The Matrix 4 adalah film sci-fi aksi mendatang yang akan melanjutkan kisah petualangan Neo di dunia virtual Matrix. Pertama kali diperkenalkan melalui film The Matrix (1999), Neo hadir sebagai salah satu korban Mesin yang menjadikannya sebagai baterai hidup, sampai akhirnya Morpheus dan kru Nebuchadnezzar menyelamatkannya dari dunia Matrix. Neo kemudian terlahir kembali sebagai sosok sakti The One dan menjadi ancaman bagi Mesin di The Matrix Reloaded (2003), sampai akhirnya berhasil mengalahkan mereka di The Matrix Revolutions (2003).

Film yang mempunyai judul resmi The Matrix Resurrections ini telah memulai syutingnya sejak awal tahun 2020 di Amerika Serikat dan Jerman. Setelah sempat tertunda karena pandemi COVID-19, akhirnya syuting bisa kembali dilanjut dan selesai pada bulan November 2020 lalu. Menjelang perilisan filmnya, masih belum terungkap plot seperti apa yang akan dibawa oleh sutradara Lana Wachowski. Namun, sepertinya The Matrix Resurrections akan menceritakan kisah Neo yang kembali terjebak di dunia Matrix, sementara seharusnya dia sudah mati karena melakukan pengorbanan heroik.

Baru-baru ini, Motion Picture Association secara resmi mengumumkan bahwa The Matrix Resurrections mendapatkan rating R (dewasa), yang berarti filmnya mengandung banyak kekerasan dan bahasa kasar. Rating R ini sebenarnya tidak terlalu mengejutkan, mengingat ketiga film sebelumnya juga mempunyai rating yang sama. Dengan rating ini diharapkan film The Matrix Resurrections dapat menampilkan adegan secara maksimal, termasuk adegan kekerasan dalam gerakan lambat, serta peluru dan darah yang beterbangan. 

Film keempat The Matrix ini dibintangi oleh pemeran lama seperti Keanu Reeves sebagai Thomas A. Anderson alias Neo, Carrie-Anne Moss sebagai Trinity, Jada Pinkett Smith sebagai Niobe, Lambert Wilson sebagai The Merovingian, dan Daniel Bernhardt sebagai Agent Johnson, bersama para pemeran baru seperti Yahya Abdul-Mateen II sebagai Morpheus muda, dan Jessica Henwick sebagai Bugs.

Sebenarnya rating dewasa cukup beresiko untuk film-film di era pandemi, karena dengan begitu pasar penonton akan menjadi lebih kecil, tidak seperti rating PG-13 yang merangkul lebih banyak penonton. Namun, mengingat The Matrix Resurrections adalah film keempat dari waralaba yang telah berdiri selama lebih dari dua puluh tahun, sepertinya penonton muda memang bukan target pasar mereka. Kita nantikan saja aksi Neo dan Trinity di film The Matrix Resurrections yang dijadwalkan rilis pada 22 Desember 2021.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.