. Karena perjalanan kriminalnya yang ekstrem dia bahkan dijatuhi hukuman mati di Earth-15.

Spider-Zombie

Di antara semua versi Spider-Man yang jahat, mungkin Spider-Zombie dari Earth-2149 adalah yang paling jahat. Hal itu karena hanya Spider-Zombie yang sanggup membunuh Mary Jane dan Bibi May. Kisah tragis ini diceritakan di komik Marvel Zombies: Dead Days #1 karya penulis Robert Kirkman dan ilustrator Sean Phillips pada tahun 2007. Saat wabah zombie menyerang Bumi, diceritakan bahwa Spider-Man yang berhasil kabur dari serbuan zombie, memutuskan untuk mengecek keselamatan istri dan bibinya di rumah. Namun tampaknya itu adalah keputusan yang salah, karena ternyata setelah sampai di rumahnya, Spider-Man justru berubah menjadi zombie dan memakan Mary Jane dan bibi May.

The Other

The Other alias Great Weaver adalah Spider-Man jahat yang mempunya wujud paling menjijikan. Pertama kali diceritakan di komik Amazing Spider-ManĀ #527 karya J. Michael Straczynski dan Mike Wieringo pada tahun 2005, The Other adalah entitas supernatural multiverse yang terhubung dengan kekuatan mistis “Web of Life and Destiny”, sebuah energi jahat yang digunakan untuk memburu manusia laba-laba di multverse. Sebagai makhluk kuat dan agresif, The Other tidak mempunyai tujuan yang jelas. Dia adalah manifestasi kekuatan laba-laba Peter Parker, yang sering muncul dalam mimpinya.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.