Dire Wraiths

Dire Wraiths adalah cabang evolusi dari alien Skrull yang berubah setelah mencoba mendalami ilmu sihir hitam. Sama seperti Skrull, mereka mampu berubah bentuk menjadi makhluk lain, begitu juga dengan kemampuannya. Di komik Rom #1 karya Bill Mantlo dan Sal Buscema pada tahun 1979, diceritakan bahwa awalnya Dire Wraiths tinggal di Planet Skrullos bersama ras alien Skrull yang lain, tetapi pembantaian Dire Wraiths di Skrullos memaksa mereka untuk mengungsi ke planet baru yang disebut Wraithworld. Sejak saat itu, Skrull tidak berani memburu Wraiths karena sihir mereka yang makin sakti.

Phalanx

Sebagai ras alien sibernetik, Phalanx membentuk “sarang pikiran” yang menghubungkan pikiran setiap anggotanya. Sama seperti ras alien Chitauri, Phalanx berkeliling alam semesta untuk menaklukan alam semesta. Melakukan debutnya di komik Uncanny X-Men #305 karya Scott Lobdell dan Jan Duursema pada tahun 1993, konon mereka telah melalui 100.000 siklus kehidupan, di mana mereka menguasai pengetahuan dari generasi sebelumya.

Phalanx telah menguasai teknologi dari 100.000 planet dan membantai 200.000 ras. Cara yang dipakai oleh Phalanx untuk menguasai suatu planet, mereka menginfeksi populasi dan memberi menyerap semua sumber nutrisi sampai kekuatan planet tersebut hilang.

Skrull

Skrull adalah ras alien yang sudah diperkenalkan di MCU, tepatnya di film Captain Marvel (2019), Spider-Man: Far From Home (2019), dan serial WandaVision (2021). Di komik, Skrull mempunyai sejarah yang lebih beragam lagi. Mereka melakukan debutnya di komik Fantastic Four #2 karya Stan Lee dan Jack Kirby pada tahun 1961. Sama seperti pada manusia, Celestials juga melakukan rekayasa genetik pada ras alien Skrull, menghasilkan ras Eternal Skrull, Prime Skrull, dan Deviant Skrull. Deviant Skrull adalah ras paling maju sekaligus licik di Planet Skrullos.

Sama seperti Skrull lain, Deviant Skrull berkulit hijau dan mampu berubah bentuk. Sepanjang sejarah Marvel Universe, Deviant Skrull terkenal sebagai petarung tangguh yang telah berhasil mendirikan kerajaan galaksi tertua. Karena sifatnya yang selalu ingin menguasai planet lain, dalam waktu 100 tahun terakhir Skrull telah mengobarkan perang galaksi melawan Kree, Badoon, Dire Wraiths, Brood, dan masih banyak lagi. Kisah Skrull versi MCU akan lebih diekplorasi di serial mendatang yang berjudul Secret Invansion, di mana diceritakan bahwa Skrull mencoba menguasai Bumi dan semua pemerintahannya.

Symbiote

Mempunyai nama ras asli sebagai Klyntar, symbiote pertama kali diperkenalkan melalui karakter Venom di komik Amazing Spider-Man #299 karya David Michelinie dan Todd McFarlane pada tahun 1988. Symbiote adalah ras alien aneh anorganik yang mempunyai bentuk seperti lendir. Mereka selalu mencari inang yang kuat untuk menjadi sosok yang jauh lebih kuat lagi. Diciptakan oleh Knull dari “Living Abyss”, symbiote dimaksudkan sebagai sebuah pedang All-Black yang awalnya digunakan untuk membunuh Celestials dan para Dewa.

Selain Venom, symbiote terkenal lainnya adalah Carnage, mania, dan Riot. Venom, Riot, dan Carnage telah melakukan debut live action-nya di waralaba Venom yang diproduksi oleh Sony Pictures sebagai bagian dari Sony’s Spider-Man Universe. Kemungkinan besar karakter Venom (Tom Hardy), akan segera melakukan debut MCU-nya dengan bertemu Spider-Man (Tom Holland) pada masa yang akan datang.

Watcher

Watcher adalah ras alien yang juga tidak kalah misteriusnya dari Celestials. Ras Watcher ini mempunyai satu tujuan yang aneh, yaitu “mengawasi” alam semesta tanpa diperbolehkan untuk ikut campur. Alien Watcher pertama kali diceritakan di komik Fantastic Four #13 karya Stan Lee dan Jack Kirby pada tahun 1963. Mereka adalah salah satu ras alien tertua di Marvel Universe. Penampilannya sangat khas, yaitu kepala besar dan gundul, mereka juga sering terlihat mengenakan jubah berwarna putih dan biru.

Ada beberapa alien Watcher yang sudah terkenal di kalangan penggemar, seperti Uatu, Aron, dan Fulcrum. Penggemar juga bisa melihat aksi terbaru ras alien Watcher di serial animasi What If…? yang telah menyelesaikan season 1-nya belum lama ini. Di serial tersebut, setelah Uatu the Watcher melanggar sumpahnya untuk tidak ikut campur, dia unjuk kekuatan dengan melawan Infinity Ultron.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.