Dengan pihak Pemerintah Dunia yang saat ini sepertinya tidak peduli dengan keseimbangan kekuatan dunia, mereka sepertinya akan mengerahkan seluruh kemampuan dan kekuatan mereka untuk berusaha mengambil alih wilayah Wano yang selama ratusan tahun berada di luar kendali mereka. Namun, untuk saat ini, mereka baru mengirimkan sedikit armada kapal perang mereka menuju Wano.

Dari apa yang dihadirkan dalam cerita One Piece sejauh ini, Wano memang menjadi sebuah wilayah yang penting bagi perkembangan sejarah dunia. Wano seolah menjadi “saksi bisu” dari apa yang terjadi pada masa lalu. Ada banyak hal yang masih menjadi misteri terkait dengan Wano, contohnya adalah mengapa kemudian posisi Wano berada di atas gunung yang tinggi.

Kemudian mengapa Wano menutup diri dari dunia luar, dan tetap bertahan sampai saat ini. Mengingat pentingnya wilayah Wano, rasanya memang wajar jika kemudian Pemerintah Dunia berusaha untuk bisa membuat wilayah ini berada di bawah kendalinya. Beberapa poin yang membuat Wano menjadi sebuah tempat yang penting, pertama Wano menjadi salah satu tempat yang menyimpan Poneglyph.

One Piece: Angkatan Laut Sedang Menuju Wano? | Greenscene

Diketahui bahwa Wano memiliki atau menyimpan tiga buah Poneglyph, dan salah satu diantaranya diyakini adalah Road Poneglyph. Kedua, teknologi batu laut (kairoseki) sebenarnya berasal dari wilayah Wano. Teknologi batu laut ini digunakan untuk berbagai hal, contohnya untuk melapisi kapal perang angkatan laut sehingga mereka bisa aman melintasi Calm Belt.

Kemudian yang paling umum adalah penggunaan batu laut untuk menetralisir kekuatan buah iblis, di mana targetnya akan diborgol oleh borgol yang dilapisi batu laut. Ketiga, Wano merupakan benteng alami yang mungkin memiliki banyak rahasia. Yang kemudian menjadi pertanyaan adalah bagaimana Luffy dan aliansinya kemudian harus menghadapi pasukan Pemerintah Dunia yang sedang menuju Onigashima?

Perlu dicatat bahwa diperlukan sebuah pergerakan kekuatan yang sangat besar oleh Luffy untuk bisa membangun kembali Wano sebagai sebuah negara yang terbuka pada masa yang akan datang, dan rasanya tidak ada cara lain untuk mempersiapkan itu semua sambil melibatkan Straw Hat Grand Fleet atau armada besar Topi Jerami sambil juga menahan serangan pasukan Pemerintah Dunia.

Seperti yang disebutkan oleh Yamato bahwa dalam catatan Kozuki Oden tertulis dalam 20 tahun kedepan atau pada masa yang akan datang, akan muncul sebuah kekuatan besar yang akan mampu menghadapi Kaido dan membebaskan Wano dari penderitaan. Sejauh ini Luffy diyakini adalah salah satu kekuatan besar tersebut, selain juga para Worst Generation lain yang ada di sana.

Spoiler - One Piece Chapter 982 Spoilers Discussion | Page 68 | Worstgen

Mungkin skalanya akan lebih masif lagi dari yang kita duga. Dan kemunculan Straw Hat Grand Fleet merupakan salah satu hal yang juga menjadi bagian dari ramalan tersebut. Lagipula, meskipun Luffy saat ini sudah berkembang dengan pesat dari segi kekuatan, dia sudah kelelahan dari pertarungan sebelumnya. Artinya bukan tidak mungkin jika dia kalah dalam menghadapi pasukan dari Pemerintah Dunia.

Karena itulah, kemunculan dari Straw Hat Grand Fleet akan menjadi sebuah tambahan kekuatan baru bagi mereka dan memastikan kemenangan Wano serta memastikan agar Pemerintah Dunia tidak bisa mengambil alih wilayah tersebut. Di sisi lain, ini bisa menjadi momen yang banyak disorot oleh orang-orang untuk mulai “memperkenalkan” armada besar Topi Jerami, membuktikan seberapa mengerikan dan dahsyatnya mereka.

Hal ini juga bisa menjadi bukti bahwa Luffy kini sudah “sesuai” dengan apa yang diberitakan sebelumnya, yaitu dia menjadi Yonko kelima. Seorang Yonko tentunya memiliki armada yang besar, dan armada Topi Jerami menjadi bukti dari hal tersebut. Bagaimana menurut kalian Geeks?

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.