Monkey D. Garp adalah pria yang memiliki julukan pahlawan angkatan laut dan juga merupakan ayah dan kakek dari Monkey D. Dragon dan Monkey D. Luffy. Garp merupakan salah satu karakter legendaris dalam cerita One Piece, selain Roger, Shiki, dan juga beberapa karakter lainnya. Meskipun tidak terlalu banyak informasi tentang masa lalu Garp yang terungkap, namun dia tetap menjadi salah satu karakter favorit para fans.

Sosok Garp sendiri jarang muncul dalam cerita, dan hanya muncul sesekali saja. Misalnya ketika dia mengetahui kabar mengenai rencana aliansi Big Mom dan Kaido. Garp terlihat khawatir dengan kabar tersebut, karena dia tahu bahwa hal itu akan sangat buruk. Garp dulu pernah menghadapi kelompok bajak laut Rocks, yang mana beberapa krunya adalah Kaido dan Big Mom.

Pertarungannya melawan kelompok Rocks membuatnya mendapatkan julukan sebagai pahlawan angkatan laut. Dia pun sempat dipromosikan sebagai admiral, namun Garp menolak dengan alasan dia tidak mau dikendalikan oleh kaum naga langit dan Pemerintah Dunia. Ini juga sebenarnya yang menjadi alasan mengapa Garp memutuskan untuk pensiun – meskipun Kong berhasil meyakinkan Garp untuk tetap berhubungan dengan angkatan laut sebagai instruktur.

Pasca apa yang terjadi dalam perang Marineford, di mana Ace harus dieksekusi, Garp selalu berkonflik dengan dirinya sendiri. Di sisi lain, dia begitu menyayangi cucunya Luffy dan Ace. Namun, di sisi lain, Garp tetap adalah seorang angkatan laut yang harus menjalankan tugasnya. Sebenarnya, Garp tidak senang jika harus bekerja di bawah kendali para kaum naga lngit.

Garp memutuskan untuk menjadi angkatan laut karena dia ingin menolong mereka yang tidak bersalah. Garp sebenarnya bisa saja mengambil jalan yang sama dengan sang anak, Dragon, dan kemudian bekerja sama menggulingkan Pemerintah Dunia. Namun, bisa dipahami mengapa Garp memutuskan untuk melakukannya dengan cara yang lain. Bisa dibilang, Garp adalah sosok yang berjasa selama ini bagi angkatan laut.

Garp selalu meyakini bahwa angkatan laut seharusnya bersikap independen, tidak boleh dikendalikan oleh pihak Pemerintah Dunia dan kaum naga langit. Hal ini juga yang coba ditanamkan kepada Koby dan Helmeppo saat dia merekrut dan melatih mereka. Garp adalah salah satu dari sedikit angkatan laut yang memiliki pemikiran berbeda dengan mayoritas di institusinya.

Banyak orang-orang yang menyalahkan Garp atas peristiwa yang terjadi di Marineford yang menyebabkan Ace tewas. Mereka menyalahkan Garp karena lebih memilih untuk tetap menjadi seorang angkatan laut. Tetapi, jika dilihat dari sudut pandang Garp, mengingat posisi dan reputasi yang dia miliki, Garp tidak memiliki pilihan lainnya.

Read Manga One Piece - Chapter 956 - Big News

Garp juga mungkin bisa dianggap sebagai salah satu karakter yang tidak pernah egois di universe One Piece. Sengoku sendiri mengatakan ada dua alasan mengapa Garp tidak pernah membicarakan kejadian yang terjadi di God Valley. Pertama, Garp memang ingin merahasiakan pertarungan dan peristiwa yang tidak pernah diketahui oleh publik. Dalam peristiwa itu, Garp bertarung bersama seorang bajak laut; Gol D. Roger.

Alasan lainnya adalah karena Garp melindungi kaum naga langit. Tetapi, banyak yang meyakini bahwa sebenarnya, alasan yang membuat Garp tidak pernah mau membicarakan hal tersebut dan mengapa dia tidak mau menerima jabatan admiral adalah karena dia marah dan kecewa karena harus melindungi kaum naga langit. Hal ini tentunya bertentangan dengan apa yang dia “perjuangkan” selama ini. Moral dalam dirinya menolak untuk melindungi kaum naga langit.

Garp mungkin menjadi “sumber” dari salah satu sifat Luffy yaitu senang akan kebebasan. Tetapi, Garp selama ini menahan diri karena dia harus bertindak sesuai dengan arahan dari Pemerintah Dunia. Garp sengaja menahan diri demi perdamaian dunia. Bagaimana Garp meminta kepada King Neptune untuk tetap percaya kepada manusia atas apa yang terjadi pasca Reverie, menjadi bukti bahwa Garp memang peduli terhadap perdamaian setiap ras.

What is your favorite moment from One Piece (anime)? - Quora

Ada kemungkinan Garp – dan Sengoku beserta beberapa angkatan laut lainnya – sebenarnya sedang menunggu sesuatu untuk bisa mengubah semuanya dari dalam. Pemerintah Dunia memiliki banyak sekali hal yang mengerikan yang selama ini disembunyikan. Jika Roger mengetahui hal tersebut, artinya Garp dan Sengoku pun tahu tentang hal itu. Hanya tinggal menunggu waktu yang tepat untuk bergerak.

Inilah alasan mengapa keduanya berada di posisi tinggi, namun tetap menjadi sosok yang pasif dan tidak terlalu banyak aksi. Ini juga alasan mengapa mereka memutuskan untuk setuju masih berhubungan dengan angkatan laut setelah memutuskan untuk pensiun. Ini juga alasan mengapa saat peran di Marineford, Sengoku memutuskan untuk menahan Garp yang marah karena menyerang Ace. Sengoku tidak ingin rencana yang sudah dibangun menjadi sia-sia.

Koby dan Helmeppo mungkin menjadi harapan yang dibangun oleh Garp dan Sengoku untuk bisa memberikan contoh dan memberikan pengaruh besar terhadap angkatan laut. Mungkin ini juga yang menjadi rencana awal dari Garp dengan menginginkan Luffy, Ace, dan Sabo menjadi angkatan laut. Ini juga alasan mengapa Rosinante berada di bawah pengawasan Sengoku. Kita nantikan saja ya Geeks apakah pengorbanan yang dilakukan oleh Garp akan terbayarkan.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.